Tak heran bila Melbourne dapat memperoleh gelar sebagai the most liveable city di dunia selama lima tahun terakhir. Berdasarkan The Economist Intelligence Unit, Melbourne mendapatkan nilai hampir sempurna di kategori-kategori yang diperhitungkan seperti stabilitas ekonomi, jaminan kesehatan, budaya dan lingkungan serta infrastruktur. Namun demikian, dengan kualitas bintang lima seperti ini, biaya hidup di Melbourne tidak kalah juga tingginya.

Dikutip dari Domain News, liveability ini telah melihat pertumbuhan demografik yang cukup kuat di beberapa tahun terakhir. Senior Ekonomis Domain, Andrew Wilson, mengatakan bahwa saat ini semakin banyak orang yang membeli apartemen dan unit dikarenakan harganya yang relatif lebih murah daripada harga rumah. Bahkan beberapa sumber juga telah menunjukkan kekhawatiran akan kemampuan para pemuda Melbourne dan kota-kota besar Australia lainnya untuk dapat membeli tempat tinggal mereka sendiri.

Lebih dari 600 suburbs di Australia memiliki nilai median $1juta, dimana hal ini merupakan peningkatan sebesar 29% dalam satu tahun terakhir. Di Victoria, proporsi million dollar suburbs naik dari 13.6% di 2008 ke 16.6% di 2016. Analis RPData Cameron Kusher, mengatakan bahwa kemampuan membeli rumah semakin menurun di Victoria dan juga New South Wales.

Toorak ada di peringkat ke-sembilan daftar 25 suburbs Australia yang memiliki nilai median tertinggi. Selain dari daerah lokasi sebuah properti, luas kediaman itu sendiri yang juga menjadi salah satu faktor penentu harga yang terpenting. Akan tetapi, di beberapa kurun waktu terakhir ini tipe terrace homes justru memiliki daya tarik dan harga pasar yang lebih kuat daripada tipe “istana” atau mansion.

PROPERTI BUSET - MELBOURNESebagai contoh, para pembeli membayar harga yang lebih tinggi untuk real estate di Albert Park dibandingkan suburb-suburb Melbourne lainnya termasuk daerah dengan kode pos biru seperti Toorak, Canterbury dan Brighton. Informasi dari RPData menunjukkan bahwa ukuran luas tanah menengah di Albert Park hanya sebesar 188 meter persegi dengan harga rata-rata properti sebesar $1.715juta. Sedangkan ukuran rumah rata-rata di Melbourne adalah 665 meter persegi dengan nilai median sebesar $605,000. Di pasar apartemen, riset dari realestate.com.au menunjukkan bahwa Armadale memiliki nilai tertinggi sebanyak $8,995 per meter persegi.

Figur-figur ini cukup mengintimidasi bagi para pendatang baru di pasar properti Melbourne. Kemampuan penduduk untuk membeli rumah di Australia semakin menurun, serta didukung oleh data dari Australian Population Research Institute, Melbourne termasuk di dalam daftar tempat yang paling tidak terjangkau di dunia. Fakta tentang “generasi penyewa” adalah kenyataan di Sydney dan perlahan beranjak ke Melbourne. Pada tahun 2011, 42% dari pasangan berumur 30-34 tahun dan 31% dari mereka yang berusia 35-39 tahun masih menyewa.

Akan tetapi, Anda tidak perlulah khawatir. Suburb-suburb di atas sudah mencapai nilai pasar optimum dari waktu yang lama. Dan Melbourne masih memiliki suburb-suburb lainnya yang terus berkembang. Dengan meningkatnya jumlah populasi di Melbourne dan padatnya daerah Inner Melbourne, suburb-suburb yang berjarak sedikit lebih jauh dari pusat kota kian diminati.

City centre hub, akses transportasi dan sarana publik lainnya terus dibangun oleh pemerintah lokal. Ditambah dengan rendahnya nilai suku bunga dasar saat ini (1.5%) terendah sepanjang sejarah, masyarakat semakin terekspos dengan kesempatan emas untuk membeli rumah kediaman.

Hasil kwartal Juni dari Real Estate Institute of Victoria (REIV) Melbourne masih memiliki banyak suburb dimana harga rata-rata properti pada kisaran $725,000. Saat ini Melton West adalah suburb paling terjangkau dengan harga rata-rata sebesar $331,000.

Bagi Anda yang memiliki budget yang lebih besar, kediaman di Cragieburn dapat ditemui dengan harga median sebesar $426,000 atau Frankston sebesar $437,500. Sementara itu, daerah-daerah yang memiliki tingkat keterjangkauan yang dapat dipertimbangkan adalah seperti pada tabel di bawah ini. 

Kawasan Epping tidak lama ini telah menjadi satu dari 10 Australia’s Best Buys 2016. Wilayah ini diidolakan terutama karena memiliki prediksi capital growth yang sangat kuat. Prediksi ini dibuat berdasarkan rencana-rencana pembangunan termasuk penataran M80 Ring Road, wilayah perbelanjaan dan akses kereta Metro ke South Morang dan Mernda. Tidak hanya itu Epping adalah rumah dari Northern Melbourne Institute Technology (NMIT) dan juga Northern Hospital serta Pacific Epping Shopping Centre. Laporan terbaru menyatakan bahwa seorang investor dari Sydney berhasil membeli sebuah rumah 3 kamar sebesar $442,500.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, meskipun banyak harga median suburb-suburb di Melbourne nampak berada di luar jangkauan, mencari properti yang tepat bagi keluarga Anda adalah yang terutama. Tidak hanya properti yang bisa mengembalikan nilai investasi Anda, tetapi juga mencari properti atau kediaman yang bisa Anda panggil rumah.

***

Perubahan kondisi variabel ekonomi seperti terpapar di atas tidak memiliki dampak yang sama terhadap setiap individu. Bila Anda hendak atau tengah memikirkan langkah selanjutnya dalam perencanaan investasi atau penanganan aset properti Anda, ada baiknya bila Anda menghubungi kami atau pakar properti terpercaya Anda.

Tim kami dapat memastikan bahwa Anda akan mendapat informasi dan saran yang paling sesuai dengan perencanaan yang Anda inginkan. Bila Anda mempunyai pertanyaan seputar dunia real estate Australia, silahkan menghubungi kami di 1300 884 168 atau kunjungi kantor terdekat kami.

 

Alain Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B. Ec (Fin)
Property Writer / Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker) / Licensed Estate Agent
Finance and Business Lecturer
(e.) [email protected] 

Tanya Tjahjosarwono, B.Bus (MKT), M. ADV MKT.
Co-property Writer
Marketing Communications Officer
(e.) [email protected] 

Sumber: Domain News, Broker News, Herald Sun, Your Investment Property Magazine