Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengapa penting bagi pemilik bisnis untuk tidak menghiraukan pembayaran gaji pribadi. Karena sering kali hal yang ditinggalkan oleh anggaran perusahaan kecil adalah gaji si pemilik bisnis.

Hadapi saja: Anda selalu dapat mengeluarkan uang untuk bisnis Anda. Dari pengeluaran kantor hingga gaji karyawan hingga sewa, setiap bulan sebagian dari pendapatan Anda diperhitungkan.

Tetapi menggaji diri Anda terlebih dahulu adalah suatu keharusan. Anda perlu mencari nafkah – dan menggaji diri sendiri dapat membantu bisnis Anda berhasil.

Inilah mengapa Anda harus menjadikan gaji Anda sebagai prioritas utama, mulai sekarang. 

Ini adalah aturan pertama membangun kekayaan.

Bisnis ada untuk menghasilkan uang, Tetapi pemilik bisnis berkembang ketika mereka terus menabung dan menginvestasikan keuntungan. Jika Anda tidak menggaji diri sendiri dan mengutamakan vendor, pemasok, dan karyawan Anda, Anda mungkin tidak menyisihkan dana untuk berinvestasi kembali dalam bisnis  Anda untuk membantu menumbuhkan lebih banyak keuntungan – atau berinvestasi dalam portofolio.

Bayar diri Anda dengan apa yang Anda mampu setiap bulan atau dua minggu, dan pergunakan sebagian untuk berinvestasi dalam tabungan. Memberikan kontribusi keuangan yang konsisten sepanjang tahun akan membantu Anda membangun bisnis yang sehat – dan semakin cepat Anda memulai semakin banyak pula Anda akan mendapat manfaat dari bunga majemuk.

Menyiapkan transfer dana otomatis dari bisnis Anda ke rekening tabungan investasi akan membuat pembayaran Anda lebih mudah. Setelah satu atau dua bulan, Anda bahkan tidak akan melihat perbedaan dalam arus kas Anda – tetapi kemungkinan besar Anda akan termotivasi oleh pertumbuhan saldo Anda.      

Hindari Krisis Arus Kas

Ada saatnya Anda membutuhkan dana tambahan untuk bisnis Anda – dan meminjam dari pemberi pinjaman mungkin bukan opsi yang tepat. Sayangnya, jika Anda hanya berada di bisnis untuk waktu yang singkat, mungkin sulit untuk memenuhi syarat untuk pinjaman bisnis atau jalur kredit.

Ketika Anda terbiasa membayar sendiri terlebih dahulu, Anda akan dapat mengumpulkan dana. Ketika Anda perlu melakukan pembelian besar-besaran, biaya tak terduga muncul, atau Anda siap berinvestasi dalam strategi pertumbuhan yang menghasilkan laba, Anda akan siap – dan dapat menghindari risiko utang.

Bayar Diri Anda Sendiri – Bahkan Ketika Anda Berpikir Tidak Seharusnya

Terkadang mungkin Anda merasa perlu kompromi antara dua prioritas: menggaji diri sendiri dan membayar semua tagihan Anda secara penuh.

Teruslah membayar gaji minimum untuk diri sendiri setiap bulan, bahkan ketika uangnya terbatas. Kemudian bayar sisa tagihan Anda, tuliskan sebanyak yang Anda bisa di atas pembayaran minimum yang dipersyaratkan. Strategi ini akan membantu Anda membangun peringkat kredit yang solid – jadi ketika Anda mengajukan pinjaman bisnis, pemberi pinjaman akan menganggap Anda lebih layak mendapatkan pinjaman.

Penting untuk dicatat bahwa bank, perusahaan pembiayaan, dan investor menganggap pemilik bisnis yang menggaji sendiri dengan cara yang layak – akan mempunyai peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pinjaman.

Imbalan Finansial Bisa Menjadi Insentif yang Kuat

Banyak bisnis menghasilkan penghasilan, tetapi biasanya butuh waktu untuk melihat keuntungan yang sehat – alasan lain yang mungkin sulit untuk menggaji diri sendiri terlebih dahulu. Meskipun demikian, menghadiahi diri sendiri untuk kerja keras Anda akan memotivasi Anda untuk terus bekerja, bahkan jika Anda tidak dapat membayar gaji Anda dengan layak.

Bicaralah dengan akuntan Anda untuk mendapatkan panduan tentang berapa banyak yang harus Anda bayar untuk diri sendiri – dan selalu perlakukan diri Anda dengan murah hati seperti halnya dengan karyawan Anda.

Jika Anda telah mencapai target keuangan maka bonus akan datang dengan sendirinya. Naikkan gaji Anda saat laba Anda menunjukkan pertumbuhan yang berkelanjutan. Jika Anda merasa memberi kenaikan pada gaji Anda bukanlah hal yang tepat, maka lakukan dengan keyakinan bahwa Anda selalu dapat melakukan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan.

Virda Ersan
SEA Accountants
m: 0434 378 718

The materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.