Untuk memulai suatu bisnis, kita harus mempertimbangkan banyak hal, salah satu hal yang paling penting adalah memilih dan menentukan struktur bisnis yang paling cocok sesuai dengan situasi dan kondisi Anda guna menghindari pembayaran pajak yang berlebihan.

Berikut ini merupakan beberapa struktur bisnis yang dapat Anda pilih:

1.        Sole Trader

Merupakan struktur bisnis yang paling sederhana. Apabila Anda memilih untuk menjalankan bisnis sebagai sole trader, maka Anda sendiri yang mengatur bisnis dan memiliki kontrol atas segalanya.

Penghasilan dari bisnis ini akan diperlakukan sebagai penghasilan pribadi. Dan Anda sendiri yang bertanggungjawab atas semua pajak bisnis yang harus dibayarkan. Sebagai Sole Trader, Anda membayar pajak sama seperti pajak perorangan berdasarkan Tarif Pajak Perorangan (Personal Income Tax Rate).

2.        Company

Merupakan struktur bisnis yang banyak diminati pemilik bisnis, dimana membutuhkan lebih banyak biaya pendirian dan administratif dibandingkan dengan struktur bisnis lainnya. Dan juga merupakan badan yang terpisah secara hukum dari pemegang sahamnya, dimana company membayar pajak sendiri terpisah dari pajak perorangan.

3.        Partnership

Partnership merupakan asosiasi dari beberapa individu yang ingin menjalankan bisnis dengan rekan kerja atau menerima penghasilan bersama. Partnership bukanlah badan yang terpisah secara hukum dan tidak membayar pajak atas penghasilan yang dihasilkannya, akan tetapi pajak dibayarkan oleh Anda dan partner Anda (berdasarkan saham kepemilikan masing-masing) atas penghasilan dari partnership tersebut.

4.        Trust

Merupakan struktur bisnis dimana Trustee (Company atau Individual) berkewajiban mengatur segala sesuatunya untuk kepentingan Beneficiaries. Sebagai contoh dalam Family Trust, beneficiaries adalah anggota keluarga. Penghasilan yang didapatkan dari Family Trust akan didistribusikan ke Beneficiaries, dan akan dikenakan pajak berdasarkan Tarif Pajak Perorangan (marginal tax rate).

 

Namun terdapat saatnya dimana kondisi Anda maupun bisnis Anda berubah, misalnya bisnis tersebut berkembang dengan pesat, maka struktur bisnis Anda yang sekarang mungkin sudah tidak sesuai lagi, sehingga Anda mungkin harus mengganti dengan struktur yang baru. Sebagai contohnya untuk bisnis dengan struktur Sole Trader yang awalnya hanya menghasilkan pendapatan yang tidak terlalu besar, lalu mulai berkembang dan sekarang menghasilkan pendapatan bersih di atas $180,000. Struktur sole trader bisnis dalam kasus ini sudah tidak menguntungkan dari segi pajak, karena akan dikenakan tarif pajak (marginal tax rate) maksimum sampai dengan 47% (termasuk Medicare Levy).

Karena bisnis Anda sedang berkembang maka Anda juga mungkin akan menghadapi banyak resiko, sebagai contoh misalnya tuntutan hukum. Jika di kemudian hari karena suatu hal maka seseorang menuntut Anda untuk ganti rugi, maka dalam hal ini aset pribadi Anda seperti rumah, mobil dan lainnya tidak terlindungi dan dapat diklaim oleh si penuntut untuk menggantikan kerugian tersebut.

Dalam hal ini jika Anda memilih Company sebagai struktur bisnis memiliki keuntungan tersendiri, karena dengan tarif pajak (flat tax rate) 30% akan mengurangi jumlah pajak yang harus Anda bayarkan dan selain itu sebagai separate legal entity, kerugian yang disebabkan oleh company tidak berhubungan dengan aset pribadi Anda, dan jika company menghadapi tuntutan dikemudian hari, maka aset pribadi Anda akan aman terlindungi.

Virda Ersan
SEA Accountants
[alert color=”80AAC2″ icon=”9888″]The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.[/alert]
[alert color=”C2AD9B” icon=”59141″]Artikel ini semata-mata ditujukan hanya untuk memberikan gambaran kepada Anda bahwa struktur bisnis yang sesuai sangatlah penting dalam hal mengurangi pajak yang harus dibayarkan dan juga untuk perlindungan aset. Oleh karenanya ketika Anda merasa kondisi bisnis Anda akan berubah, maka sebelum terlambat disarankan untuk berkonsultasi dengan Tax Consultant, sehingga mereka dapat memberikan saran atas struktur bisnis yang paling cocok untuk Anda dan juga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.[/alert]