Ada pepatah mengatakan “jangan lewatkan kesempatan yang ada” atau “kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya”. Pepatah ini sangat bagus untuk mendorong motivasi setiap orang agar selalu mengambil kesempatan yang adadan agar tidak menyesal dikemudian hari. Terbuka pada kemungkinan-kemungkinan baru merupakan sifat positif yang dibagikan oleh sebagian besar pengusaha – tetapi berkata “ya” pada semua orang yang Anda temui dan peluang-peluang yang datang pada Anda juga dapat  memasukkan Anda ke dalam masalah.

Saat kita berkomitmen secara berlebih – terutama saat kita mengambil proyek yang sebenarnya tidak terlalu menguntungkan bisnis kita – stres kita bisa memuncak. Sangat sulit menjadi produktif saat kita merasa lelah dan marah.

Salah satu perubahan berdampak besar yang bisa Anda lakukan dalam bisnis Anda adalah untuk membentuk satu kebiasaan sederhana: berikan diri Anda waktu untuk menimbang biaya dan keuntungan sebelum melakukan keputusan apapun, dan dengan sopan menolak peluang apapun yang tidak sejalan dengan tujuan Anda.

Jika Anda merasa stres dan tidak se-produktif dari yang Anda inginkan, inilah saatnya belajar untuk berani berkata “tidak”. Berikut cara-cara yang bisa Anda coba:

Periksa rencana bisnis Anda 

Rencana bisnis Anda  lebih dari sebuah catatan tujuan dan proyeksi tahunan. Ini adalah sebuah dokumen nyata yang dirancang untuk membantu membimbing bisnis Anda ke arah yang Anda inginkan.

Sekarang ini ada begitu banyak distraksi yang mungkin menggangu dan mengaburkan fokus. Karena itulah  mengingat tujuan jangka pendek dan jangka panjang mutlak dibutuhkan. Tetaplah fokus pada keberhasilan bisnis Anda.

Jika Anda tidak memiliki rencana bisnis (atau sudah lama tidak menulisnya), mungkin kini saatnya untuk mulai merancangnya, karenahal ini dapat membantu Anda memperjelas kemana Anda ingin membawa bisnis Anda – dan bagaimana caranya.

Buat keputusan yang bijaksana

Dalam perjalanan bisnis atau karier, seseorang pasti akan dihadapkan pada proses membuat keputusan dan seringkali “memutuskan” jadi perkara yang sulit. Kesempatan yang datang tidak selalu jadi peluang menguntungkan, bisa jadi itu adalah ujian untuk mengasah fokus bisnis atau karier yang ingin Anda tuju. Maka sebelum Anda berkata “ya”,  tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Bagaimana menyetujui hal ini akan menguntungkan bisnis saya? Seberapa penting keuntungannya pada saat ini atau di masa yang akan datang?
  • Apakah saya memiliki kapasitas untuk menjalankan permintaan ini sekarang? Bagaimana dengan aspek bisnis saya yang lain jika saya memprioritaskan permintaan ini?
  • Apa kata hati saya? Akankah saya merasa terbebani, berhutang, atau untuk alasan lain merasa marah berkata ya pada permintaan ini?
Bagaimana Cara Berkata “Tidak

Jika Anda telah menimbang keputusan dan harus menolak seseorangbergabung dalam bisnis Anda atau menolak kesempatan mengerjakan suatu proyek, kata-kata sederhana ini bisa membantu Anda untuk berkata “tidak”dengan sopan.

  • Terima kasih telah memikirkan saya tetapi saya tidak bisa mengambil proyek lain saat ini.
  • Saya ingin membantu Anda tetapi saya sudah memiliki komitmen lainnya.
  • Keseimbangan yang sehat pada pekerjaan dan pada rumah adalah prioritas saya saat ini. Saya tahu ini adalah permintaan yang kecil tetapi saya tidak bisa melakukannya saat ini.
  • Saya meminta maaf saya tidak bisa melakukan apa yang Anda minta, tetapi saya bisa melakukan ini (hal yang lain di luar permintaan) untuk Anda jika hal tersebut membantu.
  • Saya tidak bisa membantu Anda sekarang, tetapi mungkin lain kali.

Perhatikan bahwa alasan-alasan spesifik tidak diberikan untuk menolak permintaan. Anda tidak perlu memberikan daftar alasan dalam berkata tidak, yang malah bisa terdengar tidak meyakinkan. Sayangnya saat ditawarkan alasan untuk menolak permintaan, sebagian orang akan menambahkan tekanan dengan melakukan hal tersebut.

Saat Anda beraniberkata “tidak”, Anda tidak hanya akan menghindari stres berlebih, Anda juga akan memiliki lebih banyak waktu melakukan pekerjaan berarti yang Anda nikmatidanmembangun bisnis yang Anda cintai.

Satu pemikiran terakhir: jika Anda masih kesulitanberkata “tidak”danterbebani dengan kata tersebut, jangan memikirkannya sebagai kata “tidak”. Tapi dengan berkata “tidak” pada satu hal, berarti Anda sudah berkata “ya” untuk fokus pada keberhasilan bisnis dan karier Anda.

 

 

 

Virda Ersan
SEA Accountants
m: 0434 378 718

The materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.