Di jaman sekarang ini, siapa pun dapat memulai bisnis. Tergantung bisnis yang Anda mulai, secara umum, Anda bahkan tidak memerlukan modal besar untuk memulai. Saya telah melihat banyak pebisnis dengan modal besar akhirnya harus menutup pintu dikarenakan kurangnya strategi dan perencanaan.

Apalagi di Australia ini, pemerintah selalu menunjukkan dukungannya dalam berbagai macam bentuk. Pemerintah federal maupun negara bagian, melalui berbagai macam institusi menghabiskan jutaan dolar untuk membentuk suatu ekosistem untuk mempermudah semua kalangan menjadi entrepreneur.

Intinya, mempunyai modal yang cukup memang penting, namun uang bukanlah penentu sukses dan gagalnya bisnis Anda. Banyak orang hari hari ini mengabaikan pentingnya mengelola satu satunya asset yang setiap entrepreneur pasti punya, yaitu waktu.

Fondasi Bisnis Tetap Diperlukan

Jika saya memulai klien baru, saya selalu mulai dengan membentuk fondasi dasar dari bisnis mereka. Target market, produk, cara penyampaian value dan sebagainya. Namun saya melihat, walaupun memiliki dasar yang kuat sangatlah penting, namun hal tersebut tidaklah cukup untuk membangun bisnis yang sukses. Kuncinya terletak di cara kita pengaturan waktu kita secara jangka panjang.

Dari waktu ke waktu, saya melihat banyak orang yang mempunyai bisnis yang menurut saya dapat sukses namun gagal karena kurangnya kemampuan untuk mengatur waktu mereka.

Sebagai entrepreneur, kita selalu memiliki waktu yang kita bisa pakai untuk apa saja. Masalahnya, tidak seperti seorang pegawai, tidak akan ada orang yang akan memperhatikan kita dan memantau apakah kita melakukan pekerjaan kita dengan benar.

 

Strategi

Langkah pertama untuk mengatur waktu kita dengan baik adalah memiliki strategi yang benar bagaimana kita akan menggunakan waktu kita. Tidak ada gunanya memiliki sesuatu yang berharga namun tidak tahu bagaimana menggunakannya.

Seperti bisnis pada umumnya, setiap asset harus memiliki tujuan dan tentunya tujuan tersebut harus kerat kaitannya dengan membantu pertumbuhan bisnis dan mengembangkan keuntungan. Waktu yang diinvestasikan secara benar akan membawa keuntungan yang sama seperti ibaratnya investasi uang.

 

Managemen

Merencanakan strategi yang benar sangatlah penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Hal ini hanyalah langkah pertama dan mungkin yang paling mudah. Langkah berikutnya yang cenderung lebih rumit dan sulit dikuasai adalah memonitor penggunaan waktu secara terus menerus dan sebisa mungkin melekat dengan rencana yang sudah ada.

Kuncinya di sini adalah disiplin. Memang hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Ada 2 faktor yang Anda harus perhatikan untuk dapat mengatur waktu Anda secara efektif:

Musim

Apakah Anda sering merasa bahwa masa sibuk Anda tidak pernah datang seperti yang diharapkan? Selalu saja ada tugas yang berkelebihan di masa Anda sedang sangat sibuk. Namun sebaliknya, di masa santai, sama sekali tidak banyak yang bisa dikerjakan.

Sebagai pebisnis, kita perlu mengetahui bahwa ada semua hal ada masa masanya. Selalu perhatikanlah jadwal di kalendar Anda. Anda perlu untuk selalu beradaptasi dengan masa dan waktu yang tersedia.

Tingkat Energi

Beberapa aktifitas memerlukan energi yang lebih banyak dari yang lain. Contohnya saya dalam menulis sebuah artikel, selalu melakukan dimana tingkat energi saya paling tinggi. Misalnya di pagi hari dan tidak pernah sebelum meeting.

 

Akhir Kata

Uang memang penting dalam bisnis, namun di jaman sekarang ini, kita tidak memerlukan terlalu banyak dalam memulai bisnis (tergantung dengan tipe bisnis. Tentunya membuka pabrik memerlukan modal yang lebih besar di banding memulai bisnis dari rumah).

Namun demikian, Anda harus selalu bertanya pertanyaan yang penting, apa yang Anda lakukan dengan aset yang paling berharga: waktu.

Banyak teknik yang dapat dipelajari untuk mengatur waktu yang lebih baik, namun pada prinsipnya setiap bisnis sangatlah berbeda seperti layaknya setiap orang juga berbeda. Pada akhirnya, semakin sering kita mempraktekkan mengatur waktu kita, semakin tangkas kita dalam menggunakannya.


Emmanuel
Owner dan pendiri dari Accolade Coaching yang juga merupakan coordinator Entrepreneurship Program untuk Indonesian Business Centre (IBC) Melbourne. Accolade Coaching bekerja sama dengan IBC mengadakan acara-acara sepanjang tahun untuk memperlengkapi dan meng-inspirasi pebisnis dan entrepreneur Indonesia di Melbourne (http://accoladecoaching.com.au/)