Terkadang sangat sulit untuk memilih lokasi atau daerah tempat tinggal yang tepat dan membuat Anda merasa nyaman dalam segala aspek. Ada beberapa faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum mengambil risiko dan pindah ke daerah baru.

Langkah pertama adalah mengetahui apa prioritas Anda. Apakah tinggal di dekat pusat perbelanjaan dan supermarket? Sekolah atau kampus untuk Anda atau anak-anak? Pemandangan yang indah? Sebuah taman untuk bermain dengan binatang peliharaan Anda?Cara terbaik adalahmeluangkan waktu untuk mencatat kebutuhan sehari-hari Anda dan pilihlah daerah yang cocokserta dapat memberi akses kemudahan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang sesuai dengangaya hidup Anda.

Di Australia pada umumnya daerah tempat tinggal dapat dibedakan berdasarkan empat kategori. Hal terpenting adalah untuk benar-benar mengetahui gaya hidup serta kebutuhan sehari-hari Anda. Jika Anda mengetahui empat hal ini, mencari daerah tempat tinggal yang sempurna akan jauh lebih mudah.

Daerah Keluarga (Family Suburb)
Kategori ini cocok bagi yang memiliki keluarga besaratau memiliki anak yang sudah berusia sekolah. Properti-propertidi family suburb biasanya memiliki harga yang cukup terjangkau dan Anda bisa mendapatkan rumah yang baru dansering kalidua kali lebih besar untuk harga yang sama dengan apartemen di tengah kota (CBD) yang relatif lebih kecil.

Family suburb rata-rata memiliki sarana umum lengkap sepertisupermarket dan pusat perbelanjaan. Selain itu, ada banyak pilihan transportasi umum untuk anak-anak berangkatsekolah ataumelakukankegiatan-kegiatan ekstrakurikuler. Jika mayoritas jawaban Anda terhadap pertanyaan-pertanyaan berikut adalah ‘iya’, maka family suburb adalah
daerah yang pantas untuk Anda.

  • Apakah supermarket lebih penting dari hiburan malam?
  • ApakahAnda memiliki keluarga atau peliharaan?
  • ApakahAnda sering menerima tamu dalam jumlah yang banyak?
  • ApakahAnda memerlukan tempat parkir untuk lebih dari satu kendaraan?

Tengah Kota (CBD)

Jika Anda inginselalu menikmatidunia malam penuh hiburan, fasilitas modern dan berada di tengah-tengah pusat atraksi yang terjadi, pilihlah daerah CBDyangjugaadalahtempat mayoritasperkantoran berada.

  • Apa Anda sering keluar makan malam hampir setiap hari dalam seminggu?
  • Apa Anda tidak memiliki mobil?
  • Apa Anda bekerja di tengah kota (CBD)?
  • Apa semua barang milik Anda akan cukup di sebuah apartemen?
  • Apakah prioritas Anda itu memiliki tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja?

Jika Anda menjawab ‘iya’pada pertanyaan di atas, maka CBDadalah yanglokasitepat.

Pinggiran Kota (Outer City Suburbs)

Harga untuk berinvestasi dan tinggal di tengah kota cenderung lebihmahal akibat lokasinya yang sangat strategis. Sering kali orang-orangmengorbankan ukuran atau luas properti untuk mendapatkan fasilitas serta kenyamanan hidup di CBD. Jika Anda tetap ingin menikmati energi dan fasilitastengah kota namun memiliki keterbatasan finansial dan ingin suasana yang tidak terlalu ramai, maka kategori ini mungkin cocok untuk Anda.

Daerah pinggiran kotaini masihcukup dekat dengan CBD yang dapat diakses secara mudah, berkisar 10-15 menit jaraknya. Harga properti pun masih cenderung lebih terjangkau. Daerah-daerah dalam kategori ini sering memiliki restoran-restoran yang unik dan pusat perbelanjaan serta kesehatan lokal. Pada umumnya sekolah-sekolah tingkat dasar hingga SMA favorit juga terletak di daerah ini. Kategori ini cocok untukmerekayang barumenikah atau hendak memiliki anak. Pertanyaan yang perlu Anda pertimbangkan adalah:

  • Apakah Anda menyukai sarana-sarana pusat kota namun memiliki keterbatasan finansial?
  • ApakahAnda ingin kenyamanan tinggal di tengah kota tapi juga ingin ketenangan seperti daerah pinggiran kota?
  • Apakahoutdoor areaseperti taman atau halaman penting bagi Anda?

Daerah Pedesaan atau Luar Kota (Rural Areas)

Kategori ini cocok bagi Andayang sangat menggemarisuasana yang damai dan tenang, keindahan alam, serta pemandangan yang mempesona. Daerah ini bisa di pedesaan, di dekat laut, ataupun di dekat pegunungan, karena yang membuat suatu daerah masuk ke dalam kategori ini adalah gaya hidup yang lebih santai dan damai, jauh dari kesibukan tengah kota.Target demografik untuk daerah ini adalah cenderung para pensiunan atau bila Anda memiliki atau ingin menekuni bisnis pertanian atau peternakan. Tentunya sarana pendidikan atau transportasi tidaklah selengkap di daerah yang lebih dekat dengan kota.

Pada akhirnya,kebahagiaan Anda adalah yang terutama. Pilihan tempat tinggal tidaklah harus mengikuti empat kategori di atas. Hal terutama yang perlu diketahui adalah prioritas dan kebutuhan Anda.

 

 

 

Alain Warisadi
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B. Ec (Fin), FIML
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Licensed Estate Agent
Harvard University Scholar
(e.) [email protected]

Jeffrey Koby
Co-property Writer
Marketing Communications Officer
(e.) jeffrey.koby@xynergy.com.au

Sumber: Realestate.com.au, Realestateview.com.au, Insuranceline.com.au

Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property managementdan home/commercial loanyang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli properti. Xynergy Realty tidak bekerja sama dalam bentuk apapun dengan perusahan-perusahaan/ brand-brand yang disebutkan dalam artikel diatas. Xynergy Realty tidak bertanggung jawab atas kehilangan, kerugian yang pembaca derita dalam bentuk apapun.