JELAJAH VICTORIA

Menjelang akhir tahun Australia diselimuti dengan sinar matahari nan hangat. Siang semakin panjang dan warganya pun semakin bersemangat dalam beraktivitas. Salah satu kegiatan menyenangkan yang patut dicoba guna mengisi liburan musim panas ini adalah menyusuri hutan dari pohon ke pohon. Mulai dari berjalan di atas tali yang diikatkan di antara dua pohon – tentunya dengan sistem pengamanan yang memadai – sampai meluncur dengan katrol bak di film-film action.

Penelusuran hutan atau yang disebut dengan Tree Surfing ini sangat berguna untuk mengasah keterampilan fisik yang meliputi keseimbangan dan koordinasi tubuh. Menjalankan strategi untuk mencapai tujuan juga menjadi tantangan tersendiri.

Karena sifatnya yang membutuhkan tingkat ketangkasan tertentu maka diberlakukan batasan tinggi untuk dapat mengikuti Tree Surfing, yakni minimum 135cm. Anak-anak yang tingginya belum mencukupi namun sudah berusia di atas 5 tahun, tetap dapat menikmati Tree Surfing (nippers course) dengan supervisi seorang dewasa. Untuk anak usia 4 tahun ke bawah harus ditemani seorang dewasa yang mengikuti program yang sama. Kendatipun, banyak orang dewasa yang pula terlihat menikmati permainan yang satu ini.

Tree Surfing dapat dijumpai di Enchanted Adventure Garden yang terletak di 55 Purves Road, Arthurs Seat. Bila menggunakan kendaraan pribadi, hanya dibutuhkan waktu kurang dari 1 jam untuk menjambangi taman penuh cerita tersebut. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang sesuai untuk aktivitas outdoor agar nyaman bergerak serta membawa baju ganti karena hampir dipastikan baju akan kotor oleh keringat dan tanah. Air minum dan sunscreen juga menjadi hal yang esensial.

Bagi yang tidak tergoda untuk melakukan Tree Surfing, masih banyak aktivitas lain yang ditawarkan Enchanted Adventure Garden. Misalnya saja ‘upstairs downstairs maze’, yaitu permainan pengasah otak yang mengharuskan kita melewati jalan naik atau turun secara konsisten dari garis awal hingga mencapai destinasi yang ditentukan.

Terdapat beberapa permainan maze atau teka-teki yang tersebar di seluruh bagian garden. Ada maze yang dibuat dari tonggak-tonggak kayu, ada pula maze dari tanaman yang menjulang tinggi hingga lebih dari dua meter. Bahkan, yang paling unik dan dijamin tidak dapat ditemui di lokasi lain di seluruh Victoria, Enchanted Adventure Garden menyediakan 3D Maze berisikan patung, gambar, ilustrasi dan lampu-lampu glow in the dark dengan bentuk yang menyeramkan. Pengunjung harus menggunakan kaca mata tiga dimensi untuk menambah keseruan permainan dan memberikan efek seakan makhluk-makhluk seram tersebut akan menerkam kita.

Mainan lain yang tak kalah serunya adalah Tube Slides. Ini semacam perosotan tinggi dimana kita bisa meluncur bebas di atas sebuah ban. Meski harus bersusah payah menarik ban menuju ketinggian tertentu, namun kejutan adrenalin saat meluncur seakan mampu membayar ‘modal awal’ yang sudah diinvestasikan.

Alhasil, tak cukup hanya menyiapkan waktu 2 atau 3 jam jika mengunjungi Enchanted Adventure Garden. Untuk bisa menikmati secara maksimal, paling tidak musti menyiapkan waktu dari pagi hari hingga sore. Taman bermain ini pula menyediakan tempat makan yang menjual sajian hangat serta kopi untuk menemani waktu istirahatmu. Atau jika berminat, bisa juga membawa bekal dan tikar untuk berpiknik ria.

Selamat beraktivitas!

 

Enchanted Adventure Garden[alert color=”46C232″ icon=”59172″]55 Purves Road, Arthurs Seat VIC 3928[/alert][alert color=”C24000″ icon=”9733″]Jam operasional: pk. 10 – 18 (Hari Natal tutup)[/alert][alert color=”A153C2″ icon=”128222″](03) 5981 8449[/alert][alert color=”C20A04″ icon=”127758″]www.enchantedmaze.com.au[/alert][alert color=”2774C2″ icon=”9998″]Biaya masuk:[/alert]
Enchanted Adventure Garden:              $29 (dewasa) / $19 (anak 3-17th)
termasuk Tree Surfing (1 jam):              $39 (dewasa) / $29 (anak 3-17th)
termasuk Tree Surfing (2 jam):              $59 (dewasa) / $39 (anak 3-17th)

 

* GALERI FOTO *







 

vr