Musim dingin telah tiba. Karena musim dingin di daerah selatan Australia disemarakkan dengan turunnya salju di daerah pegunungan, bagi kalian yang belum kepikiran apa yang kalian ingin lakukan musim dingin ini, pergi menikmati salju di ski resort bisa menjadi salah satu opsi kalian! Jika kalian belum pernah, ini adalah kesempatan emas untuk mencoba ski atau snowboard sebelum terlambat dan mengukir pengalaman yang tak akan kalian lupakan.

Ajak teman kalian, mulailah mengatur pilihan transportasi dan akomodasi, siapkan pakaian yang hangat dan cek perlengkapan lain yang diperlukan, dan jangan lupa juga memeriksa kapan tingkat turun salju diperkirakan optimal untuk menghindari kekecewaan. 

Walaupun daerah Victoria dimanjakan dengan banyaknya pilihan tempat resort untuk dikunjungi, daerah New South Wales juga tak kalah dengan pilihan tempatnya yang tak kalah unik. Di Australia tingkat kesulitan jalur ski dikategorikan dengan warna hijau untuk para pemula, biru untuk intermediate dan hitam untuk advanced, kalian juga dapat mengambil kelas ski/snowboarding di resort tersebut sebelum langsung berselancar. Silahkan dilihat beberapa tempat yang kalian bisa pilih untuk destinasi musim dingin ini. Have fun!

Falls Creek, VIC

Falls Creek adalah resort ski terbesar di Victoria, dengan luas area yang bisa mencapai 450 hektar dengan 15 lift yang dapat mengangkat kalian ke atas dan juga memiliki 90 jalur ski, 65km jalur cross country skiing. Tanjakan yang tidak terlalu curam dibanding tempat tempat ski lainnya membuat tempat ini menjadi salah satu favorit untuk para pemula.

Dengan banyaknya jalur kategori hijau, biru dan hitam, kalian tidak akan kehabisan pilihan jalur ski. Falls Creek juga adalah tuan rumah ajang marathon cross-country skiing internasional terbesar di benua selatan sepanjang 42 km, Kangaroo Hoppet, yang diadakan setiap tahun.

Titik tertinggi yang bisa dicapai dengan lift: 1780m

Jarak dari kota Melbourne: 4.5 jam

Mt Buller, VIC

Mt Buller juga lumayan besar dengan memiliki area sebesar 300 hektar, dan network lift terbanyak di Victoria membuatnya terhubung sangat baik, sebanyak 22 lift tersedia untuk mengangkat kalian dari bawah ke berbagai titik di atas. Selain pemandangan yang indah, resort ini juga melayani para peselancar dengan segala pengalaman, kalian dapat memilih antara tanjakan utara dimana para pemula dapat melintas jalur kategori hijau dan biru atau tanjakan selatan yang memiliki beberapa jalur kategori hitam untuk yang sudah berpengalaman. Pengunjung juga bisa menaiki tur kereta derek yang ditarik oleh anjing husky.

Titik tertinggi yang bisa dicapai dengan lift: 1780m

Jarak dari kota Melbourne: 3.5 jam

Mt Hotham, VIC

Jika Falls Creek adalah yang terbesar di Victoria, maka Mt Hotham adalah yang tertinggi di Victoria. Berbeda dengan kebanyakan ski resort dimana tempat peristirahatan berada di bawah, ski village Mt Hotham terletak di atas gunung tersebut. Dengan luas 320 hektar, disediakan 13 lift dan pengunjung dapat menikmati pemandangan serta jalur ski yang bisa mencapai 2 setengah kilometer. Bagi yang menyukai tantangan, tempat ini bisa menjadi pilihan yang pas karena Mt Hotham memiliki rasio jalur ski kategori hitam terbanyak di Australia. Bagi yang ingin mengunjungi, diperingkatkan harus memasang rantai ban pada masa snow season, yang bisa disewa dari kota di bawah gunung tersebut seperti Harrietville dan Omeo.

Titik tertinggi yang bisa dicapai dengan lift: 1845m

Jarak dari kota Melbourne: 4.5 jam

Mt Baw Baw, VIC

Bagi yang tak ingin menyetir terlalu jauh, Mt Baw Baw adalah ski resort menanjak terdekat dari Melbourne, dengan jarak sekitar dua setengah jam. Walaupun tidak sebesar seperti Mt Buller dengan luas 35 hektar, Mt Baw Baw adalah satu tempat yang juga sangat cocok bagi para pemula karena tak securam dibanding Mt Buller dan 30% jalur ski yang didesain untuk pemula, kalian juga dapat berselancar sepanjang 10 km jalur cross country ski. Ada juga beberapa jalur kategori hitam, jadi ada sesuatu untuk setiap orang di ski resort ini.

Titik tertinggi yang dapat dicapai dengan lift: 1562m

Jarak dari kota Melbourne: 2.5 jam

Lake Mountain, VIC

Lake Mountain juga adalah resor ski terdekat dari kota Melbourne, dengan jarak sekitar 2 jam. Dibanding dengan Mt Baw Baw, Lake Mountain tidak terlalu menanjak, alias lebih untuk cross country skiing. Maka dari itu tempat ini juga cocok bagi mereka yang ingin lebih bersantai, dimana kalian dapat berpetualang menjelajahi 37 km snow trail dengan snow boots atau dengan sepasang cross country ski, tempat yang dibuat khusus untuk bermain salju dan toboggan, dan ada juga flying fox yang bisa mengangkat kalian di udara sepanjang 240 m.

Ketinggian: 1480m

Jarak dari kota Melbourne: 2 jam

Perisher, NSW

Jika harus menyebut ski resor terbesar di benua selatan, pemenangnya adalah Perisher. Dengan bergabungnya 4 resor pada tahun 1995 – Perisher Valeys, Smiggin Holes, Blue Cow dan Guthega, penggabungan tersebut menghasilkan area seluas 1,245 Hektar yang kalian bisa berselancar, 47 lift, 7 gunung dan 5 terrain park yang kalian bisa jelajahi. Setiap tempat memiliki khasnya, contohnya Smiggin Holes yang lebih ramah bagi para pemula, Perisher valley yang memiliki banyak jalur warna hijau dan biru tapi juga ada beberapa yang warna hitam, Guthega yang juga memiliki beragam tingkat kesusahan tapi dengan pemandangan yang menghadapi pegunungan Kosciuszko, atau jika ingin yang penuh tantangan kalian bisa menuju ke Blue Cow.

Titik tertinggi yang bisa dicapai dengan lift: 2034m

Jarak: sekitar 6 jam dari Melbourne, 5-6 jam dari Sydney

Thredbo, NSW

Terletak hanya di bawah gunung tertinggi di Australia, Mt Kosciuszko, Thredbo adalah ski resort tertinggi di Australia dengan titik ketinggian yang bisa dicapai dengan lift terhitung hingga 2037m. Diatas puncak tersebut para pengunjung dapat mendengungkan lonceng sebagai bentuk pemberitahuan kepada para peselancar di Thredbo. Thredbo juga adalah tempat yang cocok bagi kalian yang ingin mencoba tantangan karena ada 5 jalur ski menanjak yang terpanjang di Australia, contohnya Supertrail yang mencapai 3.7km hingga Village Trail dan High Noon Cruiser yang mencapai 5km. Namun jangan kecewa, karena Thredbo juga menyediakan Friday Flat sebagai daerah untuk pemula.

Titik tertinggi yang bisa dicapai dengan lift: 2037m

Jarak: sekitar 6 jam dari Melbourne/Sydney

Charlotte Pass, NSW

Charlotte Pass adalah ski resort yang unik karena walaupun lebih kecil dibanding Perisher dan Thredbo, dengan besar 50 hektar, Charlotte Pass adalah satu satunya ski resort di Australia yang snowbound, alias tertutup oleh salju. Untuk bisa mencapainya, kalian harus menaiki Charlotte Pass Oversnow Transport, semacam shuttle bus dengan rantai dan disediakan pada musim dingin. Charlotte Pass juga tak kalah tingginya, dengan yang terendah sekitar 1765m hingga bisa mencapai 1954m. Walaupun aksesnya tak terlalu gampang, tapi kalian dapat menikmati salju lebih lama di resort ini.

Titik tertinggi yang bisa dicapai dengan lift:  1954m

Jarak: 7.5 jam dari Melbourne, 6 jam dari Sydney

Denis