Merupakan salah satu top 25 landmark di Pasifik Selatan berdasarkan TripAdvisor Travellers’ Choice awards di tahun 2013, Puffing Billy merupakan tujuan wisata Melbourne yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Puffing Billy sendiri memiliki sejarah yang panjang, yaitu bermula sejak tahun 1900 dimana jalur kereta ini mulai beroperasi setiap harinya kecuali di hari Natal.

Di awal kelahirannya, transportasi umum ini digunakan warga setempat untuk mengantar baik barang maupun penumpang ke beberapa tempat sekitar Melbourne. Baru di tahun 1962 lah Puffing Billy dibuka dan dikelola oleh Puffing Billy Preservation Society menjadi tempat wisata bagi para turis dari dalam dan luar negeri. Perjalanan yang bisa ditempuh oleh kereta historik ini berawal dari Belgrave menuju Menzies Creek, Emerlard, Lakeside dan kemudian Gembrook.

Jalur kereta tersebut dibangun mencapai 25 km panjangnya dan terletak di antara hutan dan pepohonan di tengah pegunungan. Para turis dipastikan dapat menikmati keasrian dan keindahan alam sekaligus merasakan uniknya menaiki kereta bertenaga uap yang sudah sulit ditemukan dimana-mana dewasa ini. Dalam setiap gerbong kereta yang beroperasi terdapat pemandu yang siap menjawab segala pertanyaan kamu mengenai Puffing Billy. Selain itu para sukarelawan ini juga sigap akan mengingatkan para penumpang bila akan menghampiri pemandangan indah yang bagus untuk difoto supaya tidak ada momen-momen menarik yang terlewatkan.

Servis perjalanan kereta yang disediakan Puffing Billy cukup beragam, mulai dari perjalanan tradisional biasa dengan pilihan menuju Emerlard, Lakeside, Gembrook maupun Menzies Creek dengan harga yang berbeda-beda pula, diantaranya The Steam & Cuisine Luncheon Train yang menyediakan tiga hidangan dalam perjalanan kereta selama 3 jam; Dinner & Dance Train yang dimeriahkan oleh para pemusik; sampai Days Out with Thomas the Tank Engine yang cocok untuk anak-anak.

Pada hari-hari tertentu Puffing Billy juga meluncurkan acara nan seru dengan beragam pilihan. Bagi yang menyukai cerita detektif, mungkin Murder On The Puffing Billy Express bisa menjadi pilihan hiburan yang cocok. Jika kamu penikmat musik Jazz, maka Jazz on Puffing Billy Railway merupakan pilihan yang tepat. Acara lain yang bisa menghibur para pengunjung yaitu Rocka’Billy Country train dan Bollywood Spectaculer.

Jika tidak ingin menaiki kereta terus menerus, kamu bisa memilih untuk berjalan kaki ataupun bersepeda di dua rute yang ada; yaitu Upper Ferntree – Belgrave Walking Trail dan Emerald – Cockatoo Walking Trail.

Harga tiket setiap perjalanan dengan kereta dan acara di dalamnya berbeda-beda dan dapat dilihat di situs resmi Puffing Billy: www.puffingbilly.com.au. Dana hasil penjualan tiket sebagian besar digunakan untuk menjaga kualitas dan produktivitas Puffing Billy agar bisa selalu dinikmati para turis dari tahun ke tahun.

Kita pun bisa ikut menjadi sukarelawan di Puffing Billy dan mendapatkan pengalaman unik yang tak terlupakan dengan mengisi Volunteer Application Form yang tersedia di dalam situs mereka. Ada bermacam-macam pekerjaan sukarelawan yang tersedia, mulai dari membersihkan kereta, menjual tiket, sampai menjadi masinis setelah diberi pelatihan khusus.

Untuk mencapai Puffing Billy dari Melbourne, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Letaknya sangat mudah ditemukan karena berada tepat bersebelahan dengan stasiun kereta Belgrave. Jika kalian menggunakan train, maka perjalanan kira-kira akan memakan waktu 70 menit. Setelah sampai di stasiun Belgrave, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengikuti jalur berwarna biru yang sudah dicat di platform.

Mengunjungi Puffing Billy jelas merupakan cara yang unik dalam mempelajari sejarah dan sekaligus menikmati keindahan alam bersama dengan orang-orang terdekatmu. Untuk bisa menikmati perjalanan secara maksimal, pastikanlah kamu berangkat di waktu yang tepat dengan mengecek jadwal perjalanan kereta sebelum berangkat menuju Puffing Billy.