Melakukan jual beli dan transaksi online bukan lagi hal yang baru di Indonesia. Bahkan perkembangan pasar online bisa dibilang sangat pesat bila dilihat dengan menjamurnya situs-situs yang menjajakan berbagai macam produk.

Pernah mendengar istilah Black Friday yang selalu diadakan tiap Jumat terakhir di bulan November, atau sehari setelah perayaan Thanks Giving di Amerika Serikat? Black Friday identik dengan shopping dan diskon karena pada hari tersebut, hampir seluruh tempat belanja – baik online maupun retail – akan memberikan potongan harga besar-besaran.

Nah, untuk Indonesia, hal serupa terwujud dengan perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Yang berbeda, seperti sebutannya, diskon yang ditawarkan hanya berlaku untuk setiap pembelanjaan online.

INFO BUSET- HARBOLNASHarbolnas adalah ide yang dibuat beberapa perusahaan e-commerce Tanah Air yang, menurut situs harbolnas.com, sengaja diadakan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan belanja online dengan aman dan nyaman.

Dimulai sejak 2012, kala itu Harbolnas hanya diikuti tujuh perusahaan e-commerce yakni Lazada, Zalora, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka dan Luxola. Tahun 2015 kemarin, ada lebih dari 140 perusahaan e-commerce yang turut serta.

Peningkatan jumlah partisipan Harbolnas dari tahun ke tahun meningkat tajam:

TAHUN PESERTA E-COMMERCE
2012 7
2013 22
2014 76
2015 140+

 

Harbolnas 2015 dikenal dengan #1212Sale dan berlangsung dari tanggal 10 hingga 12 Desember 2015. Diskon yang ditawarkan pun sangat menggiurkan, yakni hingga 90%.

Situs e-commerce yang popular di Tanah Air


BUSET INFO - HARBOLNAS mataharimallMatahari Mall mengklaim sebagai situs belanja online terbesar dan nomor 1 di Indonesia. Pemain baru dalam industri e-commerce ini menawarkan berbagai macam metode pembayaran, namun yang paling menarik adalah cicilan 0% dengan kartu kredit tertentu. Matahari Mall menaungi banyak penjual yang tentunya sudah diverifikasi yang menjual berbagai macam produk dari makanan, minuman, elektronik, gadget, fashion dan lain-lain. Semua produk yang dijual diberikan gratis biaya pengiriman.


BUSET INFO - HARBOLNAS bukalapak
Merupakan situs online market place (jual beli online). Siapapun bisa membuka toko online di sini. Konsepnya seperti ebay dan aliexpress.com. Tersedia fasilitas bukadompet, dimana semua transaksi pembayaran dari pembeli dipegang oleh pihak bukalapak. Ketika barang sudah diterima pembeli, dana baru akan dibayarkan ke pihak pelapak (penjual). Metode pembayaran bisa menggunakan kartu kredit, transfer ke rekening hingga pembayaran melalui Indomaret. Sayangnya belum ada fasilitas cicilan 0%.


BUSET INFO - HARBOLNAS Tokopedia
Sama seperti bukalapak.com, ini merupakan situs jual beli online. Berbagai macam produk ditawarkan di situs ini. Metode pembayaran bermacam-macam dan lengkap, bisa pembayaran dengan kartu kredit cicilan 0%. Sayangnya, terkadang penjual tidak meng-update harga, jadi harga yang dipasang tidak terjamin merupakan harga yang benar.


BUSET INFO - HARBOLNAS Dinomarket
Dinomarket menawarkan banyak variasi produk yang tidak kalah dengan situs lainnya. Berbagai macam metode pembayaran juga tersedia, juga fitur cicilan 0% dengan menggunakan kartu kredit. Dinomarket banyak mendapat kerjasama dengan produk gadgets seperti Samsung dan Sony dalam launching produk baru mereka, sehingga pelanggan bisa mendapatkan diskon spesial.

 

Menurut Alexa.com, berikut ini adalah 10 situs e-commerce Indonesia yang paling banyak dikunjungi selama 2015:

No Situs
1 Bukalapak.com
2 Lazada.co.id
3 Tokopedia.com
4 Mataharimall.com
5 Elevenia.co.id
6 Traveloka.com
7 Zalora.co.id
8 Blibli.com
9 Bhinneka.com
10 Jakartanotebook.com