“Pikirkan, dan kamu akan memiliki kekuatan itu.”
~ Ralph Waldo Emerson ~

Menurut Tony Robbins, “ketika Anda memiliki ekspektasi tinggi terhadap diri sendiri, itu adalah saat dimana Anda menaikkan standar.” Standar Anda adalah satu-satunya hal yang akan menciptakan perubahan dalam hidup Anda. Jadi, jika Anda mau menciptakan sebuah perubahan dalam hidup, Anda harus menaikkan standar.

Memilih untuk mengubah standar berarti bahwa Anda akan mengubah perilaku Anda. Dengan mengubah perilaku, Anda juga akan mengubah kebiasaan Anda. Dengan mengubah kebiasaan Anda, Anda akan mulai menciptakan ritual berbeda. Dengan mempunyai ritual berbeda setiap harinya, Anda akan menemukan cara untuk mendapatkan hasil akhir yang Anda inginkan dan menggapai potensi sejati Anda.

Kita mendasari standar kita berdasarkan lingkungan kita dan dengan siapa kita menghabiskan waktu bersama. Jim Rohn mengatakan, “Anda adalah hasil rata-rata dari lima orang yang sering menghabiskan waktu bersama Anda.” Dan ketika Anda menghabiskan banyak waktu dengan seseorang, Anda akan menjadi orang tersebut.

Pengarang dan pengusaha T. Harv Eker menggarisbawahi makna dari standar, di dalam bukunya ‘Secrets of the Millionaire Mind’ (Rahasia Pikiran Seorang Milioner), ia mengatakan: “Bagaimana Anda melakukan sesuatu adalah bagaimana Anda melakukan semuanya.” Jadi, jika Anda mempertimbangkan sebuah kejadian, Anda mungkin saja menjadi lebih toleran terhadap diri sendiri dan kejadian yang Anda kira adalah pengecualian sekali-sekali akan menjadi standar Anda. Ketika Anda menjatuhkan standar, kemampuan Anda untuk mencapai dan mengklaim potensi sejati dan target Anda akan jatuh pula.

Hal yang penting untuk Anda sadari adalah bahwa tidak penting apa yang terjadi, yang penting adalah bagaimana Anda menanggapi situasi apapun yang Anda alami setiap hari dan standar apa yang Anda pegang untuk diri sendiri. Apakah Anda sedang melakukan hal-hal yang Anda bilang akan lakukan? Apakah Anda sedang menepati janji diri sendiri dan komitmen terhadap orang lain?

Kemampuan kita untuk menciptakan kesuksesan dan kepuasan dalam hidup ditentukan oleh standar kita. Ketika berbicara tentang standar, baik pribadi maupun bisnis, kita sedang membicarakan hal-hal yang menurut kita patut diterima dan tidak patut diterima. Apa yang kita rasakan boleh atau apa yang kita rasa tidak boleh, dalam pikiran kita.

Ketika berbicara tentang melakukan suatu hal, apakah kita percaya bahwa hal tersebut adalah sebuah tantangan ataukah kita berpikir bahwa hal tersebut patut diterima? Apakah Anda percaya bahwa Anda harus berusaha kuat untuk mencapai hasil yang diinginkan atau yang menurut Anda mudah? Apakah menurut Anda, Anda hanya dapat melakukan sesuatu selama beberapa jam atau apakah Anda berpikir untuk melakukan segala cara demi mencapai hasil yang diinginkan? Hasilnya ditentukan oleh standar Anda.

Bila seseorang terlambat datang ke tempat kerja atau terlambat datang saat janjian, walaupun hanya beberapa menit, tetap saja berarti bahwa standar mereka rendah, karena jika kita mentolerir sesuatu, kita juga akan mentolerir hal-hal lainnya dengan mudah. Dari sisi psikologi, bila kita mengecewakan diri sendiri, kemungkinan besar kita juga akan mengecewakan orang lain. Untuk mengerti dan tahu sangatlah penting karena standar pribadi adalah seperangkat perilaku. Perilaku kita dibangun di atas ekspektasi kita terhadap diri sendiri dan orang lain.

Standar yang Anda miliki akan terpancar dari bagaimana cara Anda memperlakukan diri sendiri dan orang lain sebagaimana layaknya Anda ingin diperlakukan. Ketika Anda memiliki standar yang tinggi, Anda ingin diperlakukan secara tinggi. Ketika Anda punya standar rendah, Anda akan mentolerir hal-hal sampai pada titik dimana Anda mungkin akan membiarkan orang lain menginjak Anda. Hal ini juga berindikasi bahwa Anda memiliki sistem kepercayaan diri yang rendah karena tidak membela diri sendiri. Bertanggungjawab atas diri sendiri dan memperhatikan standar Anda sangatlah penting terutama ketika Anda ingin membawa perubahan dalam hidup Anda dan menaikkan kepercayaan diri.

Standar Anda dapat dengan mudah terpancar dari seberapa banyak janji yang Anda tepati, dalam bagaimana cara Anda menampilkan diri, dalam cara Anda memperhatikan diri, keuangan Anda, hidup Anda dan lingkungan sekitar. Apakah Anda rapi atau berantakan di rumah dan di tempat kerja? Hal ini akan terpancar dari standar yang Anda miliki dalam area tertentu dalam hidup Anda.

Standar Anda terpancar dari kualitas pekerjaan Anda, kemampuan berkomunikasi, apa yang Anda hargai dan apa yang Anda percayai. Kenyataannya, apapun yang Anda katakana dan lakukan memberikan orang lain wawasan tentang standar yang Anda miliki.

Karena itu, Anda harus terbiasa mendisiplinkan diri dalam kualitas karya yang Anda buat dan lingkungan sekitar Anda. Anda mungkin bisa mulai dengan olahraga rutin dan makan makanan sehat bukannya junk food. Mungkin Anda juga dapat memperhatikan kebiasaan berbelanja Anda terutama bila Anda sedang menabung.

Tanpa memandang apakah Anda sadar atau tidak, Anda akan selalu membiarkan orang lain tahu apa yang Anda rasakan tentang kondisi hidup Anda, apa yang Anda rasakan tentang diri sendiri dan bagaimana perasaan Anda terhadap orang lain. Di saat yang sama, Anda sedang dinilai orang lain berdasarkan pesan yang Anda kirimkan.

Ketika berbicara tentang mencapai target di area manapun dalam hidup Anda, standar yang Anda miliki akan menentukan hasilnya.

Jika Anda punya standar yang rendah, kemungkinan besar Anda akan berjuang keras saat berkomitmen memberikan waktu, usaha, dan energi untuk menggapai hasil yang diinginkan.

Ketika Anda punya standar yang tinggi, kemungkinan besar Anda akan punya ekspektasi berbeda tentang apa yang mungkin dilakukan, apa yang Anda siap lakukan, dan tindakan apa yang Anda akan lakukan dan harapkan orang lain akan lakukan pada Anda. Ketika ekspektasi Anda tinggi, semakin Anda menaikkan standar, Anda juga siap dan bersedia memberikan lebih banyak waktu dan usaha demi memperoleh hasil. Ketika melakukan ini, Anda akan menarik lebih banyak kesempatan dan kemungkinan dalam hidup, selama Anda melakukannya dengan kepercayaan diri.

Mayoritas orang gagal mencapai hasil yang mereka inginkan sampai pada akhirnya harus mengidam-idamkan sederhananya karena mereka punya standar dan ekspektasi rendah. Standar rendah mereka akan menuntun pada hasil yang rata-rata sedangkan ‘kualitas dari hasil pekerjaan kita menentukan kualitas hidup kita.’

“Percayalah bahwa Anda bisa memiliki standar lebih tinggi dari ekspektasi orang lain terhadap diri Anda.”
~Henry Ward Beecher~

Jika Anda ingin hasil pekerjaan dan hidup Anda berubah, sangatlah penting untuk mengerti bahwa Anda harus berubah, karena jika tidak, tidak akan perubahan. Anda harus mau berubah dulu dan berusaha melakukannya. Jika Anda mencapai titik dalam hidup dimana Anda merasa lelah akan situasi sekarang, Anda frustasi, namun jika Anda mengakui bahwa tidak akan ada perubahan tanpa perubahan terlebih dahulu dari diri sendiri, maka Anda dapat punya keputusan untuk memutarbalikkan keadaan.

***

Pertimbangkan perilaku Anda sekarang, realita Anda, tindakan Anda, dan hasil pekerjaan Anda dan tanyakan pada diri sendiri:

Standar apa yang saya miliki sekarang?
Standar apa yang saya miliki buat diri sendiri di situasi yang berbeda?
Apa perilaku saya pada situasi tertentu?
Tindakan apa yang saya ambil dalam situasi tersebut?
Standar apa yang saya miliki sebagai orangtua?
Standar apa yang saya miliki sebagai teman?
Standar apa yang saya miliki sebagai saudara perempuan/laki-laki?
Standar apa yang saya miliki sebagai seorang profesional?
Apa yang saya terima untuk diri sendiri?
Hal apa yang tidak lagi dapat diterima untuk diri sendiri?
Ekspektasi apa yang saya punya untuk diri sendiri?
Ekspektasi apa yang saya miliki terhadap orang lain?
Ritual apa yang saya miliki sekarang?
Ritual apa yang saya bersedia lakukan?
Apakah standar tersebut milik saya?
Apakah saya menentukan standar tersebut untuk diri sendiri?
Bila saya tidak menentukan standar tersebut, siapa yang melakukannya dan kapan?
Kenapa saya mengadopsi standar tersebut?
Bila telah tahu target yang ingin dicapai, apakah standar saya menghalangi saya dengan cara tertentu?

***

Contoh standar:

  • Saya bertanggungjawab atas aksi dan hasil pekerjaan
  • Saya menepati janji kepada diri sendiri dan orang lain
  • Saya melakukan apa yang saya katakana dan mengatakan apa yang saya lakukan
  • Saya bertindak sesuai nilai yang saya anut
  • Saya menghargai diri sendiri dan setiap orang yang saya temui
  • Saya akan olahraga tiga sampai lima kali seminggu selama 20 menit setiap pagi

“Anda adalah hasil rata-rata dari lima orang yang sering menghabiskan waktu bersama Anda.”

Mariana Ardelean
Pelatih Kepemimpinan/Konsultan Pola Pikir
E: [email protected]
W: www.empoweringstrategies.com