Walau tradisi warga Australia untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat dekat di malam Natal tidak jauh berbeda dengan negara-negara di Eropa dan Amerika, namun satu hal yang sangat bertolakbelakang adalah cuaca; Natal di Australia jatuh di musim panas. Maka itu tak heran jika diadakan acara yang kebanyakan bersifat outdoor.

 

Jika tidak ada acara kumpul keluarga pada malam Natal, Carols by Candlelight merupakan alternatif yang tepat. Acara tahunan ini diadakan di Sidney Myer Music Bowl, dekat Botanical Garden mulai pukul 8 malam pada tanggal 24 Desember. Pengunjung diundang untuk menyanyikan lagu-lagu bertemakan Natal bersama sederetan penyanyi papan atas. Untuk bisa menikmati acara ini kita harus membeli tiket yang nantinya akan disumbangkan untuk membantu anak-anak yang mengalami kelainan pada indera penglihatan mereka.

Keesokan harinya, Melbourne Social Club and Newcomers Network mengadakan piknik massal di Queen Victoria Garden tepat pada tanggal 25 Desember. Di sini kita dapat berkenalan dengan teman-teman baru sekaligus berbagi keceriaan bersama. Acara dimulai dari sekitar pukul 12 hingga 3 petang. Kita pun diharapkan untuk membawa makanan, minuman dan pernak pernik piknik lainnya sendiri.

 

Dari 27 November hingga 25 Desember Sydney Town Hall akan memancarkan permainan lampu yang sangat menarik, membuat seakan-akan kita berada di dunia penuh keajaiban. Permainan lampu ini akan dinyalakan setiap setelah matahari terbenam hingga pukul 1 dini hari.

Di sisi lain Kota Sydney, tepatnya di Martin Place, juga telah dipasang lampu-lampu disko yang menambah gemerlapnya dekorasi Natal tempat itu.

Selain itu, untuk yang ke-32 kalinya, Sydney akan menggelar konser Natal akbar di Domain Royal Botanic Gardens. Dami Im, Taylor Henderson, Samantha Jade, Adam Garcia dan Mark Vincent merupakan beberapa musisi popular yang akan mengisi acara ini. Woolworths Carols in the Domain juga akan disiarkan secara langsung oleh Channel 7 pada tanggal 20 Desember pukul 20:30.

 

Area London Court yang popular di tengah Kota Perth mengambil tema Natal di musim dingin pada tahun ini. Untuk itu, setiap harinya tepat pada pukul 11:45 dan 13:15 dari tanggal 13 hingga 24 Desember 2014 warga Perth akan disajikan dengan London Court Snow Show.

Sajian lainnya, setiap malam hingga tanggal 21 Desember, gedung bersejarah GPO dihias dengan lukisan – lukisan Natal dari sorotan lampu warna warni.

Untuk konser Natal, Perth akan menyelenggarakan IGA Carols by Candlelight pada 19 Desember di Supreme Court Gardens.

 

Selain dekorasi Natal yang sudah terpasang dengan rapih dan atraktif di pusat Kota Adelaide, pemerintah setempat juga menyuguhi warganya dengan hiburan musik serta tontonan bertemakan Natal secara gratis di Victoria Square. Acara ini berlangsung selama tiga hari sejak 5 Desember mulai dari pukul 6 petang.

Yang spesial dari Natal di Adelaide tahun ini adalah konser Woolworths Carols by Candlelight yang sekaligus merayakan ulang tahunnya yang ke-70. Ini kali Kate Ceberano, Rachael Leahcar dan Nathan Stafford dipastikan untuk tampil menghibur para pengunjungnya.

***

Bagi Umat Kristiani yang berada di Melbourne, di bawah ini adalah jadwal Kebaktian Natal beberapa Gereja Indonesia yang diadakan selama bulan Desember.

Sabtu, 6 Desember
Perayaan Natal
BKS bekerjasama dengan KJRI Melbourne
Crossway Baptist Church Indonesian Congregation
2 Vision Dr, Burwood East
Mulai pk. 17, makan malam disediakan
Johan: 0402 467 402
Michael: 0403 534 902

Sabtu, 20 Desember
Perayaan Natal ICC
“Hope, Faith and Love”
St John’s Anglican Church
552 Burke Rd, Camberwell
Mulai pk. 17, makan malam disediakan
Lucky: 0417 352 755

Minggu, 21 Desember
GPDI Christmas Service
“Unity in God’s Love”
Multicultural Hub
506 Elizabeth Street, Melbourne
Mulai pk. 11
Info: 0426 267 070 / 0404 152 588
Fb: gpdimelbourne