Terletak di jantung Kota Melbourne, tepatnya di 375 Queen Street, Cat Café Melbourne merupakan satu-satunya kafe yang memperbolehkan para tamunya bermain dengan kucing-kucing manis sambil menyantap cemilan atau minum kopi di Australia.

Ide untuk membangun bisnis unik ini muncul saat Anita Loughran dan suaminya berbulan madu di Negeri Sakura. Di sana mereka mengunjungi Cat Café yang sudah beroperasi sejak sekitar satu dekade lalu. Selain itu, cinta Loughran terhadap kucing juga menjadi salah satu pendorong yang kuat untuk membuka kafe jenis ini.

Ternyata, untuk menjalankan impiannya tidaklah dengan mudah dicapai oleh Anita yang harus berhadapan dengan banyak regulasi. Permasalahan ijin membuka tempat yang menyediakan makanan di lingkungan yang memiliki hewan merupakan satu hal yang paling sulit. Selain itu, menemukan tempat yang mengijinkan kucing didalamnya juga merupakan tantangan tersendiri.

Saat berada di Cat Café, ada dua lantai yang kalian bisa hampiri. Di lantai pertama terdapat toko yang menjual aksesoris-aksesoris lucu dan unik yang tentunya bertemakan kucing. Sedangkan di lantai kedua, para pelanggan bisa bersantai di empat ruang nyaman yang berbeda.

Tentunya kalian juga bisa berkenalan dengan 12 ekor kucing yang memiliki kepribadian uniknya masing-masing. Mereka adalah Winter yang senang diajak bermain, Braveheart yang hanya memiliki satu mata namun tetap aktif dan lincah, Clara yang cuek, Shakespeare yang berbulu hitam, Jasper yang bersahabat, Lexi yang merupakan satu-satunya yang berjenis kelamin peremuan, Waldo yang iseng, Lynx yang merupakan kucing tertua, Sherlock yang manja, Lottie yang suka mencari perhatian, Lopez yang suka penasaran dan Ruby yang merupakan kucing termuda. Semua kucing-kucing imut ini berasal dari The Lost Dogs Home dan Geelong Animal Welfare Society.

Tidak lengkap pengalaman di Cat Cafe kalau kalian tidak memesan hidangan yang mereka tawarkan. Cemilan yang bisa kalian santap bersama minuman hangat cukup simpel; seperti misalnya carrot cake dan muffin. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu sekitar $3 per hidangan.

Baru dua bulan sejak pintu Cat Café Melbourne dibuka untuk umum, namun sudah banyak tanggapan dan komentar positif yang diterima dari masyarakat. Hal ini tidak mengherankan mengingat para staf di Cat Café yang ramah selalu membuat pelanggannya merasa nyaman dan kucing-kucing yang ada selalu menghibur para pengunjung.

Adapun beberapa peraturan yang harus diikuti saat berkunjung ke kafe yang menarik perhatian banyak pencinta kucing ini, yakni tidak boleh terlalu berisik dan tidak boleh ada anak-anak di bawah umur 8 tahun. Mengenai hal ini Anita menjelaskan bahwa peraturan yang ada dibuat demi keselamatan dan kenyamanan baik para pelanggan maupun kucing-kucing yang ada.

Untuk bisa menikmati pengalaman unik ini, kalian cukup memesan tempat dan waktu melalui situs catcafemelbourne.com dan membayar $10 untuk satu sesi selama satu jam. BUSET menyarankan untuk mengunjungi tempat ini bersama teman-teman kalian dan membawa kamera untuk menangkap pose-pose menggemaskan para kucing yang akan kalian temui!

gaby