Pada tanggal 6 Oktober silam, perusahaan agen dan manajemen properti Xynergy Realty mengadakan acara nonton bareng atau yang lebih akrab disebut Nobar, bersama para klien mereka. Diadakan di Palace Como Cinema, South Yarra, para pendatang diberi kesempatan untuk bersosialisasi seraya disuguhi prasmanan makanan kecil dan beragam minuman, sebelum kemudian memasuki ruang bioskop untuk menikmati film yang hari itu baru saja dirilis, yakni The Girl On The Train. Acara didatangi oleh setidaknya 120 klien Xynergy yang terlihat memenuhi ruangan dan saling bercengkrama dengan sesama serta dengan para agen Xynergy Realty.

Basically ini acara ramah tamah saja dengan para landlord kita, soalnya di tiga bulan terakhir ini kita baru acquired beberapa company jadi kita masih banyak belum kenal sama landlord-landlord dari bisnis yang baru ini. Jadi acara ini, selain untuk mempererat relationship dengan our existing landlords, tetapi juga dengan landlord-landlord lainnya,” papar Bruce Oliver selaku Managing Director dan co-founder Xynergy Realty.

Bruce lanjut menjelaskan bahwa ini merupakan acara Nobar yang kedua, setelah beberapa bulan sebelumnya mereka mengadakan acara dengan konsep serupa tetapi beda film. Menurut Bruce, acara seperti ini mungkin sedikit berbeda dengan apa yang dilakukan oleh beberapa agen perumahan lainnya, tetapi ini tetap merupakan cara pendekatan terbaik untuk Xynergy mengenal lebih dekat klien mereka di suatu suasana yang informal. Jadi pertemuan mereka bukan hanya mengenai bisnis, namun juga bisa sedikit bersenang-senang.

“Karena biasanya kalau sama landlord kita relationship-nya itu lebih ke arah tense, dimana kalau ada problem baru kita ngomong sama mereka. Biasanya memang begitu karena nature bisnis-nya memang seperti itu kalau property management. Misalnya ada barang yang rusak, atau untuk maintenance, jadi kalau minta-minta duit baru menelepon mereka. Kesannya jadi kurang bagus kan. Kalau seperti ini, there’s a little bit of something yang kita mau give back or do for our clients, dibanding collecting fees saja, mereka jadi feel appreciated,” ujarnya puas.

Ide awal nobar datang dari pemikiran bagaimana cara mengumpulkan berapa ratus orang di satu tempat yang sama dengan kendala jika acaranya tidak dibuat menarik, klien tidak akan mau datang. Belum lagi klien Xynergy termasuk orang-orang sibuk. Tetapi kalau nobar, kebanyakan orang gemar menonton film, jadi ini merupakan salah satu cara dimana mereka bisa berhubungan dan bertatap muka dengan klien yang tadinya belum pernah bertemu, mengingat setiap agen properti di Xynergy biasanya mengurus sekitar 200 klien.

“Acara yang lalu full house juga, tapi kapasitasnya nggak sebanyak ini, mungkin cuma sekitar 60-an, cuma setengahnya dari ini. Tapi kita sudah grow a lot bigger than when we first did. Dulu kita ada 400 landlord, sekarang sudah 800 landlord, sudah dua kali lipatnya. Jadi otomatis yang datang double juga. Ini saja belum semuanya, yang bisa datang cuma segini, cuma mungkin yang belum bisa datang hari ini bisa datang di acara berikutnya,” tambahnya.

Xynergy Realty yang berbasis di Melbourne, kini dijalankan oleh Bruce Oliver, Ivan Tandyo selaku co-founder, dan Junius Tjetje, setelah didirikan pada tahun 2008. Bruce mengaku bahwa mengharumkan nama sebuah perusahaan real estate di negara lain tidaklah mudah. Karena untuk membangun sebuah brand dari yang awalnya tidak ada dan untuk dikenal orang-orang lokal, mereka harus bersaing dengan manajemen properti lainnya di Melbourne yang jelas lebih besar dari mereka.

“Tantangannya obviously credibility-nya, kalau company baru yang orang belum kenal, walaupun kita sebenarnya nggak baru-baru juga, kita sudah running hampir 9 tahun, tapi kalau dibandingkan dengan yang sudah puluhan tahun di sini ya obviously mereka mungkin ada stigma kalau mau real estate berarti ke company-company yang mereka lebih kenal. Tapi itu yang membuat kita challenge diri. Kalau mereka bisa, kenapa kita nggak. Kita sendiri juga agresif di dalam marketing, kita enlarge our company, enlarge our capacity, our vision, pastinya kalau semua company mau menjadi besar kan pasti ada perencanaan didalamnya, jadi kita juga harus punya support system yang bagus juga, supaya kita bisa menjadi satu company yang lebih besar dan lebih baik di kemudian hari,” kata Bruce bangga.

Untungnya kini sudah banyak orang yang mengenal Xynergy Realty, terutama di kalangan komunitas Indonesia. Kendati demikian, Xynergy tidak hanya ingin dikenal di kalangan Indonesia saja, tapi juga di Australia, karena toh memang perusahaan ini berdiri di Australia. Jika mereka hanya ingin dikenal di kalangan Indonesia saja, itu merupakan hal yang mudah. Maka dari itu Xynergy ingin menjawab tantangan-tantangan tersebut untuk dapat bersaing dengan para perusahaan properti lokal.

“Caranya kita mesti jadi better dibanding mereka. Kalau mereka kasih 100 persen kita bisa 110 persen. When we make a promise, we have to deliver our promise, nggak cuma lip service. Kalau kita janji A berarti kita harus berikan A. We are also very strict dengan staff di Xynergy, kita make sure mereka equipped dengan skill yang mereka harus punya, work ethic, attitude, make sure they comply with our vision and goal, and at the end of the day it’s all about making the clients happy. Nggak mungkin kita bisa sempurna, tapi kita strive to be the best.

Untuk kedepannya, Bruce mengatakan pihaknya berencana mengadakan acara nobar ini secara rutin. Pastinya Xynergy Realty akan terus berkembang dan begitu juga para staff yang berada di dalamnya. “Karena itu memang cita-cita dan ambisi kita, kita mau supaya kita bisa menjadi suatu brand yang cukup dikenal di Australia,” tutupnya.

 

 

Sasha

 

APA KATA MEREKA

Adrian and Jodi
Adrian and Jodi

Adrian dan Jody Miles
We have been with Xynergy for only three months after they bought the real estate company we were previously with. About the event, I think any time you give things away, people enjoy it, especially movies, it’s good for married couples with kids to get out of the house, so I think it’s a good idea. And it’s a nice touch also with the food and drinks, there are also popcorn and choc tops, so I think it’s good and it would help establish Xynergy apart from other agencies, because for people who are looking for property agency, word of mouth is obviously a big part of putting your agency out there. The food was amazing; we couldn’t believe how fancier it is compared to normal finger foods. The little mini burgers were also really good so I’m genuinely surprised.

Wilson Ma
Wilson Ma

Wilson Ma
We have been with Xynergy for 5 years, since the beginning. I chose this company because it is right in the complex of my building so it makes sense, and so far good service. It’s good to speak with them. They’ve been looking after me. I think this event is good, socialization with the agent that looks after your property and it’s a good social event, and I think people will enjoy it. So far so good, although there’s not quite enough food today, because there are too many people and I came here late so I hardly had any food at all, but it’s okay.

Anton Hioe
Anton Hioe

Anton Hioe
Sama Xynergy sudah emapt tahun, awalnya milih Xynergy setelah kenalan sama Bruce, terus dia kasih tahu bakal bantu cari loan, sama cari rental properti, jadi ada partner-nya, rasanya sudah aman lah. Ini juga pertama kali saya ikut acara seperti ini, event-nya bagus, boleh deh kalau sering-sering. Sudah coba makanan dan minuman, bagi saya cukup sih, nggak tahu kalau menurut orang lain gimana, tapi menurut saya semuanya enak.