Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai tax return bagi non resident  (bukan penduduk) Australia. Apabila Anda merupakan penduduk asing Australia, maka Anda hanya perlu untuk melaporkan pajak apabila Anda memiliki penghasilan kena pajak di Australia.

Hal ini tidak termasuk penghasilan dimana pemotongan pajak non-penduduk telah dilakukan. Sebagai contoh adalah bunga bank dan unfranked dividen.

Jika Anda merupakan turis yang datang  mengunjungi Australia untuk bekerja dalam waktu yang singkat dan bukan merupakan penduduk Australia untuk keperluan pajak, akan tetapi Anda telah menerima gaji atau upah di Australia selama periode tersebut, maka Anda tetap harus melakukan lapor pajak.

Tahun pajak diAustralia berakhir setiap tanggal 30 Juni dan setiap wajib pajak harus melakukan pelaporan pajak sebelum tanggal 31 Oktober di tahun yang sama, kecuali si wajib pajak telah diberikan perpanjangan waktu untuk melakukan pelaporan di kemudian hari.

Apakah Anda harus membayar pajak (tax payable) ataupun mendapatkan pengembalian dana (refund) pada hasil akhir lapor pajak tergantung dari pajak yang telah dipotong selama Anda bekerja. Anda harus membayar pajak apabila pajak yang dipotong saat Anda bekerja tidak mncukupi. Akan tetapi jika pajak yang dipotong dari gaji Anda lebih banyak, maka Anda akan mendapatkan pengembalian dana.

Perbedaan Peraturan Pajak

Terdapat beberapa perbedaan peraturan pajak bagi penduduk dan bukan penduduk untuk urusan pajak.

Berikut ini peraturan pajak bagi bukan penduduk:

  • Membayar pajak atas semua gaji dan upah yang diperoleh di Australia.

Berikut ini merupakan tarif pajak bukan penduduk untuk Tahun Keuangan 2016/2017 & 2017/2018

Penghasilan Kena Pajak Jumlah pajak yang dikenakan
0 – $87,000 32.5c untuk setiap $1
$87,001 – $180,000 $28,275 ditambah 37c untuk setiap $1 yang melebihi  $87,000
$180,001 and over $62,685 ditambah 45c untuk setiap $1 yang melebihi $180,000
  • Dikenakan pajak sebesar 10% dari pendapatan bunga yang diperoleh dari rekening bank Anda di Australia. Pendapatan bunga ini tidak perlu dimasukkan sebagai penghasilan kena pajak, namun Anda harus menginformasikan alamat Anda di luar negeri kepada lembaga keuangan Australia tersebut sehingga Anda akan dikenakan pajak dengan tarif 10% atas pendapatan bunga yang Anda hasilkan, jika tidak maka pajak akan dikenakan sebesar 47% (mulai 1 Juli 2017).
  • Tidak perlu membayar Medicare Levy, akan tetapi Anda juga tidak berhak untuk mengklaim tunjangan Medicare.
  • Tidak berhak atas batas bebas pajak (tax free threshold) untuk penghasilan di bawah $18,200.
  • Telah dikenakan pajak dari unfranked dividen. Dividen tersebut tidak perlu dimasukkan sebagai penghasilan kena pajak, namun Anda harus menginformasikan alamat Anda di luar negeri kepada perusahaan Australia tersebut, kalau tidak maka pajak yang akan dikenakan sebesar 47%. Apabila Anda menerima franked dividen, maka tidak ada pajak yang ditahan dikarenakan perusahaan telah membayar pajak atas nama Anda. Dividen ini serta franking credits juga tidak dimasukan dalam penghasilan kena pajak
  • Tidak berhak untuk mengklaim offset pajak tertentu atau kredit pajak yang tersedia untuk penduduk
  • Diminta untuk melaporkan pendapatan sewa di Australia (jika ada) pada laporan pajak (tax return) Anda.

Apabila status Anda telah berubah selama tahun pajak dari penduduk menjadi bukan penduduk, maka Anda masih perlu untuk menjawab ‘ya’ untuk pertanyaan “Apakah Anda seorang penduduk Australia”, dikarenakan Anda masih menjadi penduduk Australia untuk sebagian tahun.

Hal tersebut untuk menjamin Anda dikenakan pajak dengan tarif pajak penduduk untuk sebagian tahun, dan selain itu juga kependudukan asing Anda untuk sebagian dari tahun tersebut diperhitungkan dengan penurunan batas bebas pajak (tax free threshold). Dalam kasus ini maka Anda berhak untuk pro-rata tax free threshold untuk jumlah bulan ketika Anda masih merupakan penduduk Australia.

 

 

Virda Ersan
SEA Accountants
m: 0434 378 718

Sumber: Australian Taxation Office
The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.