Perdebatan atas topik negative gearing nampaknya telah menjadi satu pembahasan yang tidak akan pernah lenyap. Salah satu pertanyaan penting yang sering dilontarkan adalah keuntungan riil yang bisa diperoleh dari kebijakan ini bila harga properti menjadi semakin tidak terjangkau dan merupakan masalah yang tengah mempengaruhi masyarakat kebanyakan.

Co-founder Xynergy Realty, Bruce Oliver

Berikut adalah opini dari co-founder Xynergy Realty, Bruce Oliver atas isu negative gearing dan apa yang sebaiknya dilakukan oleh pemerintah untuk menjamin keuntungan maksimal bagi pemilik rumah ataupun investor.

Satu hal yang perlu dicermati adalah setiap perubahan yang dikenakan terhadap kebijakan Federal (Pemerintah Pusat) akan mempengaruhi seluruh negeri, meskipun keterjangkauan perumahan hanya menjadi masalah di beberapa negara bagian.

Pemerintah tidak seharusnya menyebabkan harga perumahan turun secara drastis apabila keadaan pasar properti sedang berada di posisi stabil dan terjangkau. Hal ini terutama harus dihindari di Sydney dan Melbourne dimana harga properti mulai pulih. Dikurun waktu terakhir ini, pertumbuhan harga rumah telah melambat, namun demikian masih diprediksikan untuk terus meningkat. Hal ini berati, bila pemerintah ingin mengajukan perubahan, perencanaan pengajuan tersebut harus dilaksanakan secara hati-hati.

Kebijakan negative gearing harus dijaga dan tidak dapat dihapus secara langsung. Kita semua mengetahui dari pengalaman bahwa negative gearing membawa dampak siginifikan di pasar properti. Seperti yang terjadi saat pemerintahan Hawke, dimana kebijakan negative gearing sempat dihapus meskipun hanya untuk sementara.

Bila negative gearing dihapuskan, maka bagi mereka yang memiliki investasi properti kemungkinan besar tidak lagi dapat menikmati nilai dari investasi tersebut. Kemungkinan hal ini terjadi adalah sangat tipis, terutama saat negative gearing juga menguntungkan kebanyakan para pembuat keputusan di parliamen. Politisi secara umum tergolong dalam kelas sosial ekonomi yang lebih tinggi dari masyarakat lainnya dan kebanyakan dari mereka memiliki lebih dari satu investasi properti.

Investigasi yang dilakukan oleh ABC di tahun 2017 menemukan bahwa politisi Federal rata-rata memiliki 2.4 properti per individu. Sebaliknya, sensus di tahun 2016 yang mengungkapan bahwa jumlah penyewa semakin meningkat dan sebaliknya, pemilik rumah semakin menurun. Maka daripada itu, stabilitias harga rumah sangat penting untuk dicapai. Namun demikian, tak dapat dielakkan bahwa banyak juga golongan yang menggunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kekayaan mereka melalui apresiasi harga properti.

Pemerintah tidak dapat menghapus poin-poin terlalu banyak dari regulasi negative gearing yang berjalan saat ini. Banyak orang telah memiliki investasi properti melalui jalur hipotek. Mereka mengambil hutang dengan asumsi bahwa mereka dapat diuntungkan oleh kebijakan negative gearing.

Hal seperti maintenance juga sebaiknya tidak dihapuskan. Bila pemilik rumah atau investor tidak dapat mengklaim nilai guna pajak sebagai bagian dari deduksi pajak tahunan, mereka akan cenderung memilih untuk tidak menyisihkan waktu dan uang terlalu banyak untuk merawat properti tersebut. Bila kebijakan ini dihapuskan, maka harga properti akan semakin tertekan dan terutama bagi properti yang terletak di daerah kurang berkembang.

 It’s a fine line that can easily break and we shouldn’t stray too far from the centre, where things are currently sitting.”

Keuntungan dan manfaat negative gearing yang lebih besar juga dikarenakan adanya properti baru dan off-the-plan untuk mendorong peningkatan pasokan rumah. Melalui hal ini investor dapat mempromosikan pembangunan rumah baru yang akan sekaligus mengimbangi kenaikan harga rumah di pasar secara keseluruhan.

Mencapai stabilitas yang tepat memanglah tidak mudah, akan tetapi bila target itu tercapai maka banyak orang akan diuntungkan, terutama bagi para pembeli rumah pertama. Bila jumlah yang tepat diambil dari negative gearing, maka hal itu akan meningkatkan pendapatan pajak. Dana tersebut dapat digunakan oleh pemerintah untuk dialokasikan ke insentif pemeritah lainnya.

Saran saya adalah pemerintah sepatutnya mencoba untuk memulai menjalankan perubahan-perubahan tersebut secara kecil dan berkala. Bagaimanapun juga, meskipun ada kemungkinan bahwa investor akan dirugikan, namun saat ini adalah saat yang tepat untuk memperbaiki krisis keterjangkauan properti sehingga generasi muda Australia dapat mencapai impian mutlak mereka, yaitu memiliki rumah hunian pribadi.

 

 

***

Xynergy Realty dapat memberikan saran dan petunjuk atas semua pertanyaan Anda di seputaran industri properti. Kami menawarkan servis konsultasi profesional bagi pembeli rumah pertama maupun investor. Hubungan erat kami dengan pengembang-pengembang ternama memperkenankan kami untuk mendapatkan pilihan properti-properti terbaik di Australia, terutama Melbourne. Layanan mortgage broking kami dapat membantu Anda untuk mendapatkan dana pinjaman. Mulai dari perencanaan, pengaturan, dan pendapatan pinjaman, kami dapat memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila Anda memerlukan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di kantor cabang Xynergy Realty terdekat.

***

 

 

Alain Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B. Ec (Fin), FIML.
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Licensed Estate Agent
Harvard University Scholar
(e.) [email protected]

Tanya Tjahjosarwono, B.Bus (MKT), M. ADV MKT.
Co-property Writer
Marketing Communications Officer
(e.) [email protected]

Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property management dan home/ commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli properti. Xynergy Realty tidak bekerjasama dalam bentuk apapun dengan perusahan-perusahaan / brand-brand yang disebutkan dalam artikel di atas. Xynergy Realty tidak bertanggung jawab atas kehilangan, kerugian yang pembaca derita dalam bentuk apapun.