Bagi kalian pencita buku komik, mungkin sudah menunggu-nunggu acara yang diadakan pada 27 hingga 28 Juni di Melbourne ini. Namun tentunya kini Comic-Con tidaklah hanya mengulas seputar komik saja, melainkan juga menghadirkan pameran dari berbagai bentuk dari pop-culture termasuk acara TV, video games dan film-film bioskop.

Di acara ini kalian pun dapat bertemu dengan tokoh-tokoh di balik layar Hollywood serta para aktornya dalam panel wawancara, sesi foto dan sesi tandatangan.

Oz Comic-Con sendiri pertama kali diadakan di tahun 2011 dan telah berhasil menghadirkan panel yang menginspirasi para pendatang. Di tahun ini, Oz Comic-Con Melbourne mengundang Stephen Hunter dari The Hobbit, David Wenham dari Lord of The Rings, Dean Rankine yang merupakan salah satu pengarang komik The Simpsons, Stewart Mckenny yang hasil karyanya telah dipublikasikan oleh Marvel dan DC, dan masih banyak lagi.

Sebelum menghadiri acara yang akan dipenuhi penggemar pop-culture ini, tentunya ada baiknya mengenal lebih dalam mengenai Comic-Con dan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berkunjung.

Apa itu Comic-Con?

Comic Con merupakan singkatan dari Comic Convention; yang kita sadari dari namanya merupakan konvensi bagi para pengarang dan pencinta komik untuk berdiskusi dan berbagi inspirasi. Kini tema Comic Con menjadi lebih luas, yaitu segala bentuk Pop-Culture yang disukai masyarakat. Para pengunjung pun semakin bertambah jumlahnya, terutama dengan semakin popularnya film-film bertema superhero yang diangkat dari cerita komik. Dikabarkan jumlah pengunjung yang datang ke suatu konvensi ini dapat mencapai lebih dari 100ribu orang.

Comic Con pertama kali diadakan di New York pada tahun 1964, dan mulai popular di tahun 80an. San Diego Comic-Con yang sangat terkenal sendiri muncul pertama kali di tahun 1970 dengan jumlah peserta sekitar 300 orang. Sedangkan nama Comic-Con (dengan strip), dipatenkan oleh San Diego Comic-Con sebagai trademark mereka sehingga konvensi dari perusahaan lainnya tidak diperbolehkan menggunakan istilah tersebut.

Apa itu Cosplay?

Comic Con tidak mungkin terlepas dari keberadaan tradisi Cosplay yang kini semakin diminati oleh para fans. Cosplay yang berasal dari Jepang merupakan singkatan dari Costume Play, yang berarti meniru gaya berpakaian dan riasan seorang tokoh baik dari komik, TV, layar lebar maupun games.

Di tahun ini, Oz Comic-Con yang diadakan di Melbourne Convention & Exhibition Centre tidak mau ketinggalan mendorong pengunjungnya untuk berpartisipasi. Terdapat beberapa lomba cosplay yang bisa diikuti, salah satunya merupakan Oz Comic-Con Championship yang berskala nasional dan bahkan internasional karena akan merepresentasikan Australia di 2016 C2E2 Crown Championship of Cosplay, Chicago. Tentunya kalian tidak perlu mengikuti lomba untuk tetap menggunakan kostum kalian saat mengunjungi acara ini. 

Bagaimana cara mengikuti acara di Oz Comic-Con?

Oz Comic-Con menyediakan berbagai acara dan cenderamata yang dapat kalian beli bersama tiket masuk. Harga yang ada beragam, mulai dengan standtar satu hari AU$30 sampai tambahan acara makan bersama tamu undangan yang bisa mencapai lebih dari AU$200.

Untuk informasi acara dan lomba silahkan mengunjungi situs resmi mereka http://www.ozcomiccon.com/home/

Hal yang terpenting saat mengunjungi Comic-Con tentunya adalah untuk bersenang-senang dan menikmati eksibisi yang telah dipersiapkan. Oleh karenanya, ikutilah tips di bawah ini untuk memaksimalkan keseruan pengalaman kalian.

 

*** Tips bagi pengunjung Comic Con ***

  • Berangkat lebih pagi jika kalian berkendara agar mendapat tempat parkir; atau lebih baik menggunakan kendaraan umum seperti tram atau train.
  • Menggunakan sepatu yang nyaman karena ada banyak sekali booth dan panel yang akan kalian ingin kunjungi.
  • Siapkanlah budget sebelum mengunjungi Comic Con manapun. Kalian akan dihadapkan dengan berbagai merchandise film atau komik kesukaan kalian dengan harga menggiurkan.
  • Bersikaplah sabar dan hormati orang-orang walau mereka memiliki minat atau pendapat yang berbeda mengenai topik favorit kalian.
  • Membaur dan berkenalan dengan orang-orang di sekitar. Inilah kesempatan kalian untuk menemukan dan berteman dengan orang-orang yang memiliki hobi dan kesukaan serupa!

 

 

gaby