Pasar Rakjat kembali hadir, lengkapnya dinamakan Pasar Rakjat Vol. 2. Berlokasi di aula KJRI Perth, stall makanan berjejer dengan harga miring, mulai dari yang baru hingga yang sudah punya nama dan melegenda. Sebanyak 19 stall didirikan, 18 berupa stall kuliner dan 1 stall mempromosikan produk Indonesia. Masakan-masakan sederhana disajikan, tetapi lezat untuk disantap.

Aneka jajanan tradisional bangsa dapat ditemui di Pesta Rakjat

Ada pula panggung hiburan yang diisi oleh penghibur muda. Pengunjung juga dapat bercengkrama seraya mendengarkan lantunan lagu-lagu populer yang akrab di telinga. Penampilan spektakuler dari Koplo Plus Perth sukses membuat masyarakat bergoyang. Hari Minggu 16 September lalu, Pasar Rakjat padat diikunjungi warga Indonesia yang berdomisili di Perth dan sekitarnya.

Bermula dari kegiatan penggalangan dana untuk acara Natal yang digerakkan oleh PanBers Natal (Panitia Bersama Natal) biasanya berdekatan dengan Hari Kemerdekaan, sejak tahun lalu Pasar Rakjat jadi salah satu acara yang ditunggu-tunggu. Tidak semata-mata menggalang dana, menurut Galt, Ketua Panitia Panbers Natal, Pasar Rakjat Vol. 2 juga jadi ajang bagi masyarakat untuk bersilaturahmi dengan komunitas-komunitas Indonesia yang ada di Australia Barat ini, khususnya Perth. Terbukti meskipun dana yang dikumpulkan adalah untuk mempersiapkan acara Natal, semua elemen masyarakat turut hadir dan bergotong royong menyukseskan acara.

Pasar Rakjat Vol 3?

Kesuksesan acara ini memang tidak lepas dari bantuan semua lini masyarakat, mulai dari pihak KJRI yang bersedia menyediakan tempat hingga partisipasi masyarakat untuk hadir. Apakah dengan begitu Pasar Rakjat sudah dipastikan akan kembali digelar tahun depan? Galt sebagai penggagas memastikan bahwa Pasar Rakjat akan kembali, namun konsepnya tak lagi menggunakan “Vol” atau “volume”.

Warga Indonesia yang berdomisil di Perth dan sekitarnya tumpah ruah hadir ke KJRI Perth

Untuk sementara waktu, Tim Buset terlarut dalam alunan musik khas nusantara yang terdengar keras dari sudut Jalan Adelaide Terrace. Bagi orang yang melintas, mungkin mereka berpikir tengah diadakan pesta megah. Kenyataannya, pesta dari rakyat untuk rakyat tengah berlangsung. Sebuah kebersamaan yang seharusnya memang dijaga erat dan gaungnya terdengar hingga jauh.

 

 

Apa Kata Mereka

 

SandoresMahasiswa dan koki

Acara ini adalah kesempatan bagi masyarakat untuk menjalin silahturahmi. Saya sangat tertarik untuk hadir dalam Pasar Rakjat berikutnya.

 

Luri Perawat

Acara ini bagus. Dalam acara ini kita dapat saling kenal dengan warga Indonesia lainnya, mencicipi makanan Indonesia, dan obat kangen terhadap Indonesia.

 

Maria Margaretha Doy – Ketua organisasi masyarakat

Acara ini dapat mempererat berbagai komunitas Indonesia dan terjalin komunikasi yang baik bagi sesama masyarakat Indonesia.

 

 

 

Kevinng