Suatu pagi buta di sebuah akhir pekan, segerombolan anak muda tampak giat menata sebuah kios sementara di Camberwell Sunday Market. Dihiasi tawa yang renyah, tetesan air hujan dan suhu udara yang dinginnya menusuk tulang pun tidak dapat memudarkan semangat mereka. Satu demi satu, kardus-kardus berisikan barang sumbangan yang telah dikumpulkan selama beberapa bulan belakangan diturunkan dari mobil dan van yang telah mereka siapkan hari sebelumnya. Berbagai jenis pakaian, sepatu, buku-buku, alat elektronik dan pernak-pernik lainnya tersedia bagaikan sebuah toserba (toko serba ada).

Bahkan sebelum matahari menunjukkan batang hidungnya pun, sudah banyak pembeli yang lalu lalang. Umumnya dengan sebuah senter di satu tangan dan tangan lainnya memilih-milih barang sembari menawar harga. Kerapkali penawaran tersebut diterima dengan tangan terbuka oleh anak-anak muda ini.

Anak-anak muda ini adalah anggota tim pencarian dana Persekutuan Doa Keluarga Katolik Indonesia di Melbourne (PDKKI Melbourne). PDKKI adalah perkumpulan anak-anak muda Katolik yang berdomisili di Melbourne. Perkumpulan yang telah resmi terbentuk sejak tahun 1998 ini berdiri di bawah naungan Keluarga Katolik Indonesia (KKI). Acara rutin diadakan seminggu sekali pada setiap hari Sabtu sore pukul enam petang. Kegiatan yang diadakan mencakup berbagai segi kehidupan rohani Katolik, dimulai dari doa bersama, pujian dan penyembahan (praise and worship), adorasi, misa, sharing dan juga pengajaran.

BUSETngeliput-pdkki-1Sebagai organisasi nirlaba, PDKKI seringkali mengadakan kegiatan penggalangan dana. Dana yang terkumpul kemudian disalurkan untuk acara-acara pembangunan dan pembentukan rohani para anggotanya. Nah, acara PDKKI kali ini ditujukan untuk menutup selisih dari anggaran acara retret bulan September yang lalu.

Acara penggalangan dana yang diadakan pun sangat beraneka ragam. Dimulai dari bazaar makanan Indonesia, sampai pre-order makanan dan cemilan lezat khas Indonesia seperti bacang, bika ambon, spikoe Surabaya dan lain-lain. Bukan hanya kebutuhan mulut dan perut saja yang terpenuhi, kesehatan jasmani juga tidak terlupakan. Untuk itu, acara outing berupa hiking juga sering diadakan. Berbagai tujuan wisata di Victoria yang sudah dijelajahi misalnya Werribee Gorge State Park dan Erskine Falls di Lorne.

Upaya penggalangan dana PDKKI tidak hanya terbatas sampai situ saja, bahkan menjual barang kelontong di kios sementara Camberwell Sunday Market pun dijalani. Acara penggalangan dana seperti ini tidak hanya membawa dampak positif bagi PDKKI, lho. Tidak sedikit pengunjung yang datang membeli barang-barang untuk kemudian dikirimkan ke panti asuhan di luar Australia pilihannya. Barang jualan yang berkualitas ini dimungkinkan oleh kerja keras anggota tim Garage Sale PDKKI. Mereka turun tangan sendiri dalam memilah-milah barang sumbangan layak pakai yang kemudian dijual kembali dengan harga yang sangat terjangkau. Seorang pengunjung bahkan berpendapat,”usaha fundraising kalian sangat kreatif ya. Hebat deh!”

BUSETngeliput-pdkki-3Cuaca pada hari itu memang diawali hujan selama beberapa jam pertama. Namun alangkah baiknya, hal tersebut tidak mematahkan semangat anak-anak muda ini. Sebab menjelang penghujung hari, cuaca kian membaik dan pengunjung tak henti-hentinya mengerubungi kios PDKKI, hingga hampir ludes semuanya! Segala upaya dan semangat para pemuda pemudi ini tidak sia-sia sedikit pun. Pada hari itu mereka sukses mengocek dana hampir $700!

Sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh penyelenggara Camberwell Sunday Market, Balwyn Rotary Club, PDKKI sudah selesai berkemas sebelum pukul satu siang. Ada pula sedikit barang layak pakai yang masih tersisa disumbangkan ke Australian Red Cross. Acara penggalangan dana ini pun diakhiri dengan doa penutup singkat dan dengan kompak mereka bersorak, “All for Jesus!!”

****

 

 

Acara Outing PDKKI (penutup akhir tahun):
Cherry picking di Red Hill Cherry Farm (3 December 2016)

Info:
https://www.facebook.com/events/1261499780582766/

 

Ingin tahu lebih lanjut mengenai kegiatan PDKKI?
Informasi lebih lengkap dapat diperoleh melalui:
www.pdkki.org
www.facebook.com/pdkkimelb
www.instagram.com/pdkkimelbourne

 

 

Ishie