Album: “Budaye Kite” OST Budaye Kite, Temu Lawak 2016

Lagu bangsa, suara bangsa untuk bangsa adalah motto utama bagi Vanessa dan kawan-kawan untuk memiliki tekat bulat menciptakan album perdana mereka, “Budaya Kite”. Seperti yang diketahui, musik adalah sebuah media yang dapat menjadi penyatu dan penyemangat suatu bangsa. Oleh karena itulah wanita kelahiran tahun 1995 bersama kawan-kawannya itu menyempatkan diri menghasilkan karya untuk Indonesia di tengah kesibukan mereka sebagai pelajar di Australia. Lagu-lagu tersebut menceritakan perjuangan Indonesia dan bagaimana seharusnya para mahasiswa Indonesia memiliki tekat yang tangguh untuk memajukan Nusantara.

Awalnya, album “Budaya Kite” ini dibuat hanya sebagai kenang-kenangan untuk para pemeran yang telah terlibat dalam drama komedi musikal Temu Lawak: Budaye Kite garapan PPIA Victoria Agustus silam. Akan tetapi, karena banyaknya permintaan dan respon positif dari penonton, Vanessa dan kawan-kawan akhirnya memutuskan untuk mempublikasikan rekaman soundtracks ini dalam bentuk CD yang dapat dibeli secara pesanan. Album ini pun dapat langsung diakses melalui aplikasi online Spotify dan iTunes.

Pembuatan album tersebut sekaligus bertujuan sebagai wadah bagi pelajar Indonesia di kota Melbourne untuk mengembangkan bakatnya dalam bidang musik, bukan untuk dijadikan bisnis yang mengejar profit. Adapun setiap hasil penjualan yang didapat akan langsung dikembalikan untuk menutupi biaya produksi.

Vanessa (depan, tengah) bersama kawan-kawan
Vanessa (depan, tengah) bersama kawan-kawan

Selain itu, publik juga dapat membeli buku cerita drama musikal “Budaye Kite” yang dipadukan dengan ilustrasi karya Emily Pribadi. Buku cerita ini dirancang dengan konsep gambar yang menyerupai buku cerita anak dan disesuaikan agar dapat membantu para pembeli untuk mengetahui plot cerita secara umum dari album “Budaya Kite”.

Waktu produksi yang dibutuhkan termasuk cepat, yakni hanya tiga minggu. Lagu-lagu soundtrack dari drama musikal ini pun sangat ringan untuk didengarkan. Disamping itu, pembuatan album juga dapat dijadikan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap orang yang terlibat didalamnya, termasuk para aktor drama “Budaye Kite”. Meskipun Vanessa menyadari bawha apa yang ia dan timnya telah buat masih banyak kekurangan, tetapi setidaknya mereka telah memberikan kontribusi kecil pada Tanah Air tercinta.

Seperti judulnya, tembang yang terdapat di dalam album “Budaye Kite” ini memiliki sentuhan Betawi. Misalnya saja lagu Budaya Kekinian yang menggambarkan kebiasaan anak-anak muda jaman sekarang yang terlalu mempedulikan keberadaan media sosial. Ada pula lagu bertajuk Tinggalin Tanah Aer yang mengisahkan perselisihan antara seorang kakek dengan cucunya dimana sang kakek sangat menginginkan si cucu untuk kembali memajukan Indonesia setelah menyelesaikan studi di Australia. Namun si cucu bersikeras untuk tetap tinggal di Melbourne dan bekerja demi mendapatkan nasib yang lebih baik.

Dengan adanya album ini, segenap tim “Budaya Kite” berharap dapat menginspirasi banyak orang untuk mulai berkarya seni secara orisinil. Pasalnya, banyak sekali orang Indonesia yang kreatif dan punya kemampuan, akan tetapi tidak diimbangi dengan keberanian untuk berkarya. “We don’t have to be great to start but we have to start to be great.” Vanessa percaya bahwa ucapan ini amat tepat untuk anak bangsa yang masih ragu dan bingung untuk menyalurkan bakat-bakat terpendam mereka.

 

 

 

Sound Engineer:
Michelle Febriani

Illustrator and Designer:
Emily Pribadi

Music Director:
Vanessa Tunggal

Songwriters:
Vanessa Tunggal, Hafizhah Chandra, Jeremy Lasiman

Lyricist:
Hadyus Santoso

Artists:
Denisa Dea Denanda, Hadyus Santoso, Yudhie Karundeng, Jennifer Lie, Evacecilia, Indra Wahyudi, Azuraa Datau, Adelline Callista, Ajie Sejati, Theresia Devina, Adrian Zandri, Bara Adiarto, Jason Heriawan, Elizabeth Jocelyn, Dessy Fabella, Lidya Ertanto, Dionysia Evitaputri, Albertus Yudhistira, Berlina Halim, Elizabeth Rusli.

 

 

Daftar lagu:

Budaye KiteTanah Air (Ibu Sud)
Budaye Kite Prologue
Budaye Kite (Opening Act)
Budaye Kite Epilogue
Pelajar Melbourne
Sambalado Battle
Cuaca Melbourne
Budaya Kekinian
Budaya Kekinian Reprise
Tinggalin Tanah Aer
Tinggalin Tanah Aer Reprise
Budaye Kite Reprise
Budaya Kita (Closing Act)

 

 

Untuk pemesanan album, silahkan email ke: [email protected]

 

 

Nys