Sistem perpajakan di Australia merupakan self-assessment system dimana para wajib pajak melakukan pelaporan pajak berdasarkan perhitungan sendiri. Namun demikian untuk menghindari adanya kecurangan pajak, maka Australian Taxation Office (ATO) melakukan pencocokan data (data matching) dengan perusahaan, pemilik bisnis, lembaga keuangan, perusahaan asuransi swasta, serta instansi pemerintah. Dimana lembaga dan instansi tersebut menginformasikan kepada ATO mengenai rincian pendapatan yang diterima oleh wajib pajak, besarnya pajak yang dipotong (PAYG Withholding) serta data lainnya yang berhubungan dengan pajak. Penyediaan informasi ini diwajibkan oleh hukum.

ATO melakukan pencocokkan data antara data yang mereka peroleh dengan rincian yang wajib pajak laporkan pada pelaporan pajak (tax return). Apabila ATO mengidentifikasi adanya perbedaan, maka mereka akan mengirimkan surat pemberitahuan yang menguraikan perbedaan tersebut.

Jenis surat pencocokan data yang akan diterima wajib pajak tergantung dari jenis perbedaan yang diidentifikasi oleh ATO.

Surat tersebut nantinya akan menunjukkan tahun keuangan yang bersangkutan dan juga mencakup informasi yang diberikan oleh siwajib pajak pada tax return, data yang relevan ATO pegang serta jumlah perbedaan yang teridentifikasi.

Beberapa contoh pencocokan data yang dilakukan oleh ATO adalah data yang berhubungan dengan:
• Pajak keuntungan modal
• Pendapatan dividen
• Pendapatan gaji
• Pendapatan bunga
Offset
• Biaya sewa

  • Medicare Levy Exemption
  • Medicare Levy Surcharge

Apa yang harus dilakukan jika Anda menerima surat pencocokan data?

Apabila menerima surat pencocokan data dari ATO, maka Anda perlu meninjau kembali catatan Anda. Dimana Anda harus membandingkan informasi yang terdapat dalam surat pencocokan data tersebut dengan catatan Anda (misalnya, laporan dari bank dan asuransi kesehatan swasta).
Jika Anda setuju dengan informasi di surat pencocokan data

Maka Anda tidak perlu menghubungi ATO, karena pada akhir periode yang ditentukan dalam surat tersebut, ATO akan secara otomatis mengirimkan amandemen penilaian.

ATO secara berkelanjutan akan memeriksa atas informasi yang hilang, tidak akurat ataupun tidak lengkap pada tax return Anda. Apabila Anda tidak melaporkan keseluruhan pendapatan yang Anda hasilkan, maka besar kemungkinan Anda akan menerima surat pencocokan data lagi di masa depan.

Jika Anda tidak setuju dengan informasi di surat pencocokan data

Maka Anda perlu menghubungi ATO dalam jangka waktu yang ditentukan dalam surat pencocokan data tersebut. Kemungkinan ATO akan meminta Anda untuk memberikan dokumen pendukung.

Jika Anda melakukan tax return melalui tax agent

Maka Anda bertanggungjawab untuk semua informasi tentang tax return Anda, walaupun tax agen yang mempersiapkannya untuk Anda, namun merupakan tanggungjawab Anda untuk memastikan informasi yang diberikan di tax return adalah akurat dan lengkap. Pastikan Anda menginformasikan semua fakta yang relevan kepada tax agent Anda. Anda diharapkan untuk jujur dalam ​​menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh tax agent mengenai persiapan tax return Anda.

Amandemen Penilaian

Jika terdapat penyesuaian yang diperlukan dalam tax return Anda, maka ATO akan menerbitkan amandemen atas surat penilaian (notice of assessment) yang mana menginformasikan kepada Anda berapa jumlah hutang pajak yang harus dibayarkan serta bagaimana cara pembayarannya.

Apabila Anda tidak merespon dengan informasi tambahan dalam jangka waktu yang ditentukan dalam surat pencocokan data, maka ATO akan menerbitkan amandemen surat penilaian.

Jika ATO menerbitkan amandemen surat penilaian atas tax return Anda dan sebagai hasilnya terdapat sejumlah hutang pajak, maka ATO akan memberitahu Anda bagaimana cara untuk membayarnya. Selain itu, tanggal jatuh tempo untuk pembayaran adalah 21 hari setelah ATO memberitahukan Anda tentang jumlah hutang pajak.

 

Penjelasan tertulis

Anda berhak untuk meminta penjelasan tertulis mengenai penyesuaian yang dilakukan atas tax return anda. Anda dapat menghubungi ATO untuk meminta penjelasan atas hal tersebut.

 

Virda Ersan
SEA Accountant
Sumber: Australian Taxation Office

The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.