Kita baru saja melewati akhir tahun keuangan yang jatuh pada tanggal 30 Juni 2015, dimana kini saatnya untuk melakukan rutinitas tahunan yaitu melaporan pajak penghasilan (tax return) untuk semua wajib pajak.

Wajib pajak harus melaporkan semua penghasilan yang mereka terima, termasuk pendapatan atas investasi yang ada.

Artikel kali ini akan memberikan sedikit gambaran mengenai pendapatan investasi yang meliputi :

–                 Bunga (interest)
–                 Dividends
–                 Pendapatan Sewa (rent)
–                 Managed Investment Funds
–                 Capital Gains

Pada umumnya Anda harus melaporkan semua pendapatan investasi baik yang dibayarkan langsung kepada Anda ataupun yang dibayarkan melalui distribusi dari partnership ataupun trust.

 

Bunga (interest)

Apabila Anda merupakan penduduk Australia dan menerima bunga dari investasi, maka Anda harus melaporkan bunga tersebut sebagai bagian dari pendapatan. Pendapatan bunga yang dimaksud diantaranya meliputi:

  • bunga yang diperoleh dari rekening tabungan bank dan deposito berjangka
  • bunga yang diperoleh dari rekening tabungan anak (apabila Anda membuka rekening tabungan untuk anak dan dana di rekening tersebut milik Anda, atau jika Anda menggunakan dana di rekening tersebut)
  • bunga yang dibayar atau dikreditkan kepada Anda oleh Australian Taxation Office
  • bonus asuransi jiwa (Anda mungkin berhak untuk offset pajak sebesar 30% dari jumlah bonus tersebut)
  • bunga dari sumber-sumber asing (Anda mungkin berhak untuk offset pajak jika penghasilan tersebut telah membayar pajak).

 

Dividen

Dividen dapat dibayarkan kepada Anda dalam bentuk uang atau bentuk properti lainnya, termasuk saham. Jika Anda dibayar atau dikreditkan dengan bonus saham (bonus shares), maka perusahaan yang menerbitkan saham biasanya menyediakan surat yang menunjukkan apabila bonus saham tersebut memenuhi syarat sebagai dividen.

Pendapatan dividen biasanya dibayarkan dari:
o perusahaan terbuka
o perusahaan unit trust
o perusahaan kemitraan terbatas (dalam bentuk distribusi).

Beberapa dividen memiliki imputasi atau franking kredit yang mana harus Anda laporkan pada saat melakukan tax return. Apabila sebuah perusahaan memberikan Anda dengan franking dividen, maka Anda pada umumnya berhak untuk offset pajak atas franking credit tersebut.

 

Pendapatan sewa

Anda harus melaporkan keseluruhan jumlah dari setiap pendapatan sewa ataupun pembayaran sewa lainnya  yang telah atau berhak anda terima pada saat tax retun.

Pembayaran sewa lainnya tersebut meliputi diantaranya:
o uang jaminan sewa (bond) jika Anda menjadi berhak mendapatkannya
o pembayaran asuransi yang mengkompensasi Anda atas kehilangan hak sewa
o uang penggantian dari penyewa untuk menutupi biaya perbaikan kerusakan properti sewa (di tax return Anda harus menyertakan seluruh jumlah yang Anda terima dari penyewa pada bagian pendapatan dan mengklaim pengurangan atas biaya dari perbaikan).

Jika Anda menerima barang dan jasa sebagai pengganti pendapatan sewa, maka Anda harus menyatakan dalam nilai moneternya.

 

Kepemilikan bersama

Apabila Anda memiliki properti sewa yang merupakan gabungan kepemilikan bersama dengan orang lain atau jika Anda memiliki saham dalam kemitraan (partnership) yang menjalankan bisnis sewa properti, maka pada saat tax return Anda hanya perlu untuk melaporkan pendapatan sewa serta mengklaim biaya pengurang berdasarkan jumlah porsi/bagian kepemilikan Anda atas properti sewa tersebut.

 

Trust

Anda harus melaporkan semua pendapatan atau kredit yang Anda terima dari setiap produk investasi trust pada saat tax return. Beberapa contohnya yaitu pendapatan atau kredit dari cash management trust, mortgage trust, unit trust, managed fund.

 

Capital Gain

Pada umumnya, capital gain merupakan perbedaan antara biaya dasar aset (jumlah yang Anda bayarkan untuk memperoleh aset tersebut) dengan jumlah yang Anda terima pada saat Anda menjualnya.

Anda juga dapat membuat capital gain jika managed fund atau unit trust mendistribusikannya untuk Anda.

Di tax return, capital gain diperlakukan sebagai bagian dari total pendapatan Anda dan tidak dikenakan pajak secara terpisah.

 

 

Virda Ersan
SEA Accountant
Sumber: Australian Taxation Office
[alert color=”C2BC9D” icon=”9888″]The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.[/alert]