Heavy Menstrual Bleeding (HMB) adalah masalah umum yang memiliki prevalensi 1 dari 3 wanita. Hal tersebut menjadi salah satu alasan paling umum mengapa seorang wanita mengunjungi dokter atau bahkan dokter kandungan mereka. Walaupun hal ini (hampir) tidak pernah membahayakan kehidupan, HMB dapat menyebabkan berbagai masalah untuk seorang wanita baik secara fisik, emosional, maupun sosial.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh wanita yang mungkin mengalami masalah ini.

Seberapa banyak pendarahan yang tergolong berat?

Setiap wanita mengalami pendarahan dalam jumlah yang berbeda selama menstruasi dan memiliki persepsi yang berbeda tentang seberapa banyak mereka mengalami pendarahan. Beberapa wanita perlu mengganti pembalut setiap 1-2 jam selama menstruasi mereka, dan berpikir bahwa hal tersebut normal, sementara yang lain mengalami pendarahan yang lebih sedikit dan merasa bahwa menstruasi mereka berlebihan. Menstruasi berat merupakan sebuah masalah jika wanita itu merasa bahwa hal itu adalah masalah bagi mereka. Menstruasi yang berat juga sering dikaitkan dengan menstruasi yang menyakitkan. Jika Anda merasa bahwa Anda mudah lelah, tinggal di rumah karena takut sakit atau pendarahan berat selama menstruasi Anda, merasa malu di tempat kerja, ini adalah masalah yang perlu ditangani.

Apa penyebab menstruasi berat?

Penyebab yang paling umum adalah ketidakseimbangan hormon – Dysfunctional Uterine Bleeding (DUB). Sulit untuk mengukur dan menentukan ketidakseimbangan hormon, karena kadar hormon (estrogen dan progesteron) kian berubah sepanjang siklus menstruasi, dan tingkatnya berbeda antara setiap individu. DUB adalah hal umum yang dijumpai pada awal pubertas (pada remaja) dan sebelum menopause (pada wanita berusia empat puluh ke atas).

Penyebab lain menstruasi berat adalah fibroid (pertumbuhan jinak di dalam rahim), polip, endometriosis dan adenomiosis, polycystic ovarian syndrome (PCOS), gangguan pembekuan (sulitnya penggumpalan darah dalam tubuh), infeksi (seperti klamidia), dan endometrium hiperplasia atau kanker (jarang menjadi penyebab menstruasi berat tetapi sangat perlu diwaspadai).

Tes apa yang perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab dari menstruasi yang berat?

USG – Mengamati rahim, lapisan internal dan ovarium adalah tes yang paling berguna. Tes ini mampu mendeteksi fibroid, polip, endometriosis dan adenomiosis (jika parah).

Tes darah juga dapat dilakukan untuk mengetahui tingkat hormon dalam tubuh (seperti pada polycystic ovarian syndrome), gangguan pembekuan, dan juga jumlah darah (Full Blood Count) dan zat besi.

Swabs (penyekaan) akan dilakukan jika infeksi dicurigai. Pap smear (tes screening rutin untuk kanker serviks) juga dapat dilakukan jika terlambat (biasanya dilakukan setiap 2 tahun di Australia).

Sampling dari lapisan internal rahim mungkin diperlukan pada wanita dengan risiko tinggi hiperplasia endometrium (pertumbuhan berlebih dari lapisan internal rahim) atau kanker. Faktor yang membuat hal ini berisiko adalah: usia melebihi 40 tahun, obesitas, tidak berovulasi teratur – seperti dalam polycystic ovarian syndrome.

Perawatan apa yang perlu dilakukan untuk mengurangi atau menghentikan pendarahan?

Kabar baiknya adalah menstruasi berat dapat diobati dengan mudah. Ada banyak pilihan pengobatan, dan mudah-mudahan ada satu yang sesuai dengan Anda. Pengobatan umumnya dapat ditawarkan melalui obat-obatan atau operasi.

Obat-obatan pengurang rasa sakit (NSAID) seperti Ponstan dapat dikonsumsi untuk mengatasi menstruasi yang berat. Obat lain yang umum digunakan adalah OCP (Oral Contraceptive Pill). Perempuan yang mengkonsumsi pil biasanya memiliki menstruasi lebih ringan dari mereka yang tidak. Pengobatan lain yang umum digunakan adalah Mirena – alat kontrasepsi Intra Uterine Device (IUD) yang melepaskan sejumlah kecil progesteron untuk menipiskan lapisan internal dari rahim.

Jika polip atau fibroid yang menjadi penyebab menstruasi berat, maka polip tersebut perlu diangkat melalui operasi. Pilihan operasi lainnya adalah endometrial ablation (pembakaran lapisan internal rahim) atau histerektomi (operasi pengangkatan rahim – biasanya tanpa mengangkat ovarium). Meskipun operasi ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, setiap operasi memiliki risiko, dan ini merupakan pilihan terakhir jika semua pengobatan lainnya gagal.

Pilihan pengobatan ini ditawarkan tergantung pada usia, kondisi kesehatan, tingkat kesuburan dan pilihan Anda sendiri.

Apa lagi yang dapat saya lakukan tentang hal itu?

Mengkonsumsi banyak sayuran hijau dan daging merah sebagai sumber zat besi ketika Anda memiliki menstruasi berat juga merupakan hal yang penting. Suplemen zat besi juga mungkin diperlukan.

Jika Anda berpikir Anda memiliki menstruasi yang berat, dan merasa bahwa itu menyebabkan Anda bermasalah, segera kunjungi dokter Anda. Meskipun menstruasi berat adalah masalah yang umum di kalangan wanita, dokter Anda akan siap membantu Anda mengatasinya.

[alert color=”E3CDBA” icon=”9888″]Saran ini disampaikan oleh Dr Kent Kuswanto, spesialis kandungan dan ginekolog. Jika Anda memiliki masalah tertentu, tanyakan ke dokter Anda.[/alert][alert color=”C24000″ icon=”128222″]03 9418 8299[/alert][alert color=”C24000″ icon=”127758″]drkentkuswanto.com.au[/alert]