Artikel kali ini berupaya untuk memberikan sedikit gambaran mengenai bisnis yang beroperasi dari rumah (home based office). Banyak diantara kita yang memiliki lokasi bisnis yang sama dengan rumah tempat tinggal. Alasan yang dimiliki juga bervariasi, mulai dari menghemat biaya sewa, lebih fleksibel, dapat menghabiskan waktu lebih dengan keluarga serta alasan lainnya.

Anda mungkin dapat dikategorikan menjalankan bisnis dari rumah apabila tempat tinggal Anda sekaligus juga merupakan tempat utama bisnis, dimana Anda menjalankan bisnis dari rumah, dan terdapat ruang khusus yang disisihkan untuk kegiatan bisnis. Beberapa contohnya seperti:

  • pemilik usaha kecil yang berkantor utama di rumah mereka
  • seorang pengrajin yang memiliki bengkel (workshop) di rumah
  • dokter atau dokter gigi yang melakukan operasi serta memiliki ruang konsultasi di rumah.

Apabila rumah Anda juga merangkap sebagai tempat usaha, maka pada saat melakukan lapor pajak (tax return) Anda dapat mengklaim pengurangan (deduction) atas penghasilan kena pajak apabila Anda melakukan pekerjaan yang menghasilkan pendapatan di rumah dan terdapat pengeluaran /biaya pada saat Anda menggunakan rumah Anda dalam rangka menghasilkan pendapatan tersebut.

Di bawah ini merupakan beberapa contoh dari biaya yang dapat Anda klaim dalam menjalankan bisnis dari rumah:

  • Biaya utilitas dalam menggunakan ruang untuk bekerja, seperti gas dan listrik – dimana harus dipisahkan antara penggunaan untuk bisnis dan penggunaan pribadi, berdasarkan porsi penggunaan yang sebenarnya.
  • Biaya telepon untuk bisnis – jika telepon digunakan secara eksklusif untuk bisnis, maka Anda bisa mengklaim untuk biaya sewa dan penggunaan telepon tersebut, tetapi tidak untuk biaya instalasi. Namun jika telepon digunakan untuk panggilan bisnis dan juga pribadi, maka Anda dapat mengklaim pengurangan hanya untuk penggunaan yang berhubungan dengan bisnis berdasarkan porsi pemggunaan yang sebenarnya.
  • Penurunan nilai (depresiasi) peralatan kantor, seperti meja, kursi, komputer. Jika peralatan seperti komputer juga digunakan untuk penggunaan pribadi, maka klaim yang Anda lakukan harus dipisahkan antara bisnis dan penggunaan pribadi.
  • Penurunan nilai (depresiasi) atas tirai, karpet dan fiting lampu
  • Alat pemanas dan pendingin serta alat pencahayaan
  • Biaya perbaikan perabot kantor
  • Biaya pembersihan

Anda berhak untuk mengklaim pengurangan atas biaya rumah termasuk komputer, ponsel atau perangkat elektronik lainnya apabila dibutuhkan dalam rangka tujuan kerja, serta pengurangan atas biaya operasional lainnya.

Apabila anda merupakan seorang karyawan, maka pada umumnya Anda tidak dapat mengklaim pengurangan untuk biaya atas hunian, termasuk sewa rumah, bunga atas pinjaman kredit, maupun premi asuransi rumah.

Agar dapat berhak mengklaim pengurangan, maka Anda diharuskan untuk menyimpan catatan pengeluaran rumah, diantaranya seperti:

  • Penerimaan atau bukti tertulis lainnya dari pengeluaran Anda
  • Pencatatan buku harian yang Anda buat untuk mencatat pengeluaran kecil Anda (untuk jumlah $10 atau kurang) namun dengan jumlah total yang tidak melebihi $200, atau biaya dimana Anda tidak bisa mendapatkan bukti pembelian berapapun jumlahnya
  • Rincian rekening telepon yang Anda dapat identifikasi atas panggilan yang berhubungan dengan pekerjaan seperti pencatatan dalam buku harian (apabila Anda tidak mendapatkan perincian dari perusahaan telepon yang Anda gunakan)
  • Buku harian yang Anda buat untuk mencatat berapa banyak Anda menggunakan peralatan, rumah kantor dan telepon untuk tujuan bisnis

Terdapat pro dan kontra atas ide menjalankan bisnis dari rumah. Kendati demikian, semuanya kembali kepada Anda sebagai pemilik bisnis untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung bisnis Anda secara efektif dan efisien.

 

 

Virda Ersan
SEA Accountant
Sumber: Australian Taxation Office

[alert color=”C2B0AD” icon=”9888″]The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.[/alert]