Telah diputuskan sejak tahun 2013 lalu, peraturan baru dalam penggunaan peralatan audio wireless di Australia yang mulai dijalankan sejak 1 Januari lalu. Kini peralatan audio wireless tidak lagi dapat bekerja di frekuensi 694-820 MHz oleh karena pergeseran penggunaan televisi analog ke digital.

Dalam pergeseran tersebut, penyiaran televisi menjadi lebih efisien dan hanya menggunakan frekuensi 520 – 694 MHz yang tadinya sampai 820 MHz. Hal ini juga memberi peluang untuk menggunakan sisa spektrum, yang disebut dengan digital dividend, untuk keperluan lain. Pemerintah pun telah memutuskan untuk mendukung dan memaksimalkan pelayanan 4G dan LTE di Australia.

Karena menggunakan frekuensi yang sama dengan penyiaran televisi, peralatan audio otomatis juga harus ikut berubah dan mengikuti frekuensi tersebut. Tentunya juga audio wireless tidak boleh beroperasi di spectrum digital dividend.

Kesimpulannya, pengguna peralatan audio wireless seperti microphone, in-ear monitoring systems dan public announcement systems hanya bisa beroperasi di frekuensi: 520 – 694 MHz dan 1790-1800 MHz

Jika menggunakan peralatan dengan berbagi Wi-Fi dan Bluetooth, wireless microphone juga dapat bekerja di 915 – 928 MHz, 2.400 – 2.4835 GHz dan 5.725 – 5.875 GHz.

Perubahan ini belum tentu mempengaruhi semua peralatan audio wireless, karena beberapa diantaranya memang telah bekerja di frekuensi yang sudah ditetapkan. Terdapat juga alat yang bisa bekerja di banyak pilihan frekuensi, sehingga dalam hal ini pengguna hanya cukup mengubah pengaturan frekuensi tersebut.

Sayangnya bagi yang menggunakan audio wireless yang tidak bisa diubah transmisinya sesuai dengan ketetapan yang sudah berlaku, mereka harus membeli alat baru.

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara mengetahui apakah peralatan audio Anda masih dapat berfungsi, cara mengubah frekuensi, daftar peralatan baru yang bisa kalian beli, serta cara mendaur ulang, kunjungi situs resmi Australian Communications and Media Authority (ACMA) di www.acma.gov.au.

<Lebih tepatnya di http://www.acma.gov.au/Industry/Suppliers/A-Type-of-equipment/WirelessMicrophones/welcome-to-your-wireless-mic-hub>

Rupanya lokasi juga menentukan spektrum frekuensi yang tersedia bagi peralatan audio wireless. Di keseluruhan Victoria, frekuensi yang sudah pasti dapat digunakan di mana saja adalah 520 – 526 MHz dan 1790-1800 MHz. Spektrum lainnya yang paling memungkinkan adalah 652 – 694 MHz, namun tidak bisa digunakan di daerah tertentu seperti Dysdale, Emerald, Geelong dan Kilmore.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai ketersediaan frekuensi sesuai dengan lokasinya, kalian dapat mengunduh pdf file di http://www.acma.gov.au/Industry/Suppliers/A-Type-of-equipment/WirelessMicrophones/fact-sheets-and-faqs

 

 

gaby