Dikarenakan kita hampir sampai di akhir tahun keuangan 2013/14, maka artikel ini berupaya untuk memberikan sedikit gambaran apa saja yang diperlukan dalam rangka pelaporan pajak (tax return).

Berikut ini merupakan beberapa data/informasi yang penting untuk dipersiapkan (terlepas dari informasi pendukung lainnya):

Ringkasan Pembayaran (Payment Summary)
Anda akan membutuhkan ringkasan pembayaran dari tempat kerja Anda dan apabila Anda menerima pendapatan lain selama tahun keuangan, termasuk dari Centrelink maka Anda juga harus menyediakan bukti pembayaran yang telah Anda terima tersebut.

Setiap ringkasan pembayaran akan menunjukkan jumlah pendapatan yang telah Anda terima dan jumlah pajak yang telah dipotong. Selain itu juga dapat menampilkan informasi tentang tunjangan, atau pembayaran lainnya yang berhubungan dengan pajak penghasilan ataupun dana pensiun Anda. Anda akan membutuhkan semua informasi ini untuk pelaporan pajak Anda.

Catatan dan Dokumen Keuangan
Selain ringkasan pembayaran, maka hal penting lain yang diperlukan adalah :

  • laporan dari lembaga keuangan, contohnya seperti bank untuk mengetahui berapa banyak bunga yang telah Anda terima,
  • laporan dividen dari perusahaan yang telah membayarkan dividen kepada Anda,
  • laporan pembelian dan penjualan saham dari pialang saham apabila selama tahun keuangan yang bersangkutan Anda ada melakukan pembelian atau penjualan saham,
  • struk pembayaran apabila Anda ingin mengklaim biaya yang telah dibayarkan.

Sebagian besar dokumen tersebut biasanya akan dikirimkan ke alamat Anda, oleh karenanya Anda harus menyimpannya di tempat yang aman. Tidak hanya karena Anda memerlukan dokumen tersebut dalam rangka pelaporan pajak, bahkan setelah pelaporan pajak Anda masih akan membutuhkan dokumen tersebut sebagai bukti pendapatan dan pengeluaran Anda .

Sistem pajak Australia yang ada merupakan self-assessment. Ini berarti Australian Taxation Office (ATO) akan menerima semua informasi yang Anda berikan di laporan pajak dan akan menerbitkan surat penilaian (Notice of Assessment) untuk Anda. Akan tetapi, ATO dapat meninjau kembali pelaporan pajak Anda tersebut untuk mengkonfirmasi bahwa informasi yang diberikan tersebut adalah benar dan semua pendapatan wajib pajak Anda telah diikutsertakan.

ATO memiliki standar waktu untuk meninjau kembali laporan pajak Anda dan akan menerbitkan amandemen surat penilaian apabila peninjauan yang dilakukan menunjukkan ketidakakuratan. Standar masa peninjauan adalah dua tahun, namun untuk beberapa wajib pajak lainnya adalah empat tahun. Anda harus menyimpan catatan keuangan Anda sampai periode peninjauan Anda telah berakhir. Beberapa catatan mungkin perlu disimpan lebih lama.

Nomor Wajib Pajak (Tax File Number)
Dalam rangka pelaporan pajak, Anda memerlukan TFN.

TFN akan Anda miliki seumur hidup, bahkan ketika Anda mengganti pekerjaan, pindah antar negara bagian atau mengubah nama Anda. Jika suatu hari Anda meninggalkan Australia dan kembali lagi, maka Anda masih akan menggunakan TFN yang sama .

Detail Bank

Jika Anda melakukan pelaporan pajak secara elektronik dan mengharapkan pengembalian dana (tax refund), maka Anda perlu memberikan rincian rekening bank diAustralia termasuk BSB dan nomor rekening. Rekening bank atas nama bersama (joint accounts) juga dapat digunakan.

Cara tercepat dan yang paling aman untuk menerima pengembalian dana Anda adalah dengan dibayarkan langsung ke rekening bank Anda menggunakan transfer dana elektronik (EFT) .

Namun apabila hasil penilaian laporan pajak Anda menghasilkan jumlah pajak terhutang (tax payable) maka Anda akan menerima pemberitahuan berupa surat penilaian (Notice of Assessment) yang memberikan rincian lebih jelas mengenai cara pembayaran .

Virda Ersan
SEA Accountants
m: 0434 378 718

sumber: Australian Taxation Office[alert color=”D6A183″ icon=”9888″]The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.[/alert]