Tahun keuangan 2017 (periode 1 Juli 2016 sampai 30 Juni 2017) baru saja selesai, seperti tahun-tahun sebelumnya semua wajib pajak diharuskan untuk melaporkan penghasilan yang telah mereka terima selama tahun keuangan yang bersangkutan.

Sebelum melakukan pelaporan pajak, maka ada baiknya kita melihat beberapa perubahan yang terjadi untuk tahun keuangan 2017. Pada artikel kali ini kita hanya akan membahas mengenai perubahan yang terjadi pada pelaporan pajak perorangan (individual tax return).

Dikarenakan terdapat cukup banyak area yang berubah untuk individual tax return tahun 2017, berikut ini kita hanya akan membahas beberapa diantaranya:

  • Pemotongan pajak penghasilan pribadi
    Mulai tanggal 1 Juli 2016, tarif pajak individu di tingkat 37% akan dimulai pada penghasilan sebesar $87,000, bukan lagi $80,000.
    Untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan ini penghasilan kena pajak Anda harus lebih dari jumlah $80,000.
  • Pemegang visa kunjungan kerja
    Terhitung mulai tanggal 1 Januari 2017, tingkat pajak baru diberlakukan untuk pemegang visa kunjungan kerja di Australia (visa 417 atau 462).
    Tarif pajak marginal biasa akan tetap berlaku untuk pendapatan yang diperoleh antara periode 1 Juli 2016 sampai 31 Desember 2016. Sedangkan mulai 1 Januari 2017 dan seterusnya terdapat tarif 15% mulai satu dolar pertama dari pendapatan yang diperoleh sampai jumlah $37,000, setelah itu tarif pajak marginal biasa tetap berlaku untuk penghasilan mulai dari $37,001.
  • Retribusi perbaikan anggaran sementara
    Retribusi Perbaikan Anggaran Sementara (The Temporary Budget Repair) diperkenalkan mulai tanggal 1 Juli 2014. Retribusi ini harus dibayarkan dengan tarif 2% dari setiap dolar atas penghasilan kena pajak yang melebihi jumlah $180,000.
    Jika retribusi ini berlaku untuk penghasilan Anda, maka biasanya akan muncul pada Notice of Assessment yang akan Anda terima setelah melakukan tax return untuk tahun keuangan 2017 Anda.
    Tahun ini merupakan tahun terakhir dimana retribusi ini akan dikenakan.
  • Asuransi kesehatan swasta
    Pada tahun keuangan 2017, tingkat batas pendapatan yang digunakan untuk menghitung Medicare Levy Surcharge (MLS) serta rebate dari asuransi kesehatan swasta (Private Health Insurance) tetap sama pada tingkat yang berlaku di tahun keuangan 2014-15.
    Hal ini artinya, jika Anda:
    o    Memiliki Private Health Insurance (PHI), persentase rebate PHI Anda mungkin akan berkurang.
    o    Tidak memiliki tingkat asuransi swasta untuk rumah sakit yang sesuai, maka terdapat kemungkinan Anda diharuskan untuk membayar MLS
    o    membayar MLS di tahun sebelumnya, maka kini tingkat MLS Anda mungkin bertambah.
    Jika Anda memiliki kenaikan gaji, maka sebaiknya Anda menghubungi perusahaan asuransi Anda untuk menominasikan tingkat rebate yang berbeda, untuk memastikan bahwa tingkat rebate yang sesuai telah diterapkan.
  • Berbagi perekonomian
    Atau yang lebih dikenal sebagai Sharing Economy merupakan suatu cara yang berupaya untuk menghubungkan pihak pembeli dan penjual, yang mana biasanya dilakukan melalui aplikasi atau situs web.
    Jika Anda mendapatkan uang dari pekerjaan, seperti mengangkut penumpang atau menyewakan kamar atau rumah, maka penghasilan Anda tersebut merupakan penghasilan kena pajak yang mana harus dilaporkan pada saat tax return.
    Terlepas dari apa yang Anda lakukan dalam sharing economy, tetap penting untuk selalu memenuhi kewajiban pajak Anda.
  • MyTax menggantikan e-tax
    Tahun ini MyTax menggantikan e-tax. MyTax merupakan cara cepat, mudah, dan aman untuk mempersiapkan dan mengajukan pengembalian pajak (tax return) secara online. MyTax telah diupgrade untuk melakukan semua yang bisa dilakukan e-tax, serta ditambah keunggulan lainnya.
    MyTax juga lebih efisien, dan mudah digunakan serta akan menghemat waktu Anda saat melakukan pelaporan pajak secara online.
    MyTax berbasis web, sehingga Anda tidak perlu mendownload apapun dan Anda bisa melakukannya di berbagai perangkat seperti komputer, telepon ataupun tablet.

 

 

Virda Ersan
SEA Accountants
m: 0434 378 718

Sumber: Australian Taxation Office
The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.