Mulai Dikenakan Pada Tanggal 1 Juli 2017!

Pemerintah Negara bagian Victoria baru-baru ini mengumumkan bahwa mulai 1 Juli 2017, konsensi terhadap pajak properti off-the-plan (OTP) akan dihapuskan dan hanya akan tersedia bagi pembeli yang akan menempati properti tersebut. Perubahan regulasi atas konsesi pajak ini berlaku terhadap:

  • Investasi lokal di residential property;
  • Investasi asing di residential property; dan
  • Akuisisi properti tipe komersial, ritel dan sektor non-perumahan lainnya.

Pemerintah juga akan mengenakan pajak tambahan terhadap properti-properti yang tidak dihuni. Perubahan ini diperkirakan akan membawa efek yang cukup siginifikan terhadap para pembeli atau investor asing maupun domestik.

Konsesi ini dapat mengurangi dutiable value (nilai properti) terhadap properti tersebut untuk tujuan pajak. Di dalam peraturan lama, pemberian hibah terhadap pajak OTP diberlakukan berdasarkan pembelian tanah atau renovasi bangunan yang sudah jadi. Nilai OTP ditentukan dengan mengurangi biaya konstruksi atau biaya pemugaran yang terjadi saat atau setelah penanggalan kontrak. Ini berati bahwa untuk pembeli OTP dimana konstruksi belum dimulai, dutiable yang dapat dipertanggungjawabkan (setelah konsesi OTP) umumnya akan merefleksikan harga tanah saja.

Perubahan yang diajukan?

Untuk perubahan yang baru ini, konsesi pajak hanya akan berlaku bagi pembeli properti OTP yang akan menempati properti tersebut. Ini juga berati bahwa sebagai akibat dari perubahan yang diajukan, konsesi pajak tidak lagi tersedia bagi pembeli properti OTP atas rumah liburan, investasi atau properti komersial.

Mulai tanggal 1 Juli 2017, para investor dan pembeli asing diharuskan untuk membayar:

  • 7% wajib pajak tambahan pembeli asing (meningkat dari 3% pada 1 Juli)
  • 5% biaya tambahan absen pada pajak tanah (jika berlaku);
  • Jika properti tersebut tidak dihuni selama lebih dari 6 bulan, maka berdasarkan peraturan pajak yang baru ini, pemilik akan dikenakan pajak tambahan sebanyak 1% dari nilai peningkatan kapital harus dilunasi; dan
  • Biaya aplikasi untuk izin investasi di Australia melalui Foreign Investment Review Board (FIRB) yang telah berlaku sejak tahun 2016 antara $5,000 sampai $10,000 yang tergantung dari nilai beli properti.

Melanjuti poin ketiga di atas, pemerintah akan mengamati jumlah properti yang ditingalkan kosong di bagian Inner dan Middle Melbourne. Di bawah perubahan tersebut, pemilik yang dengan sengaja meninggalkan properti tersebut kosong akan ditegaskan untuk menyewakan atau menjual properti itu. Bila tidak, maka pajak 1% yang baru ini akan dikenakan kepada sang pemilik. Misalnya, bila properti tersebut memiliki nilai peningkatan kapital sebanyak $500,000, maka jumlah yang harus dibayar adalah sebanyak $5000. Regulasi pajak OTP ini dapat mengabulkan sejumlah pembebasan, dengan syarat bahwa ada beberapa alasan sah mengapa properti tersebut tidak dihuni. Alasan-alasan tersebut seperti misalnya, rumah liburan, rumah almarhum dan rumah para warga Victoria yang sedang berdomisili sementara di luar negeri.

Perubahan ini ditujukan untuk membantu para Victorians untuk masuk ke pasar properti. Meskipun perubahan tersebut mungkin mengejutkan banyak pembeli rumah pertama (yang dulunya dapat diuntungkan melalui konsesi OTP yang lebih tinggi), inisiatif ini melihat akan adanya kecenderungan bahwa jumlah transaksi jual-beli properti di masa depan akan terus meningkat. Pemotongan konsesi OTP adalah bukti bahwa nilai properti di Melbourne terus bertumbuh dan minat akan permintaan hunian belum pernah menunjukkan tren yang menurun kendati situasi politik dan ekonomi di Australia, khususnya di Victoria terakhir ini.

Namun demikian, janganlah khawatir, termasuk dalam salah satu kebijakan pemerintah di tahun finansial baru ini adalah penghapusan pajak properti bagi pembeli properti pertama untuk properti yang bernilai di bawah $600,000. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi situs State Revenue Office Victoria.

***

ADVERTISEMENT

Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam pasar  properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi.

Bila Anda tidak ingin terjebak dalam pembelian properti OTP, datanglah ke Xynergy Realty. Xynergy Realty dapat memberikan konsultasi individual untuk jual beli properti, wealth creation strategyproperty investment dan property management dan home/ commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon pembeli properti, investor atau vendor.

Kontak kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai perubahan legislasi atau regulasi di 1300 884 168 atau email [email protected]

***

Alain Warisadi, CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B. Ec (Fin)
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Licensed Estate Agent
Harvard University Scholar
(e.) [email protected]

Tanya Tjahjosarwono, B.Bus (MKT), M. ADV MKT.
Co-property Writer
Marketing Communications Officer
(e.) [email protected]

 

Sumber: State Revenue Office Victoria, Premier of Victoria, Australian Financial Review.