Pembaca Majalah BUSET yang kami hormati,

As-salamu alaykum wa rahmatullahi wa barakaatuhu
Salam sejahtera untuk kita semua

Natal tahun 2015 adalah musim Natal kedua dalam tugas saya sebagai Konsul Jenderal Republik Indonesia di Melbourne, the most liveable city in the world. Saya memiliki kesan yang sangat indah mengenai Natal di Melbourne. Umat Kristiani di Melbourne dari berbagai gereja di Melbourne serta dalam Badan Kerjasama Umat Kristiani di Victoria (BKS) merayakan hari kelahiran Yesus Kristus tersebut dan saling berbagi kebahagiaan dengan umat lainnya.

Natal menurut saya adalah waktu dimana umat Kristiani dapat merefleksikan keimanan dan manifestasi atas kepercayaan terhadap Yesus Kristus Putra Natal. Namun demikian, saya memandang bahwa inti dari perayaan Natal adalah perdamaian. Untuk itu, saya menganggap umat Kristiani dapat menjadi garam dan terang dalam mewartakan damai bagi seluruh insan di di dunia.

Berkaitan dengan hal tersebut, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh umat Kristiani di Victoria yang sangat aktif dalam mewartakan damai serta telah membantu misi pemerintah Republik Indonesia. Persatuan yang terjalin dengan baik antara insan gereja di Victoria telah menjadi landasan yang kuat dan telah memberikan kontribusi positif pada kesatuan antara masyarakat Indonesia di Victoria.

Semangat koinonia yang merupakan dasar umat Kristiani dalam membangun hubungan sesama umat telah menjadi dasar yang kuat dan sejalan dengan semangat gotong royong serta saling bahu membahu antara komunitas Indonesia sebagai suatu nilai luhur bangsa. Untuk itu pada kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan Pelayan Gereja Gereja Indonesia di Victoria yang selama ini selalu aktif bekerjasama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Melboure dalam pembinaan umat Kristiani di Victoria.

Kita akan segera memasuki tahun baru 2016. Saya bersyukur memiliki masyarakat Indonesia di Victoria dari latar belakang agama dan budaya namun tetap menjaga keharmonisan dan semangat kerjasama. Untuk itu memasuki tahun yang baru 2016, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia di Victoria untuk tetap saling menopang dan bahu membahu dalam menjalankan tugas dan misinya baik sebagai pribadi maupun dalam kapasitasnya pekerjaan maupun organisasinya. Mari kita pelihara dan kita tingkatkan rasa saling memiliki sebagai sesama perantau di Victoria. Mari kita bawa nilai-nilai keIndonesiaan kita yang positif sebagai kontribusi kita terhadap multikulturalisme di Victoria. Mari kita membawa perdamaian bagi dunia.

Saya percaya bahwa Yesus Kristus putra Natal akan menjaga seluruh umat Kristiani di tahun yang baru. Dan saya percaya bahwa kita semua akan diberikan berkat dan karunia dan kesehatan dalam melangkah dan menjalani tahun 2016.

Akhirnya, saya dan keluarga serta seluruh staf Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Melbourne mengucapkan

Selamat Merayakan Natal Kristus 25 Desember 2015 dan Selamat Memasuki Tahun Baru 1 Januari 2016

Tuhan Memberkati Kita semua
Was-salamu alaykum wa rahmatullahi wa barakaatuhu
Salam Sejahtera Untuk kita semua