“Porky” Time Ahead

Dan sekarang secara resmi kita telah di tahun Babi, dimana “pengaruh” dari tahun Anjing tidak serta merta sirna begitu saja. Bagi ba zi tertentu, yang selama reign Anjing mengalami berbagai problem, sudah bisa mulai bernafas lega. Tetapi belum tentu semua problem akan lantas hilang.

Sebaliknya, untuk ba zi yang clashing dengan sang Babi, tak perlu serta merta parno dan gemeteran. Belum tentu begitu “teng” masuk ke reign Babi maka aneka problematik akan menghampir.

Pergantian musim, perubahan kekuasaan sama saja. Secara teori dari bulan sekian ke bulan sekian adalah musim A, bisa saja kenyataannya bervariasi. Bisa lebih lamban atau lebih cepat. RI-1 saat baru berkuasa pun tidak serta merta secara penuh bisa “mengontrol”. Pengaruh dari presiden sebelumnya tentu masih ada. Petinggi-petinggi di ASN dan tubuh militer, yang dulu diangkat/naik oleh presiden sebelum nya tentunya belum tentu sejalan dan sependapat dengan RI-1 yang baru mulai berkuasa!

Nah pertukaran “kekuasaan” dari tahun Anjing ke Babi pun serupa. Signatures dari sang Anjing, seperti: menfokuskan kepada hukum, makanya kita cenderungnya “suka” berperkara. Ada masalah sedikit, saling melaporkan ke Basreskrim/pengadilan. Gangguan dari energi Tanah (gempa, gunung meletus, longsor, dan sejenisnya) tidak serta merta mendadak hilang. Tetapi intensitasnya mulai berkurang dan melemah.

Signatures dari si Babi dalam bentuk problem unsur Tanah DAN unsur Air. Jadi kita butuh memerhatikan aneka gangguan yang bersumber dari energi Air. Perhatikan saja, beberapa bulan menjelang kehadiran sang Babi, sudah beberapa kali kita menyaksikan bencana yang ditimbulkan oleh energi Air. Tsunami terjadi di beberapa lokasi di Indonesia. Terakhir, di bulan Februari banjir sangat parah di Townsville, Australia.

Dalam hal perilaku, tahun Ayam (2017) silam, semua orang terbawa arus dan menjadi cenderung narsis, pamer, ga mau kalah. Coba ingat-ingat, selama tahun Ayam, mayoritas cenderung jadi lebih hobi bener berselfie dan memamerkannya di medsos. Tidak peduli penampilan dan wajah kita mendukung atau tidak buat begitu (selfie dan pamerin di medsos)! Having said that, yes tentu saja ada individu-individu yang memang pada dasarnya narsis, jadi tak peduli mau di tahun shio apapun akan selalu show off!

During tahun Anjing, fenomena “lebih gak tau malu dan lebih gak peduli” tadi perlahan melemah. Digantikan dengan urusan hukum, keadilan dan aturan. Kita lihat betapa individu-individu yang sebelumnya bersikap seenaknya dan semau nya, akhirnya satu persatu masuk bui. Sekiranya lupa, ingat-ingat sosok yang permak wajah ngakunya digebukin. Sosok yang suka mengumbar penghinaan, sosok yang mengedit video pidato mantan DKI-1, akhirnya merasakan penjara!

Tentu saja faktor momentum politik, ekonomi pun ikut pula memengaruhi. Esensinya, ada faktor dari signatures sang Anjing yang memerhatikan soal hukum, fairness and just. Baru-baru ini, sebelum officially sang Anjing turun takhta, di Australia terbit hasil dari penyelidikan Royal commission terhadap the Big Four Banks dan institusi keuangan lainnya. Hasilnya sangat “keras tegas dan pedas”. Para taipan dan pelaku di institusi keuangan harus merubah perilaku, kalau tidak bisa diseret ke penjara selain akan kena denda besar! Jadi ulah para pelaku institusi keuangan yang selama bertahun-tahun lebih “semau dan seenak” nya berakhir sudah dan the landscape and rules in financial institutions di Australia changed forever! Kejadian ini bukan suatu kebetulan, terjadinya di tahun Anjing!

Nah selama jaman sang Babi karakteristiknya tentu beda. Perlahan akan dirasakan, kadar/banyak sedikitnya pengaruhnya tergantung dari komposisi energi kita masing-masing. Hedonistik lifestyle, lebih “berani” dalam spending, fokus di indulgences of material world, DAN tentu termasuk dalam urusan syahwat! Hence, bagi yang dalam personal ba zi punya potensi-potensi untuk affairs/scandals, harap lebih berhati-hati lagi. Kecuali kita sudah cuek dan nekat saja, gak peduli terhadap dunia mau bagaimana, yang penting dunia milik kita berdua; yang penting kita berdua enjoy!

Lastly, bagi kita-kita yang ba zi nya officially sudah “lewat” periode kurang positifnya selama reign energi Anjing, maka congratulation, sudah bisa mulai lega tetapi tetap perlu waspada karena masalah belum sepenuhnya sirna. Butuh waktu beberapa bulan ke depan, tergantung komposisi ba zi kita.

Untuk kita-kita yang secara ba zi masuk di periode kurang oke punya (selama tahun Babi), maka tak usah lantas jadi parno dan senio. The world is not going to end. Setiap orang pun akan bergantian, setiap tahun akan ada yang lebih diuntungkan dan akan ada yang dirugikan. No one can “escape” from this cycle. Bahkan sang matahari (bisa dibilang kekuatan yang paling powerful on Universe) pun ada kalanya tidak bisa bersinar karena tertutup awan gelap. Hidup kita pun tak beda!

Tak perlu meratapi ke masa silam/kemarin, tak guna mencemaskan ke masa depan/besok. Lebih baik fokus ke sekarang/hari ini. Make the most and the best yang bisa kita lakukan.

Understanding and learn from the past; effort, action and create the best we can do today/present time; to build a brighter and better tomorrow/future! Kun fayakun!

Suhana Lim
Certified Feng Shui Practitioner
www.suhanalimfengshui.com
0422 212 567 / [email protected]