Selain di Indonesia, sosialisasi pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak juga dilangsungkan di Negeri Kangguru ini. Di Melbourne, sosialisasi diadakan di Ruang Bhinneka, KJRI dengan mengundang pembicara Profesor Jimly Asshiddiqie S.H. selaku Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu.

Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi terkini terkait proses seleksi calon pemimpin, terutama mengenai penolakan terhadap calon kepala daerah yang tidak mengikuti aturan.

“Indonesia memang negara hukum, tetapi pada jaman sekarang tidak bisa lagi hanya mengandalkan hukum, melainkan etika harus lebih ditegakkan. Karena etika mendasari semua perbuatan,” papar Prof. Jimly. Masalah yang banyak dihadapi dewasa ini adalah calon tunggal kepala daerah sehingga timbul banyak prasangka telah terjadi banyak kecurangan.

Profesor Jimly sendiri diwacanakan menjabat sebagai pimpinan KPK yang baru menggantikan Abraham Samad. Perihal ini, dirinya tidak mau banyak berkomentar. “Lihat saja nanti,” ujar beliau menanggapi pertanyaan dari peserta sosialisasi malam itu.

 

krusli