Merupakan salah satu perayaan penting di Negeri Kangguru ini, Australia Day disambut dengan meriah tiap tahunnya. Masyarakat dapat melakukan berbagai kegiatan, baik yang telah disediakan oleh pemerintah, kantor, ataupun yang telah direncakan secara pribadi.

Australia Day sendiri merupakan peringatan akan berlabuhnya First Fleet, 11 kapal yang berangkat dari Great Britain pada 13 Mei 1787, di wilayah Australia tahun 1788. Pada tanggal 26 Januari ini juga lah Gubernur Arthur Philip menaikkan bendera Great Britain di Port Jackson, New South Wales.

Hampir setiap tahun Indonesia turut meramaikan parade Australia Day di Victoria yang biasa diadakan setelah upacara penaikan bendera

Untuk memperingati peristiwa penting ini, pemerintah Australia tiap tahunnya sejak 1975 mengumumkan penerima Australia Day Honours yang diberikan kepada para tokoh yang telah berjasa bagi perkembangan negeri. Mulai dari peneliti, seniman, musisi, philanthropists, atlit, bahkan warga sipil yang telah berjasa membuat perubahan untuk lingkungan dan komunitasnya.

Salah satu acara terpenting pada perayaan Australia Day, khususnya untuk negara bagian Victoria, adalah upacara penaikan bendera yang akan dilaksanakan di Melbourne Town Hall pukul 10.30 pagi. Acara kemudian dilanjutkan dengan parade yang diikuti oleh berbagai komunitas masyarakat, termasuk dari kontingen Indonesia. Tahun ini, Indonesia pun diberi kesempatan untuk kembali tampil meramaikan parade Australia Day. Parade tersebut diusung sebagai salah satu bentuk pengakuan serta penghormatan terhadap setiap komunitas yang telah berkontribusi dalam menjaga keharmonisan dan kedinamisan negeri ini. Tak heran bila sejak pagi, ratusan ribu penduduk Melbourne akan berbondong-bongong memadati bibir jalan Swanston Street – tempat parade dilangsungkan – untuk menikmati sekaligus memberi dukungan dan belajar menghargai budaya bangsa lain.

Barbecue menjadi tradisi masyarakat lokal dalam merayakan Hari Australia

Bila ingin lebih mengenal sejarah dan kepemerintahan Australia, maka mengunjungi Government House merupakan pilihan yang tepat. Pintu gedung ini akan terbuka bagi umum dari pagi 09:30 hingga 15:00 siang. Telah disediakan juga tur yang akan berlangsung mulai dari pukul 10 pagi. Melihat dari tahun-tahun sebelumnya, jangan kaget kalau akan ada antrian panjang di pintu masuk Government House. Untuk ini, panitia telah menyiapkan hiburan-hiburan ringan agar tidak bosan.

Tak hanya sampai di situ saja, tahun ini Kings Domain Gardens akan diramaikan dengan 2019 RACV Australia Day Festival dimana kita bisa menjumpai aneka ragam hidangan street food dari berbagai negara, pameran mobil kuno, dan berbagai aktivitas yang cocok untuk keluarga. Sebut saja panggung musik, yoga dan pertunjukan Peppa Pig untuk anak-anak. Festival ini berlangsung dari pukul 11 pagi hingg 16 petang.

Government House mengundang masyarakat untuk menghadiri acara open day

Rangkaian kemeriahan Hari Australia berlanjut di Harbour Esplanade, Docklands yang juga menghadirkan pertunjukan ramah keluarga dan food trucks sejak pukul 18. Dan puncak acara, yakni pertunjukan kembang api yang dijadwalkan akan mulai ditembakkan ke udara tepat pada pukul 21 malam.

Secara tradisi, hari penuh kegembiraan ini juga biasanya dirayakan dengan mengadakan barbeque di taman-taman kota atau di pekarangan rumah. Berpiknik dengan membawa masakan yang telah disiapkan juga dapat menjadi alternatif yang menyenangkan.