Tak terasa waktu telah berlalu begitu cepat dan kita sudah memasuki tengah tahun 2015 dimana musim dingin akan segera tiba. Awal bulan Mei yang lalu, The Reserve Bank of Australia (RBA) mengumumkan berita yang cukup mengejutkan tetapi telah diantisipasi yakni menurunkan nilai suku bunga dasar menjadi 2.00%. Kami sangat optimis bahwa penurunan suku bunga sebanyak 25 basis poin ini akan berdampak positif di pasar properti Australia. Selain itu, tingkat pengeluaran konsumen diperkirakan akan meningkat dengan adanya pendapatan insentif dari penurunan cicilan pinjaman. Keputusan terbaru RBA untuk memotong tingkat suku bunga juga akan membawa dampak yang baik bagi Anda yang telah berinvestasi di pasar properti selama ini.

Bila Anda tengah mempertimbangkan untuk menjual properti Anda, mungkin sekarang adalah waktu yang baik karena Anda masih memiliki kesempatan untuk menjualnya dengan harga yang lebih tinggi pada saat ini yang dikarenakan adanya peningkatan permintaan di pasar.

Situasi ini dibenarkan oleh Tim Lawless (Direktur RP Data), yang memprediksi pasar properti untuk bertumbuh secara stabil seiring dengan adanya peluang bagi para pembeli atau investor untuk menikmati keuntungan dari biaya hutang yang rendah. Lawless juga menyebutkan, ”dengan adanya prediksi pergerakan suku bunga pinjaman yang lebih rendah tahun ini dibangingkan dengan tahun yang lalu, maka dapat dipastikan bahwa nilai rumah akan terus melonjak untuk beberapa waktu kedepan.” Kondisi pasar perumahan yang fleksibel ini diharapkan untuk terus mendukung pertumbuhan pembangunan tempat tinggal, yang akan membawa ‘multiplier effect’ yang kuat terhadap perekeonomian Australia secara umum.

Selain itu, dengan melemahnya dolar Australia, tingkat investasi asing diprediksikan untuk terus membanjiri pasar properti Australia. Situasi ini terutama terlihat di Melbourne dan Sydney dimana nilai median rumah melonjak sebanyak 14% selama 12 bulan terakhir. Dari sisi pendapatan sewa rumah, Sydney mengalami kenaikkan sebanyak 3% menjadi 4% dan Melbourne sebanyak 1.4% menjadi 3.8%. Tingkat pertumbuhan GDP juga meningkat sebanyak 0.1% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan permintaan barang dan jasa termasuk di pasar properti yang menstimulir pertumbuhan ekonomi Australia secara keseluruhan.

Maka daripada itu, dapat disimpulkan bahwa pasar properti saat ini sangat kompetitif seperti terlihat pada tingkat Victoria Clearance Auction Rate beberapa waktu terakhir mencapai kisaran 80%. Ada baiknya bagi Anda untuk segera mengambil keuntungan dari biaya hutang yang rendah untuk memiliki hunian impian Anda serta menikmati peningkatan nilai investasi Anda untuk masa yang akan datang.

Perubahan-perubahan kondisi variabel ekonomi seperti terpapar di atas, bukanlah sebuah ilustrasi atau habatan untuk melakukan investasi di properti. Tetap berdasarkan pada hukum ekonomi yang berasumsi bahwa semua pelaku pasar berperilaku rasional, maka perencanaan investasi yang tepat dan pemilihan properti yang baik adalah langkah untuk meminimalisasi risiko atas investasi.

Anda mungkin tidak mau kehilangan kesempatan untuk memperoleh imbal hasil yang optimal melalui perubahan pasar yang tidak anda prediksikan sebelumnya. Hubungi kami di 1300 884 168 untuk perencanaan investasi properti dan pemilihan properti terbaik, yang sesuai dengan perencanaan yang anda inginkan. Don’t be regular, get Xynergy!

 

“The best and most beautiful things in the world cannot be seen or even touched – they must be felt with the heart.”
Hellen Keller, Author of Frost King

“Perfection is not attainable, but if we chase perfection we can catch excellence.”
Vince Lombardi, Coach of Green Bay Packer

 

 

Alain M Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B. Ec (Fin)
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Licensed Estate Agent
Harvard University Scholar
(e.) [email protected]

 

Tanya Tjahjosarwono, B.Bus (Mkt)
Co-property Writer
Marketing Communications Manager
Candidate of Master of Adv. Marketing (Monash University)
(e.) [email protected]

sumber: The Australian, Property Observer, RPData, 2015

[alert color=”C29D95″ icon=”9888″]Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty Group memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property management dan home/ commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli properti. [/alert]