Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa registrasi yang harus dimiliki setiap bisnis di Australia dan juga beberapa registrasi yang merupakan opsional (tetapi akan lebih memudahkan apabila Anda memiliki mereka).

Tergantung pada jenis bisnis Anda, namun berikut ini merupakan beberapa registrasi yang wajib dilakukan :

Australian Business Number (ABN)
Sebaiknya Anda melakukan registrasi ABN untuk bisnis Anda. Karena apabila tidak, maka bisnis lain harus menahan 46.5% dari jumlah pembayaran mereka kepada Anda. Apabila Anda diharuskan untuk melakukan registrasi untuk GST maka Anda harus memiliki ABN.

Tax File Number (TFN)
Semua bisnis memerlukan TFN. Sole Trader menggunakan TFN pribadi mereka, sedangkan Partnership, Trust dan Company membutuhkan TFN terpisah untuk bisnis yang dijalankan.

AUSkey untuk berhubungan dengan kantor pajak secara online
AUSkey memungkinkan Anda untuk mengakses secara aman dan bertransaksi online dengan banyak instansi pemerintah. Dengan AUSkey Anda dapat mengakses ATO Bisnis Portal, dimana Anda dapat mengajukan Business Activity Statement secara online, mengecek rekening pajak Anda, memperbaharui details Anda, dan apabila suatu hari dibutuhkan beberapa registrasi pajak lainnya maka Anda dapat melakukan registrasi tersebut melalui AUSkey.

[alert color=”C24000″ icon=”9733″]Apakah Anda perlu mendaftar untuk GST?[/alert]
Anda harus mendaftar untuk pajak barang dan jasa (GST) jika Anda menjalankan bisnis atau usaha lainnya dengan omset berjumlah sama dengan atau melebihi $75,000. Untuk organisasi non-profit jumlah ambang batasnya sama dengan atau melebihi $150,000. Pendaftaran untuk GST merupakan tanggungjawab Anda, dan harus dilakukan dalam jangka waktu 21 hari apabila jumlah omset Anda sudah (atau terdapat kemungkinan akan) melebihi ambang batas yang ditentukan.

Namun demikian jika bisnis atau perusahaan lain yang Anda jalankan memiliki omset kurang dari jumlah $ 75,000 maka mendaftar untuk GST merupakan opsional.
Untuk bisnis yang menyediakan jasa perjalanan taksi, maka pendaftaran untuk GST merupakan keharusan, terlepas dari berapapun omset Anda. Jasa perjalanan taksi yang dimaksudkan yaitu mengangkut penumpang dengan taksi atau limosin dengan mengenakan tarif.

Selain itu jika Anda ingin mengklaim fuel tax credits, maka Anda diharuskan untuk mendaftar GST.

[alert color=”C24000″ icon=”9733″]Pemotongan Pay As You Go (PAYG)[/alert]
Anda harus mendaftar untuk pemotongan PAYG apabila Anda harus melakukan pemotongan / menahan sejumlah uang atas suatu pembayaran.
Penahanan sejumlah uang atas pembayaran yang paling umum yaitu kepada :
• karyawan Anda
• direksi Anda
• bisnis/usaha lain yang tidak memberikan ABN mereka kepada Anda.

Tergantung pada situasi, Anda mungkin juga harus menahan jumlah dari pembayaran yang Anda buat untuk:
• kontraktor yang memiliki perjanjian sukarela dengan Anda
• karyawan ketika terjadi pemutusan hubungan kerja.

[alert color=”C24000″ icon=”9733″]Pajak tunjangan (Fringe Benefits Tax)[/alert]
Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis dan Anda ingin memberikan tunjangan kepada karyawan Anda, maka Anda mungkin harus membayar pajak tunjangan (fringe benefits tax). Sebaiknya Anda mendaftar segera setelah Anda memutuskan akan memberikan tunjangan/manfaat kepada karyawan Anda .

Beberapa contoh umum atas fringe benefit adalah :
• penggunaan mobil perusahaan untuk kepentingan pribadi oleh karyawan atau direktur
• pembayaran biaya pribadi untuk karyawan atau direktur, misalnya :
o biaya asuransi kesehatan
o keanggotaan klub
o biaya sekolah
o biaya liburan
o akomodasi.

Virda Ersan
SEA Accountants
Source: Australian Taxation Office
[alert color=”C2B29F” icon=”9888″]The Materials are provided for general information purposes only and are not intended as professional advice and should not be substituted for, or replace, such professional advice.[/alert]