Regulasi Baru Membuat Pasar Properti di Victoria Transparan!

The most interesting information comes from children, for they tell all they know and then stop.”
– Mark Twain, American Writer and Entrepreneur

The two words ‘information’ and ‘communication’ are often used interchangeably, but they signify quite different things. Information is giving out; communication is getting through.”
– Sydney J. Harris, American Journalist

 

 

 

Di edisi Buset sebelumnya (BUSET Edisi Mei 2017 – artikel dapat dilihat di sini: http://www.buset-online.com/regulasi-stamp-duty-untuk-para-pembeli-rumah-telah-dihapus/), kami membahas tentang peraturan stamp duty baru yang dikenakan oleh pemerintah Victoria bagi para pembeli rumah pertama. Di bulan ini, pemerintah juga mulai memberlakukan legislasi baru lainnya.

Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih dalam bagaimana peraturan ini akan mempengaruhi pasar properti dan para stakeholdernya.

 

The Legislation

Anda mungkin cukup familiar dengan istilah “underquoting”.  Istilah ini seringkali diucapkan di pasar properti untuk merepresentasikan salah satu taktik penjualan yang banyak digunakan secara diam-diam.

Jadi, apakah itu underquoting? Menurut Consumer Affairs Victoria (CAV), definisi dari underquoting adalah ketika seorang agen memberi pengertian yang salah terhadap calon pembeli akan harga jual sebuah  properti.

Beberapa bulan terakhir ini, pemerintah Victoria telah memperkenalkan serangkaian kebijakan baru untuk membantu para pembeli rumah membuat keputusan investasi mereka menjadi lebih mudah dan transparan. Berdasarkan Estate Agents Amendments (Underquoting) Bill 2016, agen penjual harus menyediakan calon pembeli lembar informasi yang disebut Statement of Information, untuk properti yang dijual secara lelang atau privat. Ketetapan tersebut juga mengurai bagaimana agen penjual properti memberikan perkiraan harga jual untuk vendor.

 

Equal Footing

Pemerintah Victoria memberlakukan ketetapan underquoting tersebut setelah berkonsultasi dengan Real Estate Institute of Victoria (REIV). Keputusan ini akan menyediakan perlindugan yang lebih baik terhadap para pembeli atas aktifitas agen-agen penjual yang dapat menyesatkan serta membantu pembeli untuk mencari rumah idaman mereka berdasarkan informasi yang lebih utuh dan transparan.

Chief Executive REIV, Gil King, mengatakan bahwa tindakan tersebut akan membantu memastikan pembeli untuk mencapai tingkat kompromi yang setara dengan penjual. “Legislasi baru ini telah dirancang untuk memberikan efektifitas transaksi di pasar yang sedang naik maupun turun serta dapat memastikan para calon pembeli memiliki akses ke informasi yang sama dengan vendor.”

Dalam sebuah pernyataan terpisah, Menteri Urusan Konsumen (Consumer Affairs), Marlene Kairouz mengatakan, “ketetapan baru ini akan membantu kepastian pembeli rumah di Victoria untuk tidak membuang waktu dan uang terhadap properti yang berada di luar jangkauan finansial mereka.”

 

Jadi, apakah yang harus diperhatikan oleh pembeli?

Semua agen penjual properti harus menyediakan lembaran Statement of Information kepada semua calon pembeli dengan rincian yang sudah ditetapkan berdasarkan regulasi. Lembaran informasi ini harus mencantumkan harga jual median untuk jenis properti yang dijual (rumah atau unit) serta jangka waktu yang digunakan untuk menentukan harga jual median tersebut (seperti, kuartalan atau tahunan).  Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa agen penjual memasarkan properti dengan harga yang setara dengan kondisi harga pasar.

Selain itu, rincian perbandingan tiga properti yang setara dalam hal usia, kondisi, ukuran, dan lokasi juga harus dicantumkan. Apabila si agen penjual properti berpendapat bahwa ada kurang dari 3 penjualan properti yang sebanding, dia harus mendeklarasikan informasi tersebut.

Di Melbourne metropolitan, tiga penjualan sebanding harus berada dalam radius 2km dari properti yang dijual dan telah terjual dalam waktu 6 bulan sebelumnya. Di wilayah Victoria, 3 penjualan sebanding harus berada dalam radius 5 km dari properti yang dijual dalam kurun waktu 18 bulan.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah harga jual indikatif harus dinyatakan sebagai angka tunggal atau harus berada dalam kisaran harga yang tidak lebih dari 10 persen dari harga terendah. Kata atau simbol dalam iklan seperti ‘offers above’, ‘from’, and ‘+’ telah dilarang untuk dipergunakan. Agen penjual diminta untuk harus merevisi iklan dalam waktu 24 jam, jika vendor menolak tawaran tertulis yang lebih tinggi atau perkiraan harga jual yang tertera dalam lembaran informasi.

Berikut adalah tips-tips tentang cara menavigasi pasar properti sebelum memulai house hunting:

  • Lakukan penelitian mengenai nilai pasar properti di area pilihan anda. Hal ini dapat anda lakukan melalu internet, menghadiri pelelangan, memantu hasil lelang, dan berkonsultasi dengan agen penjual real estate terpercaya;
  • Mengacu pada perkiraan harga jual agen penjual sebagai panduan yang tertera dalam lembaran informasi;
  • Mintalah agen penjual untuk menjelaskan harga yang diiklankan. Mereka harus memiliki pengetahuan tentang pasar di wiliayah tersebut untuk mendukung perkiraan harga jual mereka;
  • Penjual tidak mungkin menetapkan reserve price sampai hari pelelangan tersebut. Reserve price yang mereka tentukan mungkin bisa berada di atas harga yang diiklankan; dan
  • Jangan biarkan emosi menghalangi penilaian anda dan cobalah untuk bersikap realistis mengenai kemungkinan harga jual.

 

 

Alain Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B. Ec (Fin)
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Licensed Estate Agent
Harvard University Scholar
(e.) [email protected]

Tanya Tjahjosarwono,
B.Bus (MKT), M. ADV MKT.
Co-property Writer
Marketing Communications Officer
(e.) [email protected]

 

 

ADVERTISEMENT

Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam pasar  properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi.  Bila Anda tidak ingin terjebak dalam permainan agen-agen penjual yang tidak jujur, maka datanglah ke Xynergy Realty.

Xynergy Realty dapat memberikan konsultasi individual untuk jual beli properti, wealth creation strategyproperty investment dan property management dan home/ commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon pembeli properti, investor atau vendor.

Kontak kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai perubahan legislasi atau regulasi di 1300 884 168 atau email [email protected]

 

 

Sumber: REIV, Realestate.com.au, Consumers Affair Victoria, Herald Sun