09 PROPERTI - XYNERGY - monkey yearBagi Anda yang memiliki shio monyet, berbahagialah karena tahun ini adalah tahun yang berpotensi akan membawa keuntungan bagi Anda! Shio monyet seringkali dikaitkan dengan karakter dan personalia yang cerdas, humoris serta berkemampuan untuk menganalisa berbagai situasi dengan akurat. Berikut adalah beberapa ramalan yang kami dapatkan dari berbagai sumber. Prediksi bagi para shio monyet di tahun 2016 ini pada umumnya cukuplah baik, akan tetapi secara finansial dikhawatirkan bahwa banyaknya pengeluaran kemungkinan tidaklah cukup dengan tingkat pendapatan yang cenderung stagnan. Namun demikian, shio monyet juga kerap kali dikenal sebagai personal yang tidak takut akan tantangan. Bagi Anda yang tengah menjalin karir, ada baiknya untuk terus melakukan pekerjaan sebaik mungkin dan cobalah untuk tidak terlalu memfokuskan apa yang telah Anda kerjakan dengan apa yang telah Anda dapat. Semua keputusan dalam usaha maupun investasi harus dikerjakan secara teliti dan waspada.

Seperti yang telah kami bahas di edisi BUSET sebelumnya, pasar properti Australia tahun ini akan mengalami pengetatan akibat dari regulasi APRA (Australian Prudential Regulation Authority) untuk para investor dan pembeli asing guna mendapatkan akses dana pinjaman investasi terutama di Sydney dan Melbourne. Bagi Anda para investor dan pembeli asing yang memiliki shio monyet dan masih menggemari ramalan zodiak, faktor-faktor di atas mungkin perlu Anda perhitungkan, terutama bila Anda tengah mempertimbangkan untuk menginjakkan kaki di dunia properti Australia untuk pertama kalinya.

Kemampuan analisa Anda untuk mengkaji dan memperbaharui strategi investasi dengan ide-ide dan tujuan finansial yang baru. Hasil kajian yang kurang detail harus disusun dan dikembangkan lebih dalam lagi. Beberapa ramalan bahkan menyarankan untuk tidak berinvestasi di area yang tidak familiar bagi Anda. Seperti yang mungkin Anda dan banyak orang sudah tahu, berinvestasi di Australia terkadang tidaklah mudah. Banyak dan ketatnya peraturan di sini tidaklah sama seperti di Indonesia, dimana regulasi masih relatif lebih fleksibel. Akan tetapi, sisi baik dari praktek investasi di Australia akan memberikan jaminan lebih jauh dari aset yang Anda miliki. Seperti dalam prinsip berinvestasi bahwa investasi yang baik adalah investasi yang terukur dan stabil dalam pertumbuhan.

Hal-hal yang perlu diketahui saat berinvestasi di Australia, misalnya, cara untuk memaksimalkan manfaat depresiasi pajak properti investasi Anda. Lain seperti di Indonesia, dimana sistem ‘gotong-royong’ masih digunakan dalam banyak kebijakan moneter.

Kerap kali masyarakat Indonesia di tingkat menengah ke atas dikenakan pajak yang lebih tinggi guna mensubsidi masyarakat yang kurang mampu atau terbebas dari kewajiban membayar pajak. Di Australia, rumah tempat tinggal umumnya tidak dikenakan pajak pembangungan, kecuali bila digunakan untuk kepentingan investasi atau bisnis komersial. Maka daripada itu, meskipun lokasi investasi properti jugalah penting namun harga beli dan kemampuan untuk menyewakan saat membeli investasi properti tersebut sering kali diabaikan.

Dengan memperhitungkan depresiasi aset investasi properti dapat membantu membuka potensi cash flow bernilai ribuan dolar tambahan di setiap tahun finansial. Seperti contohnya, usia dan jenis properti akan menarik beberapa pemotongan depresiasi. Di beberapa negara bagian, pemilik unit apartemen dan townhouse bahkan bisa mengklaim depresiasi fasilitas umum bersama seperti lift dan kolam renang. Jumlah peralatan di dalam individual properti/ unit seperti sistem pendingin udara, kompor dan tirai dapat membawa kontribusi signifikan terhadap klaim penyusutan.

Maka daripada itu, marilah kita di tahun monyet ini mencoba untuk menjadi lebih strategis dalam perencanaan investasi kedepannya. Sementara ini, nilai dolar Australia tengah berada di titik terendah selama tujuh tahun terakhir ini setelah melewati garis batas USD $0.6930 – $0.7000. Russell Zimmerman, direktur eksekutif dari Australian Retail Traders’ Association mengatakan bahwa saat ini adalah saat terbaik bagi para konsumer domestik untuk melakukan pembelian. Ia menyebutkan bahwa tekanan yang besar dan menurunnya dolar Australia terhadap pasar domestik terus menguntungkan para pembeli dan investor asing.

Dengan adanya penguatan sektor retail dan industri menengah akibat pelemahan dolar Australia, mampu memberikan signal positif terhadap pertumbuhan di masa yang akan datang terhadap sustainable economic growth. Karena hal ini akan memberikan jaminan pertumbuhan ekonomi secara umum dan terencana bagi Australia yang akan berimplikasi positif bagi investasi.

 

Alain Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B. Ec (Fin)
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Licensed Estate Agent
Harvard University Scholar
(e.) [email protected]

Tanya Tjahjosarwono, B.Bus (MKT), M. ADV MKT.
Co-property Writer
Marketing Communications Manager
(e.) [email protected]

sumber: BMT Tax Depreciation, Herald Sun, and Australian Financial Review

 

Perubahan kondisi variabel ekonomi seperti terpapar di atas tidak memiliki dampak yang sama terhadap setiap individu. Bila Anda hendak atau tengah memikirkan langkah selanjutnya dalam perencanaan investasi atau penanganan aset properti Anda, ada baiknya bila Anda menghubungi kami atau pakar properti terpercaya Anda. Tim kami dapat memastikan bahwa Anda akan mendapat informasi dan saran yang paling sesuai dengan perencanaan yang Anda inginkan. Bila Anda mempunyai pertanyaan diseputar dunia real estate Australia, silahkan menghubungi kami di 1300 884 168 atau kunjungi kantor terdekat kami.