Bukan hal yang mengherankan lagi jika banyak orang mulai resah dengan kondisi Bumi sekarang. Meski berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup gencar dilakukan, kenyataannya pengrusakan alam justru terus terjadi.

Setiap 22 April, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meresmikan Hari Bumi. Berbagai belahan dunia pun ikut memperingatinya. Namun, tak hanya diperingati dengan menyebarkan lewat akun media sosial, masyarakat juga harus melakukannya dengan aksi nyata. Berikut cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk membantu Bumi kita yang telah dirangkum tim Buset.

Menghemat Air

Sejak kampanye untuk menyelamatkan Bumi digencarkan, cara ini menjadi salah satu yang sering disebut-sebut. Membuang-buang air menjadi salah satu cara untuk memperburuk keadaan Bumi. Dengan mematikan saluran air saat masih menggosok gigi, pasokan air sudah dapat diselamatkan. Selain itu, mencuci pakaian dalam satu waktu juga menjadi cara ampuh. Untuk air minum, Anda bisa membawa botol sendiri yang telah dibawa dari rumah sehingga Anda tidak membuang-buang kemasan pula.

Mengurangi Pemakaian Kendaraan Pribadi

Sumber polusi udara yang paling besar dan menyebabkan pemanasan global tentu datang dari kendaraan layaknya mobil, truk, pesawat terbang, dan kendaraan lain yang membutuhkan bahan bakar. Anda dapat mengganti kebiasaan tersebut dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda sebagai alat pengganti. Jika jarak yang ditempuh cukup jauh, coba cari kendaraan umum yang bisa digunakan tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi. Merawat kendaraan yang dimiliki juga menjadi cara yang dapat ditempuh, tukar bagian-bagian kendaraan yang mungkin sudah tidak ramah dengan alam.

Mengurangi Penggunaan Listrik 

Setiap watt listrik yang digunakan menjadi faktor besar pada polusi udara di Bumi. Pasalnya, batu bara dan gas alam merupakan sumber energi yang paling umum dijadikan listrik. Mengurangi penggunaan listrik pada kehidupan Anda sehari-hari dapat menjadikan Anda penyelamat Bumi. Jika tidak digunakan, matikan alat listrik saat tidak melakukan aktivitas di dalam rumah atau malam hari saat akan tidur. Selain itu, kita juga dapat mengatur suhu kulkas dalam rentang suhu 2 hingga 3 derajat Celsius dan freezer antara 0 hingga -2 derajat Celsius.

Konsumsi Sayuran daripada Daging

Mengonsumsi sayuran tak hanya membuat sehat, tetapi juga dapat menjadi aksi menyelamatkan Bumi. Dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran, pembunuhan hewan pun akan berkurang jumlahnya. Sama seperti manusia, hewan juga memiliki andil besar dalam memproduksi sumber oksigen di Bumi. Selain itu, bagi Anda yang ingin diet, cara ini juga bisa jadi cara yang ampuh, loh!

Membeli Produk Lokal

Alasannya sederhana, membeli produk lokal dapat mencegah Anda untuk memperoleh produk sampai harus pergi jauh-jauh atau diantar dari tempat yang jauh pula. Dalam proses memperoleh atau pengiriman, banyak hal yang dapat mengancam Bumi. Salah satunya mencegah penggunaan kendaraan dalam proses tersebut. Anda bisa mencegahnya dengan pergi ke pasar tradisional atau modern di sekitar rumah. Jika ingin membeli suatu produk online, Anda bisa mencaritahu berapa jarak yang harus ditempuh hingga barang tersebut diperoleh.

Mengurangi Pembuangan Sampah

Barang-barang yang sudah tidak digunakan yang dijadikan sampah bisa berakhir di lahan pembuangan sampah. Jenis-jenis sampah, layaknya plastik, kertas, logam, dan lainnya melewati proses yang tidak ramah lingkungan. Tak hanya merusak udara karena asapnya, efek pembakaran sampah dengan bahan tersebut juga dapat merusak kesehatan tanah. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan membawa tas yang terbuat dari kain sendiri saat belanja dan tidak menggunakan plastik yang disediakan penjual atau pasar, menjaga dan merawat produk yang dapat digunakan dalam jangka panjang, atau mencetak di kedua sisi kertas sehingga mengurangi penggunaan kertas yang berasal dari pohon.

Membuat Taman di Rumah

Jika Anda berniat untuk memiliki rumah pribadi, sisakan lahan untuk membuat taman yang dapat ditumbuhi tanaman dan ditinggali oleh berbagai hewan liar. Semua jenis makhluk hidup memiliki andil untuk menjaga perputaran oksigen di Bumi. Saat ini hampir semua jenis hewan, dari burung hingga serangga habitatnya makin terancam karena kehabisan tempat yang bersih dari pencemaran minyak atau tempat untuk sekadar berkeliaran. Dengan membangun taman, Anda bisa menyelematkan beberapa aspek kecil dalam kehidupan Bumi.

Kompos

Dengan melakukan kompos, Anda juga dapat mengurangi sampah dan meningkatkan kesehatan tanah. Caranya, Anda tinggal membiarkan sisa makanan selama beberapa minggu, kemudian memupuknya ke tanah. Anda akan mendapatkan tanah yang kaya akan zat hara. Tanah di sekitar rumah Anda dapat terlihat lebih segar dan subur.

Cara-cara di atas tentu sudah sering Anda temukan di berbagai media, tetapi perlu diketahui cara-cara tersebut lah yang memang perlu ditempuh untuk dapat menyelamatkan Bumi. Tidak perlu menyalahkan pemerintah saat Bumi sudah mulai rusak. Bukan hanya peran pemerintah, setiap individu di muka Bumi memiliki tanggungjawab yang setara di dalamnya.

 

Yuk, selamatkan Bumi mulai dari kita!

 

 

 

Dhyra