Biro Statistik Australia (Australian Bureau of Statistics / ABS) telah memulai pencarian di seluruh Australia untuk merekrut sampai dengan 38.000 orang yang bersemangat dan berkomitmen untuk membawa perbaikan dalam komunitas mereka, sebagai Petugas Lapangan pada Sensus Penduduk dan Perumahan tahun 2016. Sensus akan dilakukan pada hari Selasa, 9 Agustus 2016.

Petugas Lapangan tersebut harus merupakan komunikator yang canggih yang mengenal baik daerahnya, dan nyaman menggunakan teknologi. Petugas Lapangan harus menindaklanjuti rumah tangga yang tidak berpartisipasi pada malam Sensus dan mendukung pengumpulan dan penyampaian formulir kertas tadisional di wilayah seluruh Australia.

Pimpinan Program Sensus tahun 2016, Duncan Young mengatakan bahwa Petugas Lapangan masih sama pentingnya dalam Sensus 2016, walaupun 65% penduduk Australia diperkirakan akan mengisi Sensus secara daring (online).

“Para Petugas Lapangan akan menjadi bagian yang amat penting dari usaha ABS untuk menghitung hampir 10 juta tempat tinggal dan sekitar 24 juta orang di seluruh Australia pada malam Sensus,” kata Mr Young.

“Sementara hampir semua orang akan mengisi Sensus secara daring, Australia selama ini tidak bertambah kecil dan kita masih membutuhkan Petugas Lapangan di setiap jalan, setiap suburb dan setiap kota untuk mengingatkan serta membantu orang-orang mengisi Sensus mereka.”

Data yang dikumpulkan dari Sensus 2016 akan mendukung keputusan pendanaan untuk layanan dan sarana infrastruktur antara lain untuk perumahan, transportasi, pendidikan, industri, rumah sakit, dan lingkungan.

Data dari Sensus 2011 mengungkapkan bahwa industri pekerjaan yang paling umum ialah Pendidikan Sekolah (467.373), dan bahasa selain bahasa Inggris yang paling umum digunakan di rumah ialah bahasa Mandarin (336.410). Apakah yang akan diperlihatkan oleh Sensus 2016?

Untuk informasi lebih lanjut tentang Sensus 2016, kunjungi www.abs.gov.au/census.

Tanggal-tanggal penting Sensus 2016:

Akhir Juli sampai awal Agustus 2016 Surat-surat petunjuk dan formulir akan disampaikan
9 Agustus 2016 Malam Sensus
Pertengahan Agustus – akhir Sep 2016 Kunjungan-kunjungan lapangan
April 2017 Hasil pertama dari Sensus 2016 diumumkan

 

 

Australian Bureau of Statistic