” The spread of civilization may be likened to a fire; first, a feeble spark, next a flickering flame, then a mighty blaze, ever increasing in speed and power.” Nikola Tesia, American Inventor 

Life is like a ten speed bicycle. Most of us have gears we never use.” Charles M Schulz, American Cartoonist

Pertumbuhan ekonomi Melbourne yang bergerak pada tren positif di kuartal-kuartal akhir memberikan tingkat kenyakinan masyarakat atas seluruh aspek yang berpengaruh dari tingkat dasar seperti infrastruktur sampai industri jasa, seperti pendidikan, perbankan, kesehatan dan retail. Pertumbuhan ekonomi ini disebabkan oleh kuatnya fondasi perekonomian Australia dan Melbourne secara khusus yang mampu memberikan stimulus positif pada aspek-aspek utama dari roda perekonomian.

Dengan adanya pertumbuhan yang stabil dalam kurun waktu dua atau tiga tahun terakhir, hal ini disebabkan oleh salah satu faktor utama yaitu pertumbuhan populasi. Tingkat pertumbuhan populasi kota-kota besar di Australia berdasarkan hasil survei oleh Australian Bureau of Statistic sampai Juni 2013 mengalami peningkatan sebesar 313,378 jiwa selama 12 bulan terakhir dengan tingkat persetujuan tempat tinggal baru dalam kurun waktu yang sama sebesar 114,825 unit. Dan berdasarkan data terakhir dengan perbandingan hasil survei sebelumnya terdapat penurunan sebesar 22,180 properti baru.

1
Dengan adanya laporan ini menunjukan bahwa ketersediaan properti di pasar untuk dapat menampung seluruh pertumbuhan populasi yang tetap pada tren positif tidak akan dapat mencukupi. Besarnya perbedaan ini akan terus memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan harga properti di satu sisi. Dan dari grafik di bawah dapat menunjukan perbandingan pertumbuhan populasi secara khusus di Melbourne dan persetujuan properti baru sampai Juni 2013.

2
Hal di atas telah menunjukan dan menjadi jawaban tersendiri atas perbedaan dan kekurangan jumlah properti untuk jiwa-jiwa baru sebagaimana dipaparkan di atas. Sebagaimana juga yang pernah dilaporakan pada artikel, City of Skyscraper (http://buset-online.com/xynergy-cityofskyscrapers/), bulan yang lalu dengan adanya net growth population di Melbourne sebesar 1,200 jiwa baru merupakan penguatan informasi dengan adanya perkembangan permintaan properti baru untuk Melbourne. Pertumbuhan populasi yang cepat dengan adanya segala aspek yang berpengaruh, pemerintahan lokal Melbourne terus berusaha mengantisipasi segala hal guna tetap mempertahankan stabilitas pertumbuhan dan sarana penunjang bagi seluruh jiwa yang tinggal di dalamnya. Dan dari sisi ekonomi sendiri juga akan berpengaruh dengan peningkatan harga pada produk-produk yang terbatas tetapi permintaan terus meningkat sebagaimana terpaparkan pada hukum Demand-Supply.

Kerap kali banyak orang datang bertanya akan waktu yang tepat untuk membeli properti. Dan jawaban yang selalu saya berikan adalah “Sekarang adalah waktu yang tepat, kecuali manusia telah berhenti berproduksi.” Jawaban ini bukanlah sebuah jawaban tanpa dasar, karena berdasarkan teori ekonomi dan psikologi bahwa, salah satu kebutuhan dasar manusia adalah tempat tinggal. Sehingga dengan adanya pertumbuhan populasi yang positif seperti ditunjukan oleh laporan di atas, maka permintaan atas properti akan bergerak berbanding lurus dengan adanya tren pertumbuhan populasi yang akan berimplikasi langsung terhadap pertumbuhan harga properti itu sendiri. Tetapi pertumbuhan harga properti, tidaklah sejalan dengan tingkat pertumbuhan pendapatan rata-rata. Hal tersebut akan berulang seperti kota-kota besar lainnya di London, New York, Singapura sebagai contoh dimana tingkat keterjangkauan harga properti dan tingkat pendapatan yang ada, tidaklah memadai sehingga banyak orang tidak lagi mampu untuk memiliki tempat tinggal sendiri selain daripada menyewa. Dan juga ditambah dengan keterbatasan fasilitas pinjamanan bagi mereka yang dikarenakan rendahnya tingkat pendapatan dibandingkan dengan tingkat harga rata-rata properti.

Speed of Growth merupakan sebuah paparan dasar akan kondisi ekonomi yang terjadi pada saat ini serta prediksi akan arah pergerakan ekonomi di masa yang akan datang dengan tetap berpedoman pada ceteris paribus; segala unsur diasumsikan tetap. Don’t be regular dalam menganalisa oportunitas investasi anda dengan berpedoman pada alat-alat investasi yang terukur. Kami, Xynergy Realty Group, dapat membantu dalam memberikan pilihan-pilihan investasi properti yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan anda berdasarkan data dan informasi yang akurat. Hubungi kami di 1300 884 168 untuk konsultasi atau informasi lebih lanjut.

Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty Group memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property management dan home/commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli properti.

Alain M Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), Dipl FMBM, B. Ec (Fin)
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Finance Management & Investment Management Lecturer
(e.) [email protected]