Di minggu yang cerah tepat pada tanggal 28 Oktober 2018 di Sir James Mitchel Park, Western Australia, KJRI Perth bekerja sama dengan Indonesian Diaspora Western Australia (IDN WA) mengadakan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-90.

Kegiatan ini sebagai upaya KJRI Perth dan IDN WA untuk membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan di kalangan generasi muda Indonesia yang tinggal di Perth.

Upacara dihadiri kurang lebih oleh 150 Masyarakat Indonesia di Perth. Rasa nasionalisme pemuda dan semangat persatuan disampaikan oleh Konjen RI Perth Dewi Gustina Tobing dalam upacara tersebut. Di upacara ini semarak kepemudaan dan persatuan dilantunkan dalam lagu satu nusa dan satu bangsa, bangun pemudi pemuda.

Upacara kali ini terasa spesial karena dilaksanakan di sebuah taman tepi sungai Swan dengan pemandangan kota Perth yang indah. Selepas upacara, kegiatan dilanjutkan dengan hiburan tarian dan lagu poco-poco, tobelo dan maumere. Selain itu, beberapa anak muda menyumbangkan suaranya menyanyikan beberapa lagu nasional. Kegiatan semakin semarak dengan hadirnya food stall yang menawarkan roti sosis dan sate sehingga masyarakat merasakan kenyamanan dan nuansa kekeluargaan dengan bersantai di hari minggu yang cerah dan udara yang sejuk.

Pak Yudi salah satu masyarakat yang hadir menyatakan kekagumannya atas penyelenggaraan upacara kali ini. “Upacara kali ini terasa berbeda karena baru kali ini dilakukan di ruang terbuka yang sesuai dengan tema kepemudaan. Acara tambah meriah yang didukung oleh cuaca yang cerah. Luar biasa!” ucapnya ketika ditanyakan kesannya.

 

 

 

KJRI Perth