1. Apakah saya dapat mengajukan aplikasi visa untuk pasangan saya di Australia?

Anda harus mempunya visa yang sah secara hukum sesuai tujuan tinggal dan berapa lama akan tinggal di Australia. Apabila Anda bermaksud pindah dan menetap secara tetap atau permanen di Australia, Anda harus mendapatkan visa yang sesuai sebelum Anda pergi.

Harap diperhatikan: Apabila kondisi visa sementara Anda adalah “no further stay” atau tidak dapat tinggal di Australia, maka Anda tidak dapat mengajukan permohonan visa di Australia untuk pasangan Anda.

2. Berapa lama proses pengajuan visa untuk pasangan Anda?

Jangka waktu untuk mendapatkan visa untuk pasangan sekarang ini rata-rata sedikitnya memakan waktu 6 – 9 bulan sejak tanggal pengajuan aplikasi. Harap diperhatikan bahwa lamanya proses sangat bervariasi tergantung pada banyak faktor dan kompleksitas masalahnya. Beberapa kasus yang mensyaratkan adanya wawancara dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kesehatan fisik dan kelakukan baik, prosesnya akan memakan waktu lebih lama bahkan lebih dari 12 bulan.

Jangka waktu minimum untuk lamanya proses permohonan visa ini saat ini sangat tergantung kepada banyaknya jumlah aplikasi dan jumlah program keluarga yang tersedia yang direncanakan oleh pihak pemerintah Australia dalam program migrasi Australia setiap tahunnya.

Departemen Imigrasi Australia saat ini menerima jumlah pengajuan permohonan visa yang lebih banyak dari jumlah program keluarga yang tersedia dalam program migrasi pemerintah Australia yang artinya jangka waktu penyelesaian pengajuan permohonan visa akan memakan waktu lebih lama lagi. Ini berarti Anda disarankan untuk tidak melakukan tindakan apapun yang dapat mempengaruhi status visa yang sedang dalam proses tersebut, seperti misalnya berhenti bekerja, menjual rumah dan tanah atau membeli tiket pesawat terbang.

3. Apakah jangka waktu proses penyelesaian visa dapat dipercepat?

Pengajuan visa diproses berdasarkan urutan mana duluan yang masuk dan kecil kemungkinan suatu pengajuan dapat dipercepat prosesnya. Namun apabila Anda punya alasan yang sangat mendesak agar visa segera diproses, Anda dipersilahkan untuk membuat pernyataan tertulis tentang alasan-alasan tersebut, yang diajukan kepada personel yang menangani visa Anda. Harap diketahui bahwa alasan-alasan seperti pekerjaan di Australia, sekolah untuk anak-anak, kehamilan, penjualan tanah dan rumah, atau perpisahan dengan pasangan, tidak dapat diterima sebagai alasan untuk mempercepat proses permohonan visa.

4. Dokumen Terjemahan

Dokumen-dokumen asli dalam bahasa non Inggris harus diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Hasil terjemahan harus disetujui oleh hukum yang berlaku di Australia, dimana harus dilakukan oleh penterjemah yang terdaftar dan mempunyai akreditasi di Australia (National Accreditation Authority for Translators and Interpreters). Data dan nama penterjemah yang mempunyai akreditasi tersebut harus dicantumkan dalam dokumen-dokumen terjemahannya. Untuk dokumen-dokumen yang diterjemahkan oleh penterjemah yang tidak mempunyai akreditasi di Australia harus mencantumkan nama, alamat, nomor telepon dan data-data mengenai kualifikasi dan pengalaman si penterjemah dalam penterjemahannya.

5. Anak-anak saya mempunyai kewarganegaraan Australia, apakah saya perlu memasukkan nama-nama mereka dalam pengajuan permohonan visa pasangan ini?

Apabila anak-anak Anda sudah mempunyai kewarganegaraan Australia, tidak perlu lagi visa dan dapat menggunakan paspor Australianya untuk datang ke Australia. Pada saat Anda melengkapi isian formulir 47SP, Anda harus menyatakan bahwa anak-anak yang berkewarganegaraan Australia tidak dimasukkan sebagai pemohon visa dan diberi keterangan “not migrating” atau “tidak migrasi” walaupun mereka akan datang ke Australia bersama Anda untuk menemani Anda dalam perjalanan.

6. Bukti-bukti Hubungan

Setiap hubungan adalah berbeda sifatnya satu sama lain dan kita mungkin membutuhkan dokumen-dokumen yang berbeda-beda terhadap permohoan visa Anda. Personel yang menangani akan menghubungi Anda apabila telah melakukan pemeriksaan terhadap dokumen-dokumen pembuktian jenis hubungan Anda dengan pasangan Anda dan ternyata diperlukan dokumen-dokumen penunjang lainnya.

7. Kami belum pernah hidup bersama selama 12 bulan, tapi bermaksud mengajukan permohonan visa de facto (hidup bersama tanpa menikah), apakah dimungkinkan?

Untuk  mendapatkan visa pasangan de facto, Anda dan pasangan harus menunjukkan bukti bahwa Anda telah hidup bersama dalam suatu ikatan selama 12 bulan sebelum mengajukan permohonan visa. Harap diperhatikan bahwa jangka waktu 12 bulan dihitung sejak ikatan tersebut hidup bersama dimulai.

8. Saya bermaksud mengajukan visa de facto tapi saya masih dalam status pernikahan dengan orang lain, apakah menjadi masalah?

Untuk mengajukan permohona visa de facto, Anda dan pasangan harus menunjukkan bahwa telah hidup bersama selama 12 bulan sebelum permohonan visa diajukan dan hubungan tersebut harus bersifat terbatas pada hanya Anda dan pasangan. Kalau salah satu masih terikat dalam pernikahan dengan orang lain, Anda atau pasangan harus membuktikan bahwa hubungan pernikahan Anda atau pasangan Anda telah berakhir.

9. Apa yang terjadi apabila pasangan yang mensponsori Anda telah memberikan sponsor untuk orang lain sebelumnya?

Sponsor bersifat sangat terbatas. Pasangan Anda mungkin tidak dapat lagi memberikan sponsor kepada Anda apabila dia telah memberikan sponsor 2 orang untuk visa migrasi ke Australia; atau telah memberikan sponsor kepada  pasangannya yang lain dalam jangka waktu 5 tahun atau Anda telah mendapatkan sponsor dari seseorang sebagai pasangan Anda terdahulu dalam jangka waktu 5 tahun.

Pasangan Anda mungkin masih diperbolehkan memberikan sponsor untuk Anda apabila terdapat alasan yang mendesak, seperti mantan pasangan dari pasangan Anda sebelumnya meninggal atau meninggalkan hubungan dengan dan meninggalkan anak-anak hasil hubungan mereka kepada pasangan Anda; atau apabila hubungan pasangan Anda dengan Anda sudah berlangsung lama; atau apabila pasangan Anda dan Anda  mempunyai anak dari hubungan Anda.

10. Kapan saya harus menjalani pemeriksaan kesehatan fisik?

Pemeriksaan kesehatan fisik oleh tim dokter yang disetujui oleh pemerintah Australia akan dimintakan bersamaan dengan proses pemeriksaan atas permohonan visa Anda, Anda akan diberitahukan informasi tentang waktu pemeriksaannya.

11. apakah saya dapat melakukan pemeriksaan kesehatan fisik dengan dokter pilihan saya?

Tidak. Dalam hal apapun, kita tidak dapat menerima pemeriksaan dokter oleh dokter pribadi yang belum disetujui oleh pemerintah Australia.

12. Apakah saya dapat melakukan perjalanan ke Australia pada saat visa sedang dalam proses?

Anda dapat mengajukan permohonan jenis visa lain pada saat visa Anda sedang dalam proses. Visa jenis lain yang akan Anda ajukan akan diperiksa apakah visa jenis lain tersebut akan mempengaruhi visa yang sedang dalam proses tersebut.

Harap diperhatikan bahwa apabila Anda datang ke Australia dengan tiket sekali jalan, Anda akan diperiksa oleh pihak imigrasi di bAndara udara di Australia mengenai maksud kedatangan Anda ke Australia. Apabila datang ke Australia dengan visa turis,Anda harus meyakinkan  pejabat imigrasi bahwa Anda adalah benar berkunjung ke Australia sebagai turis. Anda harus menjelaskan maksud kedatangan Anda dan meyakinkan pejabat imigrasi bahwa Anda tidak akan tinggal melebihi jangka waktu yang ditentukan dalam visa turis tersebut.

13. Apakah visa pasangan dapat diberikan selagi saya berada di Australia?

Tidak. Apabila Anda mengajukan permohonan visa  pasangan di luar Australia, Anda secara hukum harus juga berada di luar Australia ketika visa tersebut diberikan. Apabila Anda berada di Australia ketika visa tersebut siap untuk diterbitkan, Anda harus pergi meninggalkan Australia ke negara manapun dan harus berada di negara bersangkutan selama 4 hari kerja untuk menunggu proses penerbitan visa. Anda harus menginformasikan personel yang menangani Visa Partner Anda data alamat dan nomor yang bias dihubungi.

14. Apakah yang dimaksud dengan dua tahap dalam proses penerbitan Visa Partner?

Permohonan untuk mendapatkan visa dilakukan dalam 2 tahap. Anda harus mengajukan permohonan visa provisional (subclass 309) dan permanent (subclass 100) pada saat bersamaan dalam satu formulir permohonan yang disebut form 47 SP. Apabila Anda memenuhi semua persyaratan awal, Anda akan diberikan visa Provisional, visa ini akan tetap berlaku sampai putusan visa Permanent diterbitkan, yang secara umum memakan waktu 2 tahun setelah visa Provisional diterbitkan. Apabila Anda terus memenuhi persyaratan hukum, Anda akan diberikan visa Permanent subclass 100, biasanya setelah kedatangan Anda di Australia.

15. Apakah saya bisa mendapatkan visa Permanent (subclass 100) tanpa harus menunggu 2 tahun?

Jangka waktu 2 tahun dapat dikesampingkan apabila pada saat Anda mengajukan visa ini, Anda sudah berada dalam ikatan dengan pasangan Anda selama 3 tahun atau lebih, atau 2 tahun atau lebih apabila Anda mempunyai anak dari hasil iktan tersebut.

Harap diperhatikan bahwa jangka waktu 3 tahun dihitung sejak komitmen pernikahan atau hubungan de facto dengan pasangan Anda dimulai, BUKAN sejak Anda pertama kali mengenal pasangan Anda atau dalam suatu  hubungan yang sifatnya kasual tanpa komitmen.

 

Anna Chen & Associates
[alert color=”C282B1″ icon=”9888″]Tulisan ini hanya untuk informasi secara umum, apabila Anda membutuhkan nasihat hukum untuk masalah migrasi Anda harus mendapatkan pendapat hukum dari pengacara yang independen[/alert]