Siapa yang tidak kenal sama Teenage Mutant Ninja Turtle? Atau yang biasa disebut Kura-Kura Ninja oleh orang-orang Indonesia. Hampir semua orang yang lahir di tahun 80 dan 90-an dan selebihnya pasti kenal dengan tokoh kartun asal Amerika Serikat ini. Empat ekor kura-kura yang berspesialisasi dalam bela diri “Ninja” dan bertujuan untuk menegakkan keadilan.

Teenage Mutant Ninja Turtle (biasa disingkat menjadi TMNT) diciptakan Kevin Eastman dan Peter Laird, pemilik Mirage Studios, sebuah perusahaan buku komik independen yang didirikan pada tanggal 30 september 1983. Pada tahun 1987 serial kartun TMNT pertama kali keluar dan melalui serial inilah anak-anak di seluruh dunia mulai mengenal empat kura-kura yang jago berkelahi ini.

Awal kejadian mereka menjadi Kura-kura Ninja adalah karena sebuah truk yang sedang membawa cairan toxic mengalami kecelakaan dimana salah satu container-nya keluar dari truk dan mengenai 4 bayi kura-kura yang sedang dibawa seorang anak. Kura-kura tersebut jatuh ke dalam lubang pembuangan dan terkena cairan hijau dari truk tersebut, bersamaan dengan seekor Tikus yang akhirnya menjadi guru mereka dalam ajaran Ninja asal jepang.

Pada filmnya yang sekarang, TMNT kembali beraksi dengan bantuan April O’Neil, seorang reporter yang merupakan teman mereka, kali ini diperankan oleh Megan Fox. Film yang rilis 11 September 2014 di seluruh Australia ini juga merupakan film pertama TMNT yang memakai format 3D. Untuk mengetahui lebih lanjut, BUSET akan mengingatkan Anda kepada tokoh-tokoh masa kecil kita:

Leonardo adalah pemimpin TMNT. Ia mempunyai sifat berani mengambil keputusan dan sangat disiplin dalam bela diri. Sebagai pengikut aliran Bushido (aturan hidup seorang samurai) perasaannya dalam kehormatan dan keadilan sangat kuat. Leonardo memakai topeng berwarna biru dan senjata pilihannya adalah Katana. Dia yang tertua dari anggota TMNT dan dinamakan mengikuti Leonardo Da Vinci.

 

Raphael adalah yang paling bandel di tim TMNT. Ia mempunyai sifat yang agresif dan tidak ragu untuk memulai perkelahian. Dia merupakan petarung yang intense. Kepribadian Raphael bisa dibilang sarkastik, humoris dan kadang sedikit galak. Tetapi dibalik semua itu dia mempunyai hati yang baik, mau melindungi orang lain dan sangat setia kepada aggota TMNT dan sang sensei, Splinter. Raphael memakai topeng berwarna merah dan senjata pilihannya adalah Sai.

 

Donatello adalah seorang penemu dan maniak teknologi, ia mempunyai reputasi sebagai yang paling pintar. Ia adalah anggota yang paling menghindari kekerasan dan memilih untuk menggunakan kepintarannya untuk menyelesaikan konflik. Donatello memakai topeng berwarna ungu dan senjata pilihannya adalah tongkat panjang yang biasa disebut bo.

 

Michaelangelo adalah anggota yang paling easy-going dan bebas. Ia biasa dianggap sebagai yang paling humoris diantara anggota yang lain. Selain hobinya dalam membaca komik dan makan pizza, ia juga mempunyai sisi yang doyan berpetualang. Michaelangelo memakai topeng berwarna oranye dan senjata pilihannya adalah Nunchaku (Double stick).

 

Splinter adalah Sensei (guru) dan ayah angkat anggota TMNT. Splinter adalah seekor tikus yang ikut terkena cairan hijau dan bermutasi seperti anggota yang lain. Ia belajar ajaran bela diri Ninjutsu dari Hamato Yoshi, orang yang memeliharanya sejak ia masih di jepang. Tetapi di dalam serial televisi TMNT pada tahun 1987, teorinya agak berbeda, Splinter adalah Hamato Yoshi yang bermutasi menjadi tikus dan bukan peliharaan tikusnya.

 

April adalah manusia biasa sekaligus teman TMNT. Ia sering ikut berpetualang bersama mereka dan membantu anggota-anggota TMNT dengan mengerjakan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan anggota TMNT di depan publik. April adalah seorang reporter televisi.

 

Master Ninja jahat bernama Oroku Saki yang berasal dari grup Foot clan adalah musuh bebuyutan dari Splinter dan TMNT. Shredder memakai baju besi berbentuk samurai yang dilengkapi dengan pisau-pisau tajam. Di film ini nama Oroku Saki diganti menjadi sedikit barat, yakni Eric Sachs.

 

Film ini adalah film live-action pertama yang memasukkan Karai sebagai salah satu karakter. Karai adalah anggota ranking atas dari Foot clan yang sering ada di komik dan kartun TMNT. Ia adalah anak angkat dari Shredder (namun kerap diceritakan sebagai cucu asli Shredder di beberapa komiknya) dan rival – meski terkadang terlihat menyukai – Leonardo.

 

sasha
turtlepedia
berbagai sumber