“A dream doesn’t become reality through magic; it takes sweat, determination and hard work.” Colin Luther Powel, Former of Secretary of State of USA

 I’ve always found that anything worth achieving will always have obstacles in the way and you’ve got to have that drive and determination to overcome those obstacles on route to whatever it is that you want to accomplish.Chuck Norris, American Movie Star

Pada akhir bulan kedua tahun 2014, kondisi ekonomi Australia mengalami perkembangan yang signifikan. Terlepas dari berita-berita yang beredar yang mengatakan bahwa kondisi ekonomi mengalami tekanan dari dampak perubahan kebijakan ekonomi di Amerika dan China selaku partner bisnis ekonomi utama Australia, tetapi hal tersebut tidak memberikan pengaruh besar terhadap pergerakan ekonomi di Australia secara khusus. Pada akhir penutupan perdagangan (17 Feb 2014) nilai tukar dolar Australia terhadap dolar Amerika mengalami peningkatan setelah dua minggu terakhir mengalami tekanan, pada posisi USD 0.90 per AUD. Hal ini menunjukan kekuatan fondasi ekonomi Australia yang terbilang relatif stabil dan bergerak pada tren positif.

Optimisme pasar ini terefleksi pada pasar properti secara langsung. Dari hasil laporan-laporan data properti, menunjukan pertumbuhan yang sangat positif terhadap harga properti yang terus mengalami peningkatan terlepas dari semua tekanan atau isu yang ada. Rata-rata pertumbuhan nilai kapitalisasi properti (khususnya tempat tinggal) di Australia sebesar 9.8% sampai akhir Januari 2014 dengan kontribusi terbesar dari Sydney dan Melbourne sebesar 13.4% dan 11.9% secara berurutan. Dan dari keseluruhan kota-kota besar, mengalami pertumbuhan positif, kecuali Hobart mengalami penurunan sebesar -0.2% atau relatif stabil selama satu tahun terakhir.

Variabel lain yang juga mendukung pergerakan positif tersebut dengan adanya kondisi musim panas yang masih terasa sampai akhir Februari sebelum memasuki musim gugur pada bulan Maret, dimana para pembeli properti atau juga investor masih gencar mencari peluang investasi properti mereka pada properti-properti yang memiliki semua ticked-boxes untuk properti investasi, seperti lokasi, sarana transportasi umum, zona sekolah dan harga yang akomodatif.

Dan berdasarkan laporan terakhir tercatat juga bahwa nilai properti pada saat ini telah melalui nilai sebelum kondisi krisis pada kisaran tahun 2011, dimana harga properti pada saat ini telah berada 4.8% secara rata-rata nasional lebih tinggi dari nilai tertinggi yang tercatat pada tahun 2010. Dan untuk pasar Melbourne khususnya, telah mengalami peningkatan sebesar 2.6% untuk periode yang sama.

Dengan adanya kondisi kondusif yang dimiliki oleh Australia khususnya Melbourne, membuktikan bahwa Australia merupakan tempat yang tepat untuk berinvestasi pada properti. Hal ini juga ditunjang dengan angka mobilisasi positif terhadap peningkatan jumlah populasi di Victoria yang tercatat positif dengan tren positif sebanding dengan peningkatan permintaan terhadap ketersediaan properti di pasar. Dan hal tersebut juga terlihat dengan adanya peningkatan ketersediaan properti di pasar yang meningkat pada tiga bulan terakhir untuk properti yang telah siap huni atau pun akan siap huni dalam waktu dekat seperti terlihat pada grafik di bawah ini. Dengan properti baru yang tersedia di pasar sampai 9 Februari 2014 sebanyak 43,502 unit secara nasional atau meningkat sebanyak 12.4% dari periode yang sama.

Kondisi positif ini akan dapat menjadi sebuah momentum dalam pengambilan keputusan untuk berinvestasi di properti. Dan seperti diketahui bahwa industri properti Australia yang bernilai AUD 5,2 trillion memiliki determinasi tersendiri sebagai salah satu tulang punggung perekonomian Australia untuk terus berkembang secara konservatif dan terarah. Don’t be regular dalam menganalisa oportunitas investasi di properti dengan berpedoman pada alat-alat investasi yang terukur. Kami, Xynergy Realty Group, dapat membantu dalam memberikan pilihan-pilihan investasi properti yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan anda berdasarkan data dan informasi yang akurat. Hubungi kami di 1300 884 168 untuk konsultasi atau informasi lebih lanjut.

Alain M Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), Dipl FMBM, B. Ec (Fin)
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Finance Management & Investment Management Lecturer
(e.) [email protected]

[alert color=”A1ACC2″ icon=”9888″]Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty Group memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property management dan home/commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli properti.[/alert]