Artikel ini akan menjelaskan hak dan tugas Anda jika Anda berurusan dengan polisi atau dituduh melakukan tindak pidana di Victoria.

Apa yang Anda lakukan apabila polisi menanyai Anda?

Anda harus berhati-hati dengan apa yang Anda katakan kepada polisi, terutama apabila Anda tidak mengerti apa pertanyaannya. Ini berlaku juga ketika Anda membuat pernyataan apapun. Mintalah pendampingan penerjemah atau “interpreter” untuk membantu Anda. Apabila polisi menanyakan nama dan alamat Anda, Anda harus memberikannya. Polisi akan mencoba mengklarifikasi alamat ini dengan identifikasi yang ada.

Apa yang Anda lakukan apabila Anda dibawa ke kantor polisi?

Apabila Anda ditangkap dan ditahan, Anda akan dibawa ke kantor polisi menggunakan mobil polisi. Polisi akan memberi tahu apa dakwaan Anda. Di kantor polisi tersebut, Anda dapat menelpon seorang teman dan seorang pengacara. Polisi akan memberi Anda waktu dan bantuan untuk mencari pengacara. Anda berhak menolak untuk menjalani prosedur forensik kecuali apabila polisi mempunyai perintah pengadilan atau “court order” untuk prosedur itu. Dalam arti lain, Anda boleh menolak sampel tubuh Anda untuk diambil dan diperiksa.

Interogasi oleh polisi tanpa penangkapan

Polisi bisa menginterogasi Anda dengan bertanya “can you assist us in finalizing our enquiries” yang artinya “Dapatkan Anda membantu kami untuk menyelesaikan pertanyaan kami?” Anda dapat menuruti permintaan tersebut dengan harapan masalah tersebut akan selesai dengan cepat. Namun, jangan setuju atau akui apapun yang Anda tidak mengerti. Dengan persetujuan atau pengakuan tanpa pengertian yang jelas, Anda mungkin saja divonis sebagai akibatnya. Sebisa mungkin mintalah pendampingan seorang pengacara. Ini bukan berarti Anda mengakui kesalahan Anda. Pendampingan seorang pengacara dapat membantu Anda untuk menghindari penundaan masalah lebih lanjut.

Seberapa seriuskah situasi Anda?

Keseriusan situasi Anda tergantung pada jenis pelanggaran yang ditiduhkan. Sebuah pelanggaran atau “offence” adalah sebuah kesalahan yang dilanggar oleh hukum pidana. Di Australia, ada dua macam pelanggaran yaitu pelanggaran ringan atau “summary offence” dan pelanggaran yang lebih berat atau “indictable offence”. “Summary offence” menyangkut masalah-masalah kriminal kecil dan akan diadili di Magistrates Court. ”Indictable offence” adalah pelanggaran hukum yang lebih besar dan akan diadili di pengadilan tingkat lebih tinggi seperti County Court atau Supreme Court dan biasanya diadili oleh hakim dan keputusan diambil oleh juri. Apabila diberi pilihan, pilihlah Magistrates Court karena ini adalah tingkat pengadilan paling rendah dengan harga lebih murah, hukuman tidak terlalu berat dan masalah lebih cepat selesai.

Apakah Anda boleh digeledah?

Polisi hanya dapat menggeledah diri ataupun barang-barang Anda apabila polisi tersebut memiliki sebuah izin yang disebut “warrant”. “Warrant” adalah surat perintah yang dikeluarkan pengadilan untuk menyuruh petugas untuk melakukan hal-hal tertentu. Polisi tidak perlu surat perintah ini apabila mereka mempunyai alasan-alasan masuk akal untuk mencurigai Anda telah mencuri barang atau memiliki narkotika/obat-obatan terlarang ataupun senjata. Untuk masalah-masalah lain, maka polisi tersebut memerlukan surat perintah tersebut untuk menggeledah Anda. Mintalah polisi tersebut untuk menunjukkan surat perintahnya apabila mereka datang ke rumah Anda. Polisi juga tidak memerlukan surat perintah ini apabila mereka menemukan seseorang yang melakukan tindakan kriminal serius atau seseorang yang membebaskan diri dari tahanan.

Bagaimana apabila Anda di bawah umur 18 tahun?

Anda harus mematuhi hukum di Victoria.

Polisi perlu perintah pengadilan atau “court order” untuk mengambil sidik jari Anda apabila Anda berumur 10 sampai 14 tahun. Apabila Anda berumur 15 atau lebih dan polisi merasa Anda sudah melanggar hukum secara serius, polisi dapat mengambil sidik jari Anda.

Bagaimana apabila Anda adalah seorang penyandang cacat?

Polisi diharuskan untuk mengikuti peraturan dan prosedur tertentu pada saat polisi menginterogasi sampai pemberian hukuman pada saat didakwa. Apabila Anda memiliki masalah psikiatris atau intelektual, polisi diharuskan untuk didampingi oleh pihah ketiga yang independen. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut mengenai soal ini, pengacara adalah pilihan paling tepat untuk memberi informasi lebih lanjut.

Apa yang harus Anda lakukan apabila Anda diminta untuk membantu suatu investigasi polisi?

Anda boleh menolak membantu tetapi apabila Anda tidak ada sesuatu yang disembunyikan, Anda seharusnya bekerjasama dengan polisi.

Apakah polisi mempunyai kekuasaan untuk menangkap Anda?

Polisi mempunyai kekuasaaan untuk menangkap Anda jika mereka percaya itu adalah untuk keselamatan dan kesejahteraan Anda, atau itu adalah demi kepentingan terbaik dari masyarakat, atau untuk mempertahankan ketertiban. Anda dapat ditangkap menggunakan surat perintah. Surat perintah ini juga dapat dikeluarkan apabila Anda tidak datang ke pengadilan yang dimana seharunya Anda berada, atau ketika Anda membebaskan diri dari penjara. Anda lebih mungkin diberi tanggal pengadilan dengan jaminan atau panggilan, bukan oleh surat perintah. Pada kasus-kasus yang lebih ekstrim, seperti dugaan pelanggaran terorisme, Anda mungkin akan ditahan lebih lama, sesuai dengan ASIO (Australian Security Intelligence Organisation).

Berapa lama Anda akan ditahan sebelum diadili?

Ini tergantung situasi Anda. Anda bisa saja dibebaskan dengan sebuah jaminan atau “bail”. Anda bisa juga langsung diadili oleh seorang hakim dalam jangka waktu yang wajar. Ini tergantung apakah Anda telah melanggar hukum secara serius atau tidak. Hal-hal lain yang mempengaruhi termasuk lamanya Anda berdiskusi dengan pengacara Anda, teman atau pihak ketiga yang independen. Anda juga mungkin harus melakukan beberapa pemeriksaan medikal yang juga akan memmpengaruhi lamanya penahanan ini.

Apa yang terjadi kalau Anda harus ke pengadilan?

Anda bisa mewakili diri Anda sendiri tetapi alangkah baiknya apabila Anda mencari nasihat hukum terlebih dahulu. Anda akan dinasihati untuk berbicara dengan cara tertentu, menjawab pertanyaan tertentu dan hanya dapat berbicara pada waktu tertentu. Pengacara di Anna Chen & Associates dapat berbicara untuk Anda di pengadilan dan menjelaskan prosedur-prosedur yang belum Anda mengerti.

Dimana Anda bisa mengeluh tentang perlakuan polisi kepada Anda?

Pengacara di Anna Chen & Associates dapat membantu Anda apabila Anda ingin mengeluh mengenai perlakuan polisi terhadap Anda. Catatlah apa yang telah terjadi dan nama-nama orang yang terlibat, termasuk polisinya. Pergilah ke dokter apabila Anda telah disakiti dan ambilah foto yang dapat membantu kasus Anda.

Di mana Anda bisa mendapat pengacara untuk membantu Anda?

Tanpa seorang pengacara, Anda akan berada di posisi yang lebih buruk di kasus kriminal apapun. Pengacara dapat membantu Anda mengaku bersalah atau tidak tergantung oleh seberapa kuatnya tuduhan polisi dan kemungkinan untuk tidak menemukan Anda bersalah. Bantuan pengacara dapat membantu Anda menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang dengan cara menghindari proses yang terlalu panjang dan berbelit-belit di pengadilan.

Anna Chen & Associates
t: 96421188 / e-mail: [email protected]
[alert color=”D6B4BC” icon=”9888″]Catatan: Artikel ini hanyalah untuk informasi saja dan tidak dimaksudkan sebagai nasihat hukum. Apabila Anda dituduh sebuah tindak pidana, harap mencari nasihat huku dari pengacara independen.[/alert]