Tidak bisa dipungkiri lagi, biaya kehidupan sehari-hari di Melbourne tidaklah murah. Sebagai pelajar, kalian mungkin ingin membantu meringankan beban finansial orang tua atau sekadar mencari pengalaman bekerja dengan bekerja part time (paruh waktu) atau secara kasual.

Sebelum mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat kalian, telusuri dulu tips di bawah ini.

1.      Menemukan pekerjaan yang tepat

Carilah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, tenaga dan waktu yang kalian miliki. Beberapa pekerjaan seperti sales dan telemarketer membutuhkan kemampuan Bahasa Inggris yang tinggi, sedangkan pekerjaan seperti kitchen hand dan shelf filling di supermarket memerlukan fisik yang kuat.

Lowongan pekerjaan dapat kalian temukan di berbagai situs seperti; indeed, seek dan spot jobs. Biasanya universitas juga menyediakan pelayanan untuk membantu para pelajar mencari pekerjaan yang aman dan sesuai.

Bila kalian ingin bekerja dengan perusahaan tertentu, kunjungilah situs resmi mereka secara langsung untuk melihat lowongan pekerjaan yang tersedia.

2.      Ketahuilah hak kalian

Sebelum menentukan pekerjaan, ada baiknya kalian mengetahui peraturan dan hak-hak kalian sebagai pekerja. Salah duanya, yang paling penting, adalah gaji minimum dan waktu bekerja maksimal.

Gaji minimum tiap pekerjaan berbeda; tergantung umur dan jenis kontrak kalian. Untuk mengetahui secara spesifik gaji minimum yang resmi di Australia, kalian dapat mengunjungi situs paycheck plus (http://paycheck.fwo.gov.au/PayCheckPlus.aspx_).

Jika kontrak kalian berupa part-time, maka kalian memiliki hak yang sama dengan para pekerja full time. Sedangkan jika bekerja secara kasual, maka kalian tidak bisa mendapatkan cuti saat sakit, hari libur nasional maupun cuti tahunan.

Tergantung dari kondisi yang tertera dalam visa pelajar kalian, biasanya pelajar hanya dapat bekerja maksimal 40 jam dalam dua minggu. Dalam peraturan Australia sendiri masyarakat hanya diizinkan untuk bekerja sebanyak 38 jam per minggunya.

Penjelasan lebih lanjut mengenai regulasi dan hak kalian sebagai pekerja dan pelajar, kunjungi situs Fair Work atau Youth Central.

3.      Menulis Resume

Tentunya sebelum mendapat pekerjaan kalian perlu menulis resume yang dapat menonjolkan kemampuan dan keberhasilan yang telah kalian raih.

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk menulis resume yang baik;

  • Menulis secara logis dan kronologis sehingga resume mudah untuk dimengerti
  • Cantumkan informasi yang sesuai dengan keperluan pekerjaan yang kalian inginkan
  • Jujur saat menulis
  • Membuat format yang menarik, rapi dan jelas. Berikanlah spasi yang cukup besar di antara tiap bagian
  • Tidak menulis lebih dari 4 halaman

Biasanya kalian juga bisa mendapatkan pengarahan dan pelatihan secara gratis di universitas masing-masing. Dengan belajar menulis resume yang baik, kalian dapat mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah, bukan untuk saat ini saja namun juga di masa depan.

4.      Menghadapi interview

Beberapa bisnis dan perusahaan biasanya akan mengadakan interview sebelum menerima kalian sebegai pegawai mereka. Beberapa pertanyaan yang sering diajukan misalnya alasan kalian memilih perusahaan mereka dan apa yang bisa kalian berikan bagi bisnis mereka.

Beberpa tips dalam menghadapi interview:

  • Melakukan research mengenai perusahaan dan pekerjaan yang ingin kalian dapatkan
  • Menyiapkan jawaban untuk pertanyaan yang sering diutarakan dalam interview
  • Mencari tahu nilai positif dan negatif dari diri kalian sendiri
  • Mengenakan pakaian yang sopan
  • Datang 15 menit lebih awal
  • Percaya diri dan menunjukkan sikap yang ramah
  • Menjawab pertanyaan dengan jelas dan lebih dari sepatah dua kata

5.      Menjaga sikap yang baik

Pekerjaan part-time dan kasual dapat membuka pintu untuk mendapatkan pekerjaan full-time dan gaji yang lebih baik. Namun untuk mendapatkan kesempatan tersebut, kalian haruslah memiliki sikap kerja yang baik dan profesional. Berikut ini tips bagaimana menjaga sikap yang baik saat bekerja;

  • Menghargai teman kerja kalian dan saling membantu sebagai tim, dan bukan rival
  • Saat menghadapi permasalahan, janganlah panik dan segera menginformasikan kepada atasan bila perlu
  • Menghargai pekerjaan yang kalian miliki dan jangan mengeluh, tertutama saat bekerja
  • Datang tepat waktu dan dalam kondisi yang sehat dan segar. Untuk itu kalian perlu menjaga kesehatan dan mengatur waktu dengan baik
  • Memasang target yang lebih tinggi agar kalian tetap termotivasi dalam bekerja dan dapat mengembangkan kemampuan kalian secara maksimal

Semoga berhasil!    

 

** PENGALAMAN MEREKA **

Boleh dijelaskan sedikit mengenai perkerjaan part-time kamu?
Mathematics Assistant at Kumon Barkly Square. Marking, recoding, setting up worksheets, teach Mathematics from kindergarten level to high school level, stocking up worksheets, do the stocktake, filling students details, generate monthly reports. Started since Feb 2012.

Bagaimana caranya mendapatkan pekerjaan tersebut?
Emailed to Kumon website asked if they had any Kumon centre which was 30 minutes away from city.

Hal apa saja yang kamu pelajari dari pengalaman bekerja part-time?
Serve with a big smile, trying to be patient and to control my emotion with the naughty, lazy students, when the students’ works are in the mess, work under pressure during busy periods, dealing with the reports and always learn how to make the students to understand the materials when they still find it difficult.

 

Boleh dijelaskan sedkit mengenai perkerjaan part-time kamu?
Saya bekerja di salah satu KFC di daerah southbank, saya bekerja sebagai manager on duty di sana, saya sudah bekerja kurang lebih 4 tahun.

Bagaimana caranya mendapatkan pekerjaan tersebut?
Waktu pertama kali mulai saya mencoba apply hampir ke semua fast food chain yang ada, saya apply ke KFC melalui KFC portal dan dari sana saya create satu account yang bisa digunakan untuk apply di seluruh KFC di Australia, karena KFC menerima application online basis.

Untuk mendapatkan pekerjaan ini saya melalui satu proses interview, awalnya agak ragu karena pertanyaannya seputar KFC, seperti pendapat saya tentang KFC, pernah atau tidak ke KFC, apa yang kamu suka dari KFC. Setelah itu manager yang interview saya mulai bertanya apakah saya bisa bekerja under pressure dan pertanyaan yang berkaitan tentang availability, setelah itu manager saya menjelaskan work ethic dari KFC tempat saya bekerja.

Hal apa saja yang kamu pelajari dari pengalaman bekerja part-time?
Kalau dari pengalaman part time sendiri saya belajar banyak hal, dan yang paling penting menurut saya adalah communication skills and work ethic, karena di KFC saya ada kebijakan dimana kita harus berbicara menggunakan English at all time. Terus dari sana juga kita belajar untuk menghormati culture dari negara lain, karena yang bekerja mayoritas bukan dari Indonesia. Dan masih banyak lagi yang bisa diambil dari bekerja part time, seperti work under pressure, time management, responsibility dan accountability.

 

gaby