Di Australia, Desember adalah salah satu bulan yang paling digemari oleh penduduknya. Selain menjadi bulan pembuka musim panas dimana suhu udara akan menjadi hangat dan cerah, hari raya Natal juga jatuh di bulan ini atau dengan kata lain, liburan panjang bagi keluarga dan para pekerja hingga tahun baru.

Periode Natal ini sering dikorelasikan dengan naiknya jumlah omset bagi perusahaan- perusahaan di bidang retail, restoran dan pariwisata. Namun sayangnya, mitos yang sering beredar di bidang real estate justru sebaliknya. Bagi para pemilik rumah atau pembeli rumah pertama, aktifitas jual beli rumah di bulan ini adalah salah satu hal yang sering kali pantang dilakukan. Kabar baiknya adalah mitos ini memang hanya sekedar mitos.

Di edisi Buset spesial Natal kali ini, Xynergy Realty akan membagikan tips-tips berguna bagi para calon pembeli atau penjual rumah yang berkontemplasi untuk melakukan kegiatan ber-real estate di musim panas.

Tips untuk Penjual

Kurangnya Kompetisi

Kebanyakan penjual cenderung memasarkan properti mereka di tengah tahun. Hal ini berati, para penjual yang baru menginjakkan kaki di pasar dapat menikmati tingkat impresi yang lebih tinggi terhadap properti mereka di mata para penjual. Anda juga dapat menetapkan ekspektasi harga jual Anda dikisaran yang lebih baik.

Hal yang sering terjadi di musim lelang adalah banyaknya penjual yang digiurkan oleh hasil lelang yang jatuhnya jauh di atas harga permintaan. Sebagai akibatnya para penjual berisiko untuk kehilangan pembeli-pembeli prospektif.

Kurangnya jumlah penjual yang berada di pasar juga berarti agen Anda dapat memberikan pelayanan ekstra terhadap properti dan kebutuhan investasi Anda.

Pembeli Berkomitmen

Tak ada hal yang paling menyenangkan ketika menjual rumah Anda selain dari mendapatkan pembeli yang berkomitmen dan bermotivasi. Para pembeli yang berada di pasar properti pada akhir tahun ini seringkali adalah mereka yang tidak berhasil mendapatkan rumah di musim semi yang baru saja berakhir. Hal ini berarti, para pembeli tidak lagi memiliki banyak pilihan dan mereka harus berkompetisi dengan para pembeli lainnya yang juga ‘kehabisan stok’. Tanpa melalui jalur lelang pun, Anda masih memiliki potensi untuk mendapatkan tawaran yang lebih tinggi diakibatkan oleh meningkatnya level transparansi saat bertransaksi atau bernegosiasi.

Ekstra Waktu Luang

Bila Anda merencanakan untuk menjual rumah Anda di akhir tahun, Anda dapat diuntungkan melalui lebih banyaknya waktu yang tersedia untuk menyelesaikan segala kebutuhan finansial Anda. Satu hal lagi yang sering tidak terlintas di benak para penjual adalah Anda tidak perlu ikut sibuk untuk menyesuaikan jadwal open home dengan sang agen dan para calon pembeli. Anda tetap bisa menikmati liburan dan meninggalkan rumah Anda ke tangan agen terpercaya. Terlebih lagi bila Anda memiliki anak yang sedang berusia sekolah, aktivitas open home bisa menjadi sesuatu yang cukup menakutkan bila buah hati Anda harus terus menerus bertemu dengan para orang baru yang tidak mereka kenali memasuki rumah Anda.

Tips untuk Pembeli 

Transaksi Lebih Cepat

Sama dengan hal lainnya, memiliki banyak pilihan tidaklah selalu baik. Dengan redanya hiruk pikuk pasar properti dan aktivitas lelang, Anda dapat memfokuskan pilihan terhadap beberapa properti yang memang Anda harapkan. Hal ini juga akan meningkatkan tingkat kepercayaan Anda saat bernegosiasi karena Anda tahu dan yakin bahwa rumah itulah rumah ideal Anda. Membeli rumah dalam situasi dimana Anda dikelilingi oleh tekanan keterbatasan pilihan atau banyaknya pembeli lain dengan daya beli yang lebih tinggi dapat membuat pilihan investasi Anda tidak terarah.

Penghematan Biaya Transaksi

Tak dapat dielakkan bahwa memang nyatanya, banyak penjual di akhir tahun adalah para penjual yang tidak sukses menjual properti mereka di bulan-bulan sebelumnya. Pada tahap ini, para penjual mungkin sudah semakin jenuh dan ingin segera mengkonklusikan aktifitas penjualan rumah mereka. Anda dapat diuntungkan dari situasi ini, karena para penjual cenderung lebih fleksibel terhadap tawaran yang diajukan.

Sehubungan dengan tips pembeli nomor satu sebelumnya, dengan lebih terarahnya pilihan Anda, biaya transportasi untuk melihat satu rumah ke rumah lainnya juga akan berkurang! Penghematan lainnya juga didapatkan melalui diskon-diskon akhir tahun yang digelar oleh department store dan toko-toko lainnya saat membeli perlengkapan rumah baru Anda.

Ekstra Manfaat dari Keuangan

Sama dengan para penjual, Anda sebagai seorang pembeli dapat memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengurusi situasi finansial Anda. Tidak hanya dalam memperoleh pinjaman bank, namun Anda juga dapat menabung lebih banyak. Terlebih lagi pemerintah Australia sering kali mengumumkan kebijakan baru terkait ekonomi properti dan investasi di awal tahun finansial (Juli), hal ini memperbolehkan Anda untuk mempelajari kebijakan tersebut lebih matang lagi.

Kami harap tips-tips di atas berguna bagi Anda. Pada akhirnya, keputusan untuk membeli atau menjual properti selalu berada di tangan Anda sendiri. Tidak ada satu pembeli atau penjual yang memiliki karakteristik yang sama. Bila Anda merasa bahwa hari ini adalah saat yang tepat untuk mengambil keputusan, segeralah berkonsultasi dengan agen real estate terpercaya Anda untuk mendapatkan saran yang terbaik.

***

Dari segenap tim Xynergy Realty kami ucapkan selamat hari raya Natal dan tahun baru 2018.

 

 

Alain Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B. Ec (Fin), FIML
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Licensed Estate Agent
Harvard University Scholar
(e.) [email protected]

Tanya Tjahjosarwono, B.Bus (MKT), M. ADV MKT.
Co-property Writer
Marketing Communications Officer
(e.) [email protected]

Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property management dan home/ commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli properti. Xynergy Realty tidak bekerja sama dalam bentuk apapun dengan perusahan-perusahaan/ brand-brand yang disebutkan dalam artikel diatas. Xynergy Realty tidak bertanggung jawab atas kehilangan, kerugian yang pembaca derita dalam bentuk apapun.