Banyak penduduk Australia yang masih mengandalkan pinjaman dana untuk membeli rumah pertama mereka. Namun, sebuah bank atau pemberi pinjaman tidak akan memberikan pinjaman sembarangan. Proses ini tentu tidak mudah, apalagi semakin banyak orang yang ingin membeli properti. Oleh karena itu, pemberi pinjaman di Australia semakin selektif dalam memberikan pinjaman dana dan melakukan sistem evaluasi yang lebih dalam untuk setiap aplikasi.

Guna meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pinjaman dana, berikut beberapa tips yang  bisa berguna dalam proses ini. Jika Anda sudah bertekad untuk membeli rumah sendiri atau mendapatkan pinjaman dana untuk membeli sesuatu yang Anda inginkan, ikutilah tips berikut ini dan pinjaman dana bukan sekedar mimpi lagi.

Paid bills rubber stamp
  • Buktikan kalau hidup Anda stabil. Faktor ini merupakan salah satu faktor yang paling penting agar berhasil mendapatkan pinjaman dana. Pemberi pinjaman senang melihat kehidupan orang yang stabil, seperti catatan pekerjaan tetap dan catatan pembayaran uang sewa tepat pada waktunya. Jika Anda harus berganti profesi dalam waktu dekat, akan lebih baik jika Anda tetap di kategori pekerjaan yang sama atau dapat menunggu sampai pinjaman dana Anda disetujui sebelum beralih profesi.
  • Pahami status kredit (credit file) Anda. Riwayat kredit Anda juga akan digunakan bagi pemberi pinjaman dana dalam proses mengevaluasi aplikasi Anda. Apakah Anda mengetahui status kredit Anda? Apakah Anda memiliki hutang yang belum dibayar? Pihak yang memberikan pinjaman akan menggunakan informasi ini guna memberikan nilai kredit untuk menentukan keberhasilan aplikasi kredit Anda.

    CEHXXR Scissors cutting up a visa credit card
  • Kurangi jumlah kartu kredit Anda. Jika Anda memiliki kartu kredit, kurangilah batas kredit kartu Anda dan jika Anda memiliki lebih dari satu, sebaiknya kurangi menjadi paling tidak satu saja atau tidak memiliki sama sekali. Sebuah fakta yang penting adalah setiap $100 batasan kartu kredit, kapasitas pinjaman Anda berkurang sampai $500. Maka sebaiknya Anda hanya memiliki satu atau tidak sama sekali, sebab tingkat hutang Anda akan menjadi faktor penting untuk mendapatkan pinjaman dana.
  • Tentukan batasan Anda. Pikirkan berapa jumlah anggaran yang sanggup Anda tanggung dan apakah Anda mampu untuk membayar tagihan hipotek (mortgage). Berpikirlah secara realistis agar Anda tetap di posisi finansial yang strategis dan masih dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai pendapatan Anda habis semua hanya untuk membayar hutang. Anda bisa menggunakan alat yang berguna di Internet seperti kalkulator pembayaran hipotek untuk memberikan gambaran jumlah pembayaran yang Anda harus cicil.
  • Pastikan anggaran Anda sesuai dengan kemampuan. Jika Anda pernah ditolak sebelumnya, sekarang adalah saatnya untuk meninjau kembali anggaran Anda dan berpikir lebih realistis dalam membuat anggaran. Anda perlu memiliki rekor yang baik dalam buku tabungan Anda supaya pemberi pinjaman dana bisa menilai Anda sebagai seseorang yang dapat menabung secara konsisten.
  • Manfaatkan ilmu broker hipotek. Meskipun Anda sudah melakukan semua proses yang Anda ketahui, terkadang Anda juga masih kurang yakin bahwa aplikasi Anda akan disetujui. Jika seperti itu, pakailah jasa broker hipotek karena mereka adalah ahlinya. Mereka memiliki koneksi dengan para pemberi pinjaman di Australia, dan akan membantu Anda dalam seluruh proses.

Untuk mendapatkan persetujuan pinjaman dana seringkali terlihat susah dan terlebih jika Anda pernah ditolak sebelumnya. Pemberi pinjaman dana di Australia akan lebih selektif terhadap para peminjam, karena itulah Anda harus lebih berhati-hati dan pastikan bahwa Anda tidak memberikan mereka alasan untuk menolak Anda.

 

 

 

Alain Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B.Ec (Fin), FIML
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Licensed Estate Agent
Harvard University Scholar
(e.) [email protected]

Jeffrey Koby,
Co-property Writer
Marketing Communications Officer
(e.) [email protected] 

Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property managementdan home/commercial loanyang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli properti. Xynergy Realty tidak bekerja sama dalam bentuk apapun dengan perusahan-perusahaan/ brand-brand yang disebutkan dalam artikel diatas. Xynergy Realty tidak bertanggung jawab atas kehilangan, kerugian yang pembaca derita dalam bentuk apapun.