Menyewa properti di Australia khususnya, seringkali memiliki tantangan tersendiri. Berbeda dengan di Indonesia; faktor usia, peraturan pemerintahan yang ketat serta terkadang ditambah dengan tidak adanya pengalaman menyewa sebelumnya bisamembawaAnda semakin jauh dari mendapatkan properti sewaan tersebut.

Seperti telah diketahui banyak orang,proses menyewa properti untuk pertama kali bisa menjadi sangat rumit. Di suburb-suburbMelbourne yang populer,jadwalinspeksi sebuah properti sering kali sangat penuhdidatangi oleh para calon penyewa yang juga beranimenawarhargasewalebih tinggi. Kedua hal ini sudahsecara instan menurunkan kemungkinan Anda untuk mendapatkanproperti tersebut.

Jye Yih Lee, salah satu property managerdi Xynergy Realty telahmembagikan tips-tips berguna bagi para penyewa baru untuk mendapatkan properti sewaan impian:

Pastikan properti yang Anda inginkan cocok dengankebutuhan Anda

Langkah pertama yang direkomendasikan Jye Yih untuk dilakukan para calon penyewa adalah mempelajari informasi tentang properti tersebut, mulai dari lokasi, harga, tanggal ketersediaan dan fasilitas-fasilitas properti tersebut.

“Sebuah properti mungkin memiliki harga sewa yang murah tetapi tidak berada di dekat transportasi umum. Jika si penyewa tidak memiliki mobil, maka hal itu dapat menjadi biaya tambahan yang harus mereka pikirkan saat menggunakan alternatif transportasi lainnya ketika tinggal di properti tersebut.Jumlah pengeluaran ini mungkin bisa lebih banyak dari pada tinggal di tempat yang sedikit lebih mahal namun berada di dekat transportasi umum.”

Tinggalkan kesan yang baik

Jye Yih menyarankan untuk memakai “pakaian yang pantas” saat menginspeksi properti tersebut. Pemahaman setiap orang akan “pakaian yang pantas” memang terkadang sulit disama-artikan. Orang-orang memiliki gaya yangberbeda-beda untuk terlihat terpercaya, profesional atau menonjol saat menampilkan diri mereka. Tentunya, memakai pakaian formal untuk mendatangi open for inspection seperti hendak berpesta tidaklah diperlukan, namun yang terpenting adalah pakaian Anda harus sopan dan rapi.

Meskipun cara berpakaian bukanlah kriteria untuk mendaftar sebuah properti, tetapi layaknya seorang manusia biasa, terkadang para properti agen mengkategorikan calon penyewa properti tanpa disadari dan dapat berdampak terhadap proses aplikasi. Maka dari itu, janganlah memberikan mereka alasan untuk melakukan hal tersebut. Selain memakai “pakaian yang pantas”, menanyakan pertanyaan yang terkait dengan properti tersebut akan membuat sebuah calon penyewa untuk menonjol dibandingkan dengan calon lain.

“Banyak orang yang memilih untuk pergi setelah mereka selesai menginspeksi properti tersebut, tetapi mengajukan pertanyaan lebih detail mengenai properti tersebut kepada agen adalah sebuah cara yang bagus untuk menunjukkan minat dan komitmen Anda.”

Kesalahan sederhana pada aplikasi sewa bisa membawa kegagalan

Bila Anda berpikir bahwa kesalahan sederhana saat melengkapi aplikasi tidak akan mempengaruhi sebuah keputusan, justru sebaliknya, kesalahan sederhana terkadang bisa menjadi faktor yang memutuskan kesuksesan aplikasi tersebut.

Para calon penyewa harus memastikan informasi seperti identitas diri, jumlah penghuni dan pendapatan gaji sudah benar. Hal ini sangat penting untuk dicek dua kali oleh para calon penyewa untuk meningkatkan tingkat keberhasilan mereka mendapatkan tempat sewa yang mereka inginkan. Memberi para agenproperti alasan untuk harus menelepon para calon penyewa akibat adanya informasi yang kurang atau ada bagian yang tidak diisi akan memberi dampak negatif dalam proses aplikasi.

“Kesalahan sederhana akan memperlambat proses aplikasi, maka agen properti mungkin melewati aplikasi tersebut untuk memproses aplikasi berbeda yang memiliki informasi yanglebihtepat dan benar untuk menghemat waktu proses aplikas,”ungkap Jye Yih.

Riwayat sewa itu penting, tetapi bukanlah satu-satunya faktor

Selain referensi sewa dari agen properti Anda sebelumnya, hal-hal berikut juga dapat membantu Anda mendapatkan properti tersebut:

  1. Laporan transaksi bank adalah langkah pertama untuk menunjukkan kemampuan Anda membayar sewa dan dapat menjadikan Anda kandidat yang layak dan menarik.
  2. Calon penyewa juga dapat menyerahkan surat pernyaatan tertulis baik dari diri sendiri atau guarantorbahwa mereka akan bertanggung jawab untuk tetap membayar sewa dalam situasi dimana sang penyewa tidak bisa.
  3. Menulis cover letter singkat akan membantu agen properti membedakan Anda dari calon penyewa yang lain dikarenakaninformasi lebihlanjutseperti alasan mengapa Anda ingin menyewa properti tersebut.

 

 

 

Alain Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B. Ec (Fin), FIML
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Licensed Estate Agent
Harvard University Scholar
(e.) [email protected]

Tanya Tjahjosarwono, B.Bus (MKT), M. ADV MKT.
Co-property Writer
Marketing Communications Officer
(e.) [email protected] 

Artikel ini ditulis berdasarkan wawancara langsung dengan Jye Yih Lee, property manager di Xynergy Realty, agen properti berbasis di Melbourne.

Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property management dan home/ commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli properti. Xynergy Realty tidak bekerja sama dalam bentuk apapun dengan perusahan-perusahaan / brand-brand yang disebutkan dalam artikel di atas. Xynergy Realty tidak bertanggung jawab atas kehilangan, kerugian yang pembaca derita dalam bentuk apapun.