Berdasarkan kaidah pengobatan tradisional Tiongkok, makanan memiliki karakter dan “temperatur” nya sendiri-sendiri. Ada yang dikategorikan sebagai dingin, sejuk, netral, hangat atau panas.

Selain itu, juga diklasifikasikan berdasarkan rasa khasnya. Ada enam kategori: rasa manis baik untuk sistim pencernaan, masam baik untuk liver, asin baik untuk ginjal, pahit baik buat jantung, tajam baik untuk paru-paru.

Warna makanan dipakai pula sebagai dasar untuk mengklasifikasikan. Bahan makanan (buah, sayuran) hijau dan biru membantu organ liver. Warna merah buat jantung dan darah. Kuning dan oranye membantu limpa dan sistim pencernaan. Warna putih untuk membantu fungsi kerja organ paru-paru. Warna hitam guna membantu organ ginjal.

Temperatur, rasa dan warna, tiga elemen ini dijadikan dasar dan panduan dalam mengkonsumsi makanan. Bahan makanan yang beraneka ragam (warna, rasa, temperatur) dibutuhkan guna membantu seluruh organ tubuh. Ini mengapa kita dianjurkan untuk tidak “cerewet” dan “pemilih” dalam makan. Terlalu banyak daging tidak baik, begitu pula jika makan terlalu banyak buah dan sayur.

Keanekaragaman, keseimbangan dan keharmonisan dalam makan diperlukan guna menjaga kesehatan.

Tidak semua rasa enak, tidak semua rasa kita suka. Umumnya kita terpaku pada santapan yang kita rasa lezat saja. Rata-rata kita mencari yang enak, tak bersedia untuk mengkonsumsi yang kita kategorikan sebagai “tidak enak”. Tapi kalau mau sehat, justru kita perlu juga mencicipi rasa yang “tak enak” tadi.

Ini mengapa semakin senang dan makmur seseorang, ironisnya semakin rentanlah kesehatannya karena kebanyakan makan yang enak-enak.

Semakin segar semakin bernutrisi. Inilah kenapa banyak mengkonsumsi buah dan sayuran yang sedang musimnya adalah yang terbaik. Semakin banyak campur tangan manusia mengolah (diawetkan/kalengan dan sejenisnya) semakin turunlah kandungan nutrisinya. Semakin tidak musimnya, semakin jauh jarak dari sumbernya maka makin menurunlah gizinya.

Begitulah kaidah transformasi Lima Unsur (wuxing) dalam makanan. Demikianlah cara makan yang sehat berdasarkan kaidah pengobatan tradisional Tiongkok.

 

 

Suhana Lim
Certified Feng Shui Practitioner
www.suhanalimfengshui.com
0422 212 567 / [email protected]