Apa itu utang?

Utang adalah uang yang dipinjam dari orang lain, contohnya, uang yang Anda pinjam dari kartu kredit Anda.

Debitor: orang atau lembaga yang berutang kepada orang atau lembaga lain.

Kreditor: orang atau lembaga yang uangnya dipinjamkan kepada orang lain.

Seorang kreditor mungkin mengatakan Anda berutang uang tetapi terkadang ada alasan-alasan tertentu di mana Anda tidak perlu membayar utang tersebut.

 

Apa itu aset dan liabilitias?

Aset adalah hal-hal yang Anda miliki sedangkan liabilitas adalh jumlah utang Anda atau yang Anda harus bayar. Jika Anda tidak membayar liabilitas Anda, kreditor dapat meminta pengadilan untuk mengambil and menjual aset Anda. Beberapa aset Anda terlindungi dan tidak bisa diambil, seperti alat-alat rumah tangga dasar.

Apakah utang sebuah tindakan pidana?

Tidak. Utang tidak bertentangan dengan hukum tetapi kreditor dapat memiliki hak legal untuk mencoba mendapatkan uangnya kembali. Kreditor memiliki hak untuk meminta pengadilan untuk memberikan perintah atas utang tersebut. Polisi tidak akan terlibat kecuali Anda mengabaikan pemberitahuan pengadilan untuk menghadap.

Mengapa kreditor dapat menuntut Anda?

Dimana Anda setuju untuk membeli sesuatu sekarang dan pembayaran dilakukan setelahnya, atau dimana Anda mengambil pinjaman, maka Anda telah membuat sebuah perjanjian yang disebut kontrak. Tidak masalah jika kesepakatan tersebut dibuat secara tertulis atau lisan. Sebuah kontrak memberikan Anda perlindungan hukum – kreditor memiliki hak hukum untuk pergi ke pengadilan untuk mendapatkan kembali uang yang telah dipinjamkan, jika Anda gagal membayar.

Anda memiliki pilihan yang berbeda tergantung apakah pengadilan sudah memberikan perintah atas utang Anda. Perintah pengadilan dapat mencakup surat panggilan untuk datang ke Pengadilan dan diuji secara lisan, perintah pegangsuran, lampiran pendapatan, lampiran utang, surat penyitaan dan penjualan, surat perintah untuk menjual rumah Anda atau petisi kreditor untuk pendeklarasian kebangkrutan.

Tahap-tahap utang

Utang memiliki beberapa tahap:

1.      Tuntutan untuk pembayaran

Anda mungkin menerima surat, telepon atau pengingat tentang utang Anda. Jika Anda menerima ancaman bahwa barang-barang Anda (misalnya mobil) mungkin diambil oleh kreditor karena mereka memiliki jaminan dalam barang-barang Anda, Anda sebaiknya mencari nasihat hukum. Hal ini dikenal sebagai kepemilikan kembali dan mereka dapat secara hukum diperbolehkan untuk mengambil barang dari Anda.

Anda selalu dapat mencoba untuk bernegosiasi dengan kreditor, untuk meminta lebih banyak waktu atau untuk mencicil.

Jika Anda tidak setuju dengan utang Anda, Anda mungkin dapat mengunjungi Ombudsman (sebelum tindakan pengadilan) atau Victorian Civil and Administrative Tribunal (VCAT).

2.      Pemberitahuan tindakan hukum

Kreditor dapat menuntut Anda untuk uang jika Anda masih belum membayar utang itu. Anda mungkin akan menerima surat dan pemberitahuan hukum mengenai kepentingan Anda untuk pergi ke pengadilan. Carilah nasihat huku secepatnya apabila ini terjadi!

Jika tanggal pengadilan masih agak lama, Anda mungkin dapat mencoba bernegosiasi mengenai utang atau mengklaim kesulitan atau mengajukan pembelaan. Apabila Anda mengabaikan perintah pengadilan terseubt, maka perintah pengadilan akan dibuat yang mengatakan bahwa Anda berutang uang tersebut.

3.      Perintah pengadilan – keputusan hakim

Untuk mengetahui apakah perintah pengadilan telah dibuat tentang utang Anda, Anda bisa mendapatkan salinan catatan kredit Anda atau hubungilah Magistrate Court.

Keputusan hakim berarti kreditor dapat mengambil langkah lebih jauh untuk mendapatkan uang mereka. Ini termasuk mendapatkan perintah untuk mengambil dan menjual properti Anda atau mengambil uang dari gaji Anda.

 

Alasan mengapa Anda mungkin tidak perlu membayar

1.      Anda mempunyai sebuah pembelaan, seperti:

Anda mungkin tidak setuju bahwa Anda berutang atau;

Anda mungkin telah memasuki kontrak tersebut, tetapi Anda dibohongi, dipaksa, atau dimanfaatkan, supaya menanda-tangani kontrak;

Apabila ini terjadi, carilah nasihat hukum secepat mungkin. Anda hanya memiliki waktu yang singkat untuk bertindak.

2.      Anda mendapatkan penghasilan dari Centrelink atau WorkCover

Apabila penghasilan Anda hanya berasal dari Centrelink, pengadilan tidak akan membuat Anda membayar utang Anda dari pemasukan ini. Pembayaran dari WorkCover biasanya juga terlindungi. Tetapi penghasilan ini masih dapat diambil apabila Anda mendapat perintah pengangsuran.

Anda mungkin harus membuktikan bahwa penghasilan Anda hanya berasal dari Centrelink atau WorkCover, dan Anda tidak memiliki dan tidak membeli rumah, Anda tidak memiliki aset yang signifikan (tidak termasuk barang rumah tangga dasar) dan Anda memiliki mobil yang nilainya kurang dari $6150.

3.      Anda bangkrut

Mengklaim kebangkrutan memberikan Anda perlindungan hukum dari kreditor Anda. Anda akan menyerahkan kontrol dari sebagian besar hutang Anda dan aset yang signifikan kepada wali kebangkrutan. Tidak semua utang akan dibatalkan oleh kebangkrutan.

Klaim kebangkrutan adalah keputusan besar dan Anda harus mencari saran tentang hal ini. Hubungi konsultan finansial atau Insolvency and Trustee Service of Australia.

Anda tidak yakin apakah Anda harus membayar. Apa yang Anda lakukan?

Hubungi Victorian Legal Aid Legal Information Service, Consumer Action Law Centre dan/atau Consumer Affairs Victoria untuk mendapatkan nomor konseling keuangan di area Anda.

Apakah utang dapat hilang secara selamanya?

Apabila penghasilan Anda berasal dari Centrelink, tetapi mendapatkan pekerjaan kemudian, kreditor mungkin masih bisa mendapatkan kembali sebagian dari uang yang Anda pinjam dari mereka. Setiap utang yang tersisa akan lebih besar karena bunga yang ditambahkan.

 

Pilihan Anda sebelum perintah pengadilan

  • Anda  mungkin dapat membayar lebih sedikit.
  • Anda mungkin bisa mendapatkan kontrak Anda diubah jika Anda mengklaim kesulitan atau ketidakadilan ketika memasuki kontrak. Tanyalah hal ini kepada kreditor terlebih dahulu, dan jika mereka menolak, Anda mungkin bisa mencoba VCAT.
  • Anda dapat mempertanyakan keberadaan utang atau jumlah utang. Mungkin Anda punya bukti Anda telah membayar atau tidak percaya itu adalah uang Anda.
  • Anda dapat bernegosiasi dengan kreditor untuk membayar jumlah yang telah dikurangi, atau dengan cicilan, atau di kemudian hari. Beritahu kreditor Anda jika Anda berada di dalam kesulitan. Anda mungkin bisa meminta kreditor untuk memepertimbangkan rencana pembayaran atau pengangsuran – dimana hal ini Anda juga bisa dibantu dengan seorang konselor finansial.
  • Anda dapat memilih untuk tidak melakukan apa-apa – meskipun utang tersebut tidak akan hilang tetapi malah menjadi lebih besar, dengan biaya dan penalti yang ditambahkan.

Bagaimana jika ada rekan-peminjam atau penjamin?

Dalam kasus ini, kreditor dapat meminta rekan-peminjam atau penjamin untuk melunasi seluruh atau jumlah utang Anda. Penjamin adalah seorang yang mengatakan pada kontrak bahwa mereka akan membayar utang jika Anda tidak bisa. Seorang rekan peminjam adalah seorang yang telah meminjam dana dengan Anda dan tidak setuju untuk sama-sama bertanggungjawab untuk utang. Jika Anda tidak dapat membayar, rekan-peminjam atau penjamin mungkin harus membayar, atau dapat kehilangan aset.

 

Apakah Anda memiliki pilihan sekalinya perintah pengadilan telah dibuat?

Ya, Anda masih memiliki pilihan. Misalnya Anda dapat bernegosiasi untuk membayar utang, meminta pengadilan untuk perintah angsuran, atau mengajukan kebangkrutan sendiri jika kreditor mengancam.

[alert color=”C24000″ icon=”9998″]Anna Chen & Associates pengacara memiliki pengalaman yang kaya dalam berurusan dengan utang, Anda dapat menghubungi di 96421188 pukul 9.00-17.00 (setiap hari kerja).[/alert]

[alert color=”F0C8AA” icon=”9888″]Catatan: Artikel ini disusun untuk informasi umum saja ini tidak dimaksudkan sebagai nasihat hukum. Jika Anda memiliki masalah utang di Victoria Anda harus mencari nasihat hukum dari seorang pengacara independen[/alert]